Rabu, 28 Maret 2012

[Azzam] Bronkiolitis

Azzam....bikin kangeeen deh. Kalau sementara merah trus iseng-iseng liatin foto-fotonya di HP, hati ini berasa rinduuu sekali, dag dig dug dueerr deh. Di rumah jadi kesayangan dua kakaknya yang hobi main rumah-rumahan itu. Azzam bisa jadi korban, dijadikan mainan juga wkwk.

Sejak lahir sampai sekarang, Azzam sudah beberapa kali sakit. Meski hanya batuk pilek, tapi kasihan melihatnya tersiksa begitu kalau lagi uhuk-uhuk dan susah bernafas. Minumnya jadi berkurang dan tidurnya tak nyenyak.
Kali pertama sakit ketika usia sekitar 2 bulan, gegara virus yang hobi ping-pong. Dari Syifa ke Farah lanjut ke aku, eh ke Azam deh. Tapi waktu itu tidak lama kok, semingguan saja. Karena ASIX, alhamdulillah ga pake ke dokter, meski orang tuaku tetep heboh saja sampai menelepon dari Malang sana.

Kali kedua sakit, sekitar awal bulan Februari yang dingin panas disertai sering hujan itu. Cukup lama tidak sembuh juga, hampir sebulan lah. Tetep, virus masih ping-pong saja. Sembuh beberapa hari, balik lagi meler dan uhuk-uhuk. Sampai akhirnya terlihat parah sekali batuknya, nafas beraaat banget. Bunyi grok-grok di dalam dada, susah tidur. Hiks, kasihan banget. Efeknya, minum ASIP jauh berkurang, dari 5 botol menjadi 3 botol saja, berat badan turun, terlihat kurang ceria meski masih saja hobi senyum-senyum. Akhirnya di akhir Februari aku ambil cuti 2 hari, melanjutkan libur wiken. Dikarenakan pas wiken Azzam bisa menyusui langsung dengan maksimal, lebih baik aku tidak ngantor agar bisa memantau langsung dan menyusuinya lebih lama. Alhamdulillah, Azzam baikan. Meski nafas masih mengi tapi sudah tidak terlalu berat. Jadwal ke dokter Markas Sehat pun kubatalkan.

Suatu malam, sambil penasaran nih, kubuka buku Q & A, Smart Parents for Healthy Children dari dr. Wati. Nyari deh tentang batuk pilek pada bayi. Baca-baca sampai akhirnya menemukan tentang Bronkiolitis yang disebabkan oleh virus dan sering menyerang pada bayi yang sering terpapar asap rokok. Langsung deh, esmosi jiwa kurasa...aarrgghh. Dengan semangat 45, kuangsurkan buku itu pada suami yang duduk di sebelahku. Kulihat terus nih, oke, dia membacanya. Kutunggu tanggapannya. Lalu akhirnya dia bilang, "Kayanya Azzam sakitnya yang ini ya." Yeah, yuo're so right mister!!! Berhenti dooonk rokokannyaaaaa, please dweeh. Azzam jadi korban tuuh.

Sejak Azzam lahir, aku terus wanti-wanti agar dia merokok jauh-jauh deh dari kami. Tetep aja dia merokoknya di depan rumah. Namanya rumah kontrakan kecil mungil ya, asap rokok terkutuk itu masiiih ada melenggang kangkung masuk ke kamar, bahkan ke dapur, dan terhirup kami semua tentunya. That's why dalam status Gtalkku pernah kutulis " Perokok itu 97% cinta rokok, 2% cinta keluarga, 1% cinta diri sendiri". Hoho, status nyindir para perokok terutama si dia, tapi tetep saja ga ngaruh tuuh.

Ternyata, seminggu setelah Azzam baikan. Tiba-tiba Sabtu malam di awal Maret, dia pilek lagi. Minggu malam langsung kena serangan (istilahku) karena dia batuk berat dan mengi. Susah bernafas, otot dada dan perut ikutan tertarik setiap Azzam menarik nafas. Kasihaaan banget. Semalaman aku, suami, dan Azzam begadang. Azzam susah tidur. Besoknya, aku tidak ngantor lagi, langsung membawanya ke RS. Di sana seperti biasa, kebanyakan dokter, langsung minta agar Azzam dirawat aja di RS. Ohoho, akunya nolak deh. Kubilang agar dirawat di rumah sajalah. Azzam pun diterapi uap, setelah itu alhamdulillah nafasnya lebih ringan dan dia langsung senyum-senyum ceria. Dokter pun (dengan agak kecewa) membolehkan kami pulang, dengan meresepkan beberapa obat termasuk vitamin. Ha? Bayi 5 bulan masih ASIX kok dikasi vitamin...please deh. Smuanya ga kutebus akhirnya hehe. Dokter juga mewanti-wanti agar bapaknya jauh-jauh kalau merokok (ke laut ajeee) agar tidak terhirup oleh Azzam.

Alhamdulillah, tanpa obat macem-macem, hanya terapi uap itu dan gempur ASI plus dijemur tiap pagi, Azzam sembuh. Tentu saja, tetep kudu galak ngusir bapaknya agar merokok jauh-jauh dari rumah. Huft, berdoa semoga cepet tobat tuk berhenti merokok. Kalau sudah perokok super duper aktif tuh susah banget ya ngebilanginnya... Sudahlah, yang penting Azzam sekarang sudah sehat, minumnya sudah banyak lagi, berat badan sudah naik lagi. Luph yu puuul Naak.

Share tentang bronkiolitis selengkapnya di sini.

 

13 komentar:

  1. iya terapi uap dan berjemur.. semoga azzam selalu sehat ya..

    *pengen jewer bapaknya kog ga sayang anak istri sih? merokok jangan di rumah dong..

    BalasHapus
  2. kurang paham sm bronkiolitis mba, sprti asma ya?

    dek Azzam lekas sembuh yaa... smg sehat2 trs selalu ^^

    BalasHapus
  3. Semoga azzam sehat2 terus dan bapaknya segera berhenti merokok

    BalasHapus
  4. vitamin buat bayi boleh dikasih mulai umur brp mbak?

    sehat2 ya azzam...

    BalasHapus
  5. suamiku berhenti ngerokok waktu aku hamil 3 bulan, tik. berhenti aja gitu, ga pake susah2. memang mesti atas kesadaran sendiri kayaknya. biar kita ngomong sampai berbusa2, kalau dia masih sakaw yo podo wae.. semoga azzam sehat terus, yaa...

    BalasHapus
  6. Amiin....
    ntar saya jewerin ya mbak hehe *sok berani

    BalasHapus
  7. kl bayi kan ga ada asma, cirinya mirip asma sih. silakan buka link yg kukasih ya...
    Amiin...makasih do'anya.

    BalasHapus
  8. selama bayi masih dapat ASIX ga perlu vitamin mba
    dan anak kalau menyusu sampai 2 tahun dan makan makanan yg bergizi, buat apa vitamin? lebih baik yg alami buat anak kan...

    BalasHapus
  9. iyaaa..Amiin
    butuh didemo kali yak hehe

    BalasHapus
  10. benul mbak, kudu kesadaran sendiri, mg2 segera terbuka hatinya..Amin

    BalasHapus
  11. Mba, saya bunda Annisa, saya punya anak kembar zanki dan raffi 7 bulan juga saat ini kena bronkiolitis, mau tanya terapi uap/nebu sehari berapa kali yach? dan jarak antara kena serangan sd sembuh berapa lama?

    BalasHapus