Kamis, 18 Agustus 2011

Mari Pulang Marilah Pulang

Huhuhu....lebaran kali ini tidak bisa ikut rame-rame dengan ribuan orang lainnya tuk mudik lebaran. Berhubung ni perut makin buncit saja, penyok-penyok kesana kemari kalau si baby lagi olahraga, mana anggaran lebih diutamakan untuk persiapan lahiran. Yo wis, insyaAllah akan merasakan lebaran di Mampang Prapatan IV gang Pelukis no.3 Jaksel (kali aja ada yang mau mampir ).
Lebaran tidak berkumpul bersama keluarga besar sebenarnya sudah beberapa kali kualami, dulu di Luwuk, Sulteng pernah lebaran berdua saja dengan suami, lalu tahun 2008 (kalau tidak salah) berlebaran di Majene, Sulbar hanya berempat, aku, suami, dan anak-anak saja. Biasanya yang membuatku agak gugup ya hanya masalah masak saja, secara diriku ini gak pinter masak plus males wkwkwk. Dulu pas di Majene, dengan dibantu suami (akhirnya) aku masak gule kambing memakai bumbu instan hehe. Lha kalau lebaran nanti mau masak sendiri tidak ya? -malesdotcom- Rencana sih mau pesen nitip aja dimasakin sama ibu yang punya rumah kontrakan , ntar tinggal nitip duit berapa gitu plus uang capeknya.
Biasalah, ikut merasakan ditinggal mudik PRT niih. Sambil harap-harap cemas, si Ipit yang mudik ke Sukabumi moga-moga beneran mau balik kerja lagi. Banyak teman-temannya yang ngiming-ngiming kerja di pabrik, upahnya per 2 minggu sekitar Rp. 400.000,- kalau sebulan berarti Rp. 800.000,- an lah. Dikurangi biaya kos, makan, pulsa, jajan, kebutuhan harian, kurang lebih dia bisa dapat bersihnya sekitar Rp. 500.000,- sampai dengan Rp. 600.000,- ya. Nah, sama saja kan dengan kalau kerja jagain anak-anakku, sebulannya dapat hampir Rp. 600.000,-. Memang sih, kalau kerja di pabrik kan gaul gitu loh, banyak teman, luas pergaulan, kos bisa rame-rame, nyenengin lah di benak anak ABG macam Ipit.
Dengan perhitungan materiil yang gak beda jauh dan jurus membujuk ala PJTKI (tapi jujur), aku ajak dia ngobrol, sambil bilang minta tolong lah. Kasihan daku yang insyaAllah bakal punya bayi baru kalau harus bingung nyari PRT lagi, belum tentu cocok pula! Si Ipit ini meski baru 16 tahun, alhamdulillah gak neko-neko, masih lumayan lugu, rajin sholat, mau tiap hari belajar ngaji denganku. Jadi so far so good lah, aku merasa cocok dan berharap Ipit bisa balik lagi. Alhamdulillah dia kemarin bilangnya insyaAllah sekitar tanggal 12 September mau balik lagi ke Jakarta, semoga dimudahkan....Amiiin.
Kalau mbak yang satunya, yang PP tiap hari, dia mau mudik ke Banyumas. Alhamdulillah kalau yang satu ini lebih pasti, insyaAllah tetep kerja di aku. Secara suaminya juga kerja di Jakarta, sudah ada anak satu, jadi kalau soal kerjaan lebih tegas karena memang butuh, gak kaya Ipit yang kerja buat ngisi waktu saja, daripada gak kerja gitu, duit pun dia pakai sendiri, gak ada tanggungan. Malahan si mbak Anik kemarin nawarin infal ke aku, hitungan 10 hari dan seharinya dia minta Rp. 80.000,-. Heemmm......aku jelas mikir dulu lah. Selama libur lebaran, kerjaan rumah kan hanya beres-beres rumah n nyuci, bisa handle bareng suami. Anak-anak dah bisa dimintai bantu-bantu, seharian bisa main sama aku n bapaknya. Masak?? Kalau aku milih angkat tangan, bisa beli makanan jadi saja kan. Jadi aku milih nggak usah infal-infalan, lumayan duitnya bisa buat beli makan aja selama para mbaknya libur hehe. Saat nanti masuk kantor dan mbak-mbaknya belum ada di rumah pun, anak-anak bisa kuajak ngantor. Wah, pasti anak-anak seneng tuh, bisa main ke kantor mboknya. Lagipula di kantor masih banyak yang cuti, jadi nanti di sana juga masih lumayan sepi. Dan bakalan banyak anak-anak yang ikut emak-emaknya ngantor haha, buka PAUD baru deeh, bakalan ngumpul tuh anak-anak imut, banyak temannya.
InsyaAllah semua bisa dijalani dengan fun, sambil terus berdo'a semoga nanti bisa melahirkan dengan normal, sehat, selamat. Amiiin.



10 komentar:

  1. moga pembantunya balik mbak...

    *penyakit pasca lebaran*

    BalasHapus
  2. hihihi inget pasca lebaran tahun lalu.pada banyak yg ngeluh prt nya ga balik:)

    BalasHapus
  3. Amiiin....iya pak kesempatan buat mereka nyari tempat kerja yg lebih oke dan ninggalin yg lama.

    BalasHapus
  4. moga2 tahun ini lain cerita yo mbak.....mbalik kabeh ngunu hehe

    BalasHapus
  5. toss mbak...lebaran kali ini aku jg ngga mudik msh punya bayi kasian klo harus bermacet ria dipantura, ART yg nginep mudik tp mpok yg pulang hari masih bs diminta bantuan, secara rumahnya cuma belakang komplek...dia cuma minta libur 2 hari, selebihnya msh bs cuci gosok...
    Ini lebaran pertamaku dirantau, hiks....lebaran berempat aja

    BalasHapus
  6. duh aku belom berani nanya ke mbak ku loh.. dia bakalan balik apa nggak .. hihihi...

    BalasHapus
  7. dibuat seneng aja, meski inget keluarga besar pasti trus ngerasa sedih2 gimanaaaa gitu. Tapi ya itung2 jd pengalaman lebaran sekeluarga thok mbak. Moga2 mudik atau tidak, kita bisa menang Ramadhan kali ini...Amiin.

    BalasHapus
  8. wkwkwk...parno yo mbak......takut dia gak balik.
    udah sono tanya aja, drpd tiba2 dia gak balik, dikau malah bisa jantungan haha, mending persiapan aja dr skrg :D

    BalasHapus
  9. aisi....tp tetep kudu ditanyain, jangan2 dia mau bilang tp sungkan juga lho.....

    BalasHapus