Jumat, 01 Juni 2012

[Syifa] Sekolah Atau Kuliah? (2)

Melanjutkan cerita sebelumnya.
Sampai ribut sama suami nih, gegara dia sebel sama aku , disuruh nyari info sekolah kok ga ada kabar kejelasannya sampai detik-detik terakhir. Yup, bener-bener mefeet. Baru tahu kalo di SDIP MBM itu pengambilan formulirnya paling telat hari itu. Buru-buru kutelepon, katanya formulir tinggal 2 saja. Langsung memelas sama ibu TU-nya, kujelaskan bahwa aku posisi di Jaksel dan butuh waktu untuk pergi ke Bintaro. Sampai minta tolong teman yang ada di sana untuk mengambilkan formulirnya, sayang karena hujan sehingga dia belum bisa mengambil sesegera mungkin. Saat itu hampir jam 12 siang, kutelepon ulang kantor TU sambil berharap masih ada formulir untuk Syifa. Ternyata, sudah habis! Pihak sekolah berkata bahwa formulir tidak bisa dipesan via telepon, harus diambil sendiri, siapa cepat dia yang dapat.

Nyesek deh, deg-degan, karena saat suami nanya, aku bilangnya sudah beres, ada teman mau bantu mengambilkan formulirnya. Ternyata meleset kan, terbayang wajah Syifa yang berharap bisa bersekolah di SD Islam yang bagus. Memang, itu keinginanku dari dulu. Anak bisa mendapatkan ilmu dan wawasan keislaman dari sekolah sebagai pelengkap. Mengapa bukan sekolah negeri yang kami pilih? Salah satu alasannya adalah dari info yang kami dapatkan, SD negeri mutunya kurang bagus, fasilitas juga kurang, meski ada yang oke loh ya, tapi ketat kurikulumnya. Mamaku kan seorang guru SMP negeri, sering mengeluh tentang banyaknya murid dalam satu kelas dan kurikulum berat yang harus dipenuhi. Dalam pemikiranku, kalau bisa masuk sekolah swasta, meski lebih mahal tapi mutunya lebih baik. Dalam satu kelas jumlah murid tidak terlalu banyak, fasilitas sekolah amat memadai, anak bisa lebih nyaman bersekolah. Meski semua relatif ya, secara belum pengalaman menyekolahkan anak di jenjang SD.

Suami menelpon dengan nada suara yang tidak menyenangkan, huff marah nih dia. Aku diminta ke ruangannya untuk mengambil sesuatu. Deg-degan, asliii...terbayang wajah sangarnya kalau lagi badmood. Sesampainya di sana, kaget! Ternyata dia memberikan formulir pendaftaran yang sedari pagi jadi hot topic. Hiks...lega campur haru, terbayang suamiku ngebut naik motor ke Bintaro mengambil selembar kertas tersebut. Makasih yaaaa.... Satu masalah terlewati, menuju masalah berikutnya :D.

Syifa senang, mukanya sumringah melihat-lihat brosur calon sekolahnya. Padahal belum tentu masuk kesitu juga kan. Jadwal tes masuk sudah ada, tinggal mempersiapkan Syifa saja. Persiapannya? Ah, tidak  aneh-aneh kok. Hanya mengingatkan Syifa tentang hafalan surat-surat pendek, do'a-do'a hariannya, sampai alamat dan nomer HP kedua orang tuanya hehe, jaga-jaga kalau ditanyakan juga gituu.

Pas hari H, kami sekeluarga kecuali Azzam sudah siap-siap berangkat dari Mampang jam 7.30 pagi. Suami sempat menanyakan kenapa tidak berangkat lebih pagi saja karena waktu tesnya kan jam 7.30 pagi. Seingatku sih mulai tes jam 8.30 ya, jadi ya suami manut aja berangkat agak siang. Di dalam taksi menuju Bintaro, tiba-tiba HP milik suami berdering. Wah, ternyata telepon dari pihak sekolah yang menanyakan mengapa Syifa belum sampai di sekolah padahal tes sudah dimulai sejak tadi. Doweeeng...kagetlah aku, dan suami langsung melirik tajam!!

Huhuhu lagi-lagi aku teledor...jangan-jangan aku salah info nih, atau memang aku lupa? Nggak tauuu. Pastinya sih, nih hati kebat-kebit, merasa bersalah banget. Sampai sekolah sudah jam 8.30 WIB, berarti Syifa sudah tertinggal selama 1 jam. Suami mendesakku agar bertanya pada panitianya, apakah ada dispensasi buat Syifa, misal tambahan waktu untuk mengerjakan soal-soal gitu, tapi tidak bisa. Kalau dilihat tesnya sih, serius banget, mungkin seperti tes IQ ya, lupa nama tesnya. Lalu dilanjutkan dengan observasi motorik kasar, anak-anak diminta lompat tali, main bola, berguling-guling dll.

Aku sudah jatuh hati dengan sekolah tersebut, adem melihat ibu-ibu gurunya berjilbab lebar. Sempat melihat mereka ikutan halaqoh juga. Sekolahnya tidak luas dan megah, tapi itu tidak penting kan, yang penting mutu pengajarnya oke. Aku berharap Syifa bisa masuk ke sekolah itu, lagipula biaya masuknya Rp. 10 juta, bisa dicicil pula, dan separo dari Auliya dkk. Sambil H2C, apa keterlambatan Syifa tadi akan mempengaruhi hasil tes masuknya? Hiks...kuatir.

Lain aku lain suami, dia lebih tertarik ingin memasukkan Syifa ke SDI Al-Azhar, meski dua kali lipat lebih mahal dari MBM. Sebabnya, sekolah tersebut dekat dari rumah kami nantinya, bisa ditempuh dengan berjalan kaki, naik motor malah dekat banget. Dihitung dari biaya bulanannya tidak jauh beda. Kalau di MBM Rp.500ribu untuk bulanan plus ongkos angkot, kurleb nilainya sama dengan biaya bulanan Al-Azhar yang Rp. 800ribu per bulan tapi tanpa ongkos angkot. Suamiku sudah bulat agar Syifa didaftarkan juga di sana. Aku manut, karena dapat feeling Syifa tidak diterima di MBM gara-gara tidak sempurna hasil tesnya yang dikerjakan telat 1 jam itu.

Akhir bulan Februari Syifa mengikuti observasi tes masuk SDI Al-Azhar. Jauh lebih mudah ternyata, hanya dites mengaji menggunakan IQRA 1-3 dan tentunya Syifa sudah bisa karena dia mengajinya sudah sampai IQRA 5. Tes lainnya, menyusun huruf menjadi kata, wah, lagi-lagi ini bukan hal sulit buat Syifa. Observasi lainnya motorik kasar, mirip dengan yang dilakukan di MBM. "InsyaAllah Syifa lolos." batinku. Dan benar, Syifa diterima. Alhamdulillah.

Masih tidak menyangka. Biaya sekolah Syifa yang baru SD saja sudah 20juta, dan kami membayarnya dengan mencicil. Biaya kuliah saja lebih murah dari itu, tergantung fakultasnya juga sih ya. Teringat dulu sewaktu di Majene, aku iseng-iseng ikut asuransi pendidikan dengan Rp. 100ribu per bulannya dan uang pertanggungannya Rp. 20juta untuk 17 tahun mendatang. Hoho padahal Syifa baru 7 tahun saja sudah kena segitu....

Bagaimana dengan Farah? Tahun ini dia usianya genap 5 tahun di bulan Juli. Saatnya masuk TK, tapi setelah habis-habisan untuk kakaknya, sepertinya Farah akan bersekolah di TK yang sederhana saja. Bukan TK Al-Azhar pastinya yang mematok Rp.10juta *mewek darah. Bukan pula TK lainnya yang masang harga Rp. 4-9 juta. Farah, dengan kelebihan dan keunikannya itu, hem...liat nanti sajalah.

13 komentar:

  1. waw mahal yah mak...sd aje ampe puluhan juta gtu

    BalasHapus
  2. iya...dan masih ada yang lebih mahal lagi :(

    BalasHapus
  3. ponakan ku sd nya sd dikampunga aja, sd negri di kampung, bandung eh dicileunyi

    BalasHapus
  4. waduh mbak..mahalnyoooo...

    kalo aq dan suami kepinginnya bisa adil terhadap pendidikan semua anak..jangan sampe anak pertama mampu kita sekolahkan di sekolah bagus, pas anak selanjutnya karena udah megap2 dananya, akhirnya mereka sekolah seadanya..

    jadi pas kmrn suami mulai ngelirik JIS utk SD-nya rafi nanti, aq bertanya kira2 sanggupkah nanti menyekolahkan rifa dan rayyan ke sana juga ato ke sekolah yg kualitasnya tidak jauh beda? maklum usia anak2 berdekatan..

    tahun ini aq masukin TK rafi, TK Islam deket rumah, uang masuknya 6juta..SPPnya 370ribu..
    tahun depan udah gilirannya rifa..InsyaAllah TK yg sama dengan si kakak..
    tahun depannya lagi rafi masuk SD..
    cenat cenut mikirinnya..hehe..

    BalasHapus
  5. 2 kebun? :D

    kan anaknya banyak..deket2an..
    tapi..tiap anak insyaAllah ada rezekinya masing2..

    BalasHapus
  6. Tahun depan anakku masuk sd, belum tau mau kmana ini masuknya.
    sd negri dekat rumah? aduh muridnYa byk deh per kelas, lingkungannya ga sreg bener. Ni lagi nyari sd islam yg minimal cukup agama+pendidikan+biaya nya

    BalasHapus
  7. JIS? yg Jakarta International School bukan?
    Soale Farah baru mau TK mbak, insyaAllah 2 tahun lagi ya ke Al-Azhar juga, bisa satu sekolah dgn kakaknya.

    BalasHapus
  8. haha...2 kebun? panennya udah diduluin BRI paaakkk haha

    BalasHapus
  9. iya nih, biar double gardan, kl urusan pendidikan dan kesehatan, wuuiih jaman skrg mihil yaa. Tetep berasa ngos2an. Tapi emang bener, rezekinya udah ada masing2. Semoga saat Farah mau SD nanti rejeki dia bisa masuk sekolah yg oke mutunya tp biaya lbh murah..Amiin.

    BalasHapus
  10. Met hunting mbak...moga dapet yang paling paaass...pas lingkungane pas di kantong hehe

    BalasHapus
  11. wah aku belom mikir sampe sana.. tapi dimanapun anak2 bersekolah insyaAlloh menjadi berkah ya...

    BalasHapus
  12. Amiin bener mbak, mau murah ato mahal, semoga lingkungannya baik buat anak, anak bisa nyaman...

    BalasHapus