Selasa, 09 Agustus 2011

Mau Melahirkan Dimana?

Awalnya saya berniat untuk melahirkan di Jakarta saja. Saat itu usia kehamilan baru trimester awal, saya dan suami sudah sibuk berdiskusi, lumayan alot juga. Pertimbangan saya, ingin banget suami mendampingi proses kelahiran, paling tidak ingin dia terlibat lebih banyak. Dulu ketika melahirkan anak pertama dan kedua, saya mudik, enak, ada keluarga besar yang siap sedia membantu. Suami tentu bisa bersantai, tidak pusing. Masalahnya suamiku sudah ngeri duluan melihat darah, bisa muntah-muntah, takutnya kalau sampai keliyengan nanti haha. Tapi pengeeeen banget bisa melahirkan didampingi suami di sisi, biar dia tahu bagaimana prosesnya yang subhanallah luar biasa itu.
Sayangnya, dia lebih memilih agar aku lagi-lagi mudik saja, melahirkan di Malang lagi. Perkiraan akhir September atau awal Oktober 2011, berarti lebaran tidak bisa mudik dan baru akan mudik di pertengahan September saja. Sempat saya mewek lho, sebel banget disuruh lahiran di Malang lagi. Apalagi pas mendengar alasannya, kalau dia mungkin tidak bisa full menemani karena harus kuliah dll dkk. Gimana nggak mau mewek dan nggondok coba?
Okelah, akhirnya dengan banyak pertimbangan, termasuk biaya melahirkan di Jakarta yang mahaalll.....(kalau di Malang bisa murmer) saya pun setuju dengan rencana mudik melahirkan. Lagipula orang tua dan mertua sudah sangat kangen pada cucu-cucunya ini, lumayanlah kurleb 2 bulan mereka bisa bersama mereka. Masalah sekolah, karena Syifa masih TK dan Farah juga di PAUD, jadi bukan masalah besar mengajak mereka bolos hehe.
Rencana sudah tersusun, neneknya sudah menyiapkan macem-macem buat cucu-cucunya, saya sudah nanya-nanya RSB di seputaran Singosari dan Malang. Eh kok yo, suami tiba-tiba minta agar saya melahirkan di Jakarta saja. Alasan utama sebenarnya masalah finansial sih, khawatir kalau uang di tabungan kami tidak cukup untuk membiayai semua pengeluaran. Bukan hanya biaya melahirkan, tetapi juga biaya tiket KA, biaya hidup selama di Malang (nggak mungkin nggak ngasih ortu), biaya hidup suami di Jakarta, dll. Padahal ketika cuti bersalin, penghasilanku akan berkurang jauh, tidak dapat tunjangan lagi gituuu.
Sedangkan kalau tetap di Jakarta, meski biaya melahirkan lebih mahal, tapi bisa disiasati dengan melahirkan di bidan saja, insyaAllah normal (mohon do'anya), atau di RSB yang tidak memasang tarif mencecik dan untuk itu harus banyak mencari informasi tentunya. Browsing n nanya mbah google, klik sana klik sini, nanya juga ke tetangga, minta sharing informasinya. Plus tentunya ke ibuk-ibuk MPers, sharing dong bun, pengalaman melahirkannya terutama di seputaran Jakarta Selatan ya.
Makin mendekati masa brojolan, ah malah kepikiran mau melahirkan dimana, moga-moga tidak menjadi beban otakku yang gampang panas ini deh. InsyaAllah ada jalan. Meski sebenarnya ini keinginanku juga tho, tapi entah mengapa kok sekarang malah jadi ragu. Apa suami bisa menghandle semua urusan, mendampingiku seorang diri di saat-saat genting proses kelahiran, lari kesana-kemari urus ini itu. Kalau anak-anak sih bisa di rumah bersama mbak Anik, beres itu. Bukannya tidak percaya pada suami, tapi ini akan menjadi kali pertama untuknya. Sebenarnya, ini satu kesempatan buat kami berdua. Kalau bisa melewati masa-masa ini, struggle bersama, insyaAllah ikatan hati di antara kami akan makin menguat tentunya. Ah, semoga semuanya akan terkondisikan dengan baik, aman, terkendali, lancar jaya, insyaAllah....mohon do'anya yaaaa

24 komentar:

  1. iya bun, menurutku lahiran di jkt saja, biar suami ikut merasakan bahagia sekaligus repotnya mengurus anggota keluarga baru. :-)

    BalasHapus
  2. klo kelak punya suami, kupaksa ndampingin lahiran
    dibiasin liat video2 kelahiran
    kan bikinnya barengan tanggung jawabnya kudu bareng donk hehehe

    btw, RSB tu dimana mbak?

    BalasHapus
  3. maksudku "RSB yg tdk masang tarif mencekik di Jkt"? contohnya dimana? thx :D

    BalasHapus
  4. iya...setelah tadi nyari wangsit *halah*, insyaAllah aku mau lahiran di Jkt aja. Biar bisa susah senang bersama hehe

    BalasHapus
  5. hihihi....serem atuh dibiasain liat video2 lahiran.....bisa2 dia gak bisa tidur tuh haha.

    BalasHapus
  6. itu diaa.....susah nyarinya. RSB yg masang tarif biaya sedang-sedang saja tidak muahal itu langka banget -sigh-

    BalasHapus
  7. eyangnya diimpor ke jkt buat ndampingi ...hihihi
    iya, didoakan normal ya, bisa ke rsb dgn bidan aja, yg murah
    btw, biaya melahirkan gak dicover kantor ?

    BalasHapus
  8. Klo di jktnya emang mahal...tp klo di jkt coret kayak bekasi, tangerang, depok bs lbh miring harganya. Itu mnrtku loh :) InsyaAllah bisalah suami mengatasi semuanya. Semuanya serba alamiah koq. Mudah2an lahiran normal ya nanti :)

    BalasHapus
  9. susah ngimpornya mbak, jadwalnya gak pas hehe
    anak ke-3 ASKES gak cover -nasib PNS-

    BalasHapus
  10. emang mbak, jakarta coret sih sama kaya di malang, masih lbh miring biayanya.
    Amiiin..mohon do'anya yaaa

    BalasHapus
  11. jangan stress ya... mudah-mudahan dapat rs/klinik yang nyaman (nyaman pelayanannya, nyaman juga di kantong) dan melahirkan dengan selamat, ibu dan bayinya. amin...

    BalasHapus
  12. Aku nanti rencana melahirkan di rs cikini mba..
    aq uda tanya, paket melahirkan normal dgn bidan ga sampai 1jt..tp kl pilih dgn bidan kamarnya hanya kelas 3,gak bisa diupgrade..karna hanya 3hr 2malam,aq ga masalah..toh pas lahirin si abang 5y lalu juga sama ambil paketnya..

    kl mau, langsung konsul bulanan dgn bidan telly aja..cek ama dia gak mahal, biaya cek dgn dia cm 20rb kl byrna lsg k dia bkn k rs..
    cuma bidan telly ini gak normal seperti bidan pada umumnya,.

    BalasHapus
  13. kalau saya, anak pertama dikirim ke Surabaya :)

    yang berikutnya no 2-4 lairan di Bekasi :D

    semangat ya mbak, mudah2an lancar

    BalasHapus
  14. iya mbak.....berusaha lbh keras lagi untuk tenang... :D
    Amiiin

    BalasHapus
  15. wah....segituan yg oke, mumer, dulu aku lahiran 2x, ambil paket 3 hari pun, cuma sehari aja dah ngebet pgn pulang hehe.

    BalasHapus
  16. bekasi enak ya pak, tarifnya jakarta coret hihi
    Amiin....

    BalasHapus
  17. hmmmm... yg lumayan dekat bisa di RSB Duren Tiga kali mak ... yg samping hotel kaisar itu loh.. setauku siy wkt lahiran ku dulu (thn 2007), gak terlalu mahal ... dan mudah2an ada pilihannya bisa dgn bidan / dokter. Terus.. banyak perawatnya yg pake jilbab juga tuh, jd mayan islami suasananya hehehe... tp coba aja cek2 dulu ;)

    sebaiknya siy segera ke RSB yg diinginkan spy bisa 'kenalan' sama dokter/bidannya hehehe...

    BalasHapus
  18. Dulu aku di RSIA Tambak - Manggarai ... itu ada pilihannya mau sama dokter atau bidan ... pas tahun 2007 siy harganya sama lah antara RSIA tambak dan RSB duren tiga .. lebih milih yg di tambak soale parkiran di duren tiga agak susah hihihi.... kalau skrg aku gak berani referensiin rsia tambak, soale skrg udah mahaaallll .... yg dulunya rsia kecil, skrg udah besaarrr... wkwkwkw...

    atauu... kalau di JMC-mampang/buncit mungkin ga terlalu mahal juga... eh tp aku gak tau dink range harga di situ :D

    smoga membantu

    BalasHapus
  19. senang susah yang penting kumpul ^_^

    BalasHapus
  20. aku tiap bulan kontrol dsog ke RSB Duren Tiga kok, cuman kok males nanya-nanya haha. ntar deh kutelp satu2 smua ben puaaassss.

    BalasHapus
  21. sebenarnya buanyaaaaak pilihan ya, cuma ya itu, tergantung budget maak haha -ngitung2lagi-

    BalasHapus
  22. jadi inget lagu makan nggak makan asal kumpulnya Slank hoho

    BalasHapus