Selasa, 20 Desember 2011

[Diary Mama Perah] Salah Strategi

Alhamdulillah, sudah punya anak tiga. Untuk baby Azzam anak ketigaku, aku ingin memberikan ASI eksklusif dan insyaAllah lanjut sampai 2 tahun. Pengalaman sebelumnya, Syifa si sulung terpaksa disapih di usianya yang setahun lebih beberapa bulan karena aku mengandung lagi. Sedangkan Farah, alhamdulillah mimik ASI sampai usia 2 tahun lebih dikit. Sayangnya, kedua anakku itu tidak benar-benar full ASI, sudah terkontaminasi sufor beberapa saat setelah mereka lahir :(. Meski melahirkan di tempat yang dindingnya banyak poster pentingnya ASI dan kolostrum, tetep saja mereka diberi sufor dan sedihnya aku masih cuek tentang hal tersebut. Oleh karena itu, kali ini insyaAllah akan mengusahakan yang terbaik untuk Azzam.

Dulu sewaktu masih di Majene, kerja bisa nyantai, bisa bolak-balik pulang ke rumah, malah bisa bawa bayi ngantor dan nenenin kapan pun juga (inget Syifa yang ikut ngantor sejak usia 3 bulan). Sekarang sih mana bisa, secara sudah ngantor di Jakarta yang tentu saja tidak bisa seenaknya dewe, tidak mungkin bawa bayi ngantor, tidak bisa juga sering-sering pulang ke rumah kecuali jam istirahat. Alhamdulillah rumah kontrakan cukup dekat dengan kantor, jadi kalau mendesak masih bisa pulang dan macetnya juga tidak terlalu parah.

Semenjak melek internet, banyak ilmu terutama tentang per-ASI-an yang kudapat, terlebih sejak bergabung di grup HZLC di Facebook. Selain itu banyak teman-teman di kantor yang memerah ASI, jadi hal ini sudah tidak asing lagi, dan tentu saja aku semangat banget berniat akan berjuang juga demi memenuhi ASI untuk Azzam. Ternyata semua tidak semudah kelihatannya ya, gara-gara aku salah strategi, maklum ini kali pertama sih.

Sebelum melahirkan sudah terpikir untuk membeli "alat-alat perang" untuk nyetok ASIP, tapi kata suami ntar saja dulu setelah melahirkan. Yo wis, setelah melahirkan masih santai-santai nenenin Azzam, belum mikir belajar merah dan siapin stok ASIP. Kira-kira setelah sebulanan baru deh hunting breastpump, si minel yang banyak rekomendasikan, alhamdulillah dapat sekennya masih bagus baru beberapa bulan pakai. Lanjut dengan belanja printilan lainnya sampai beres dan siap digunakan. Salah satu teman menanyakan mengapa aku belum juga memulai memerah, tapi akunya santai saja, toh masih sebulan lagi ngantor. Lagipula dari informasi yang kudapat, belajar merah dalam 14 hari insyaAllah ASI akan lebih banyak dan sudah biasa diperah. Berhubung di rumah adanya hanya kulkas dengan satu pintu, niatan untuk nyiapin stok ASIP jauh-jauh hari urung kulakukan. Setahuku, ASIP hanya bertahan selama 2 minggu di dalam freezer kulkas satu pintu.Jadilah aku memulai memerah 2 minggu sebelum ngantor dengan harapan saat ngantor nanti produksi ASI untuk diperah sudah banyak dan melimpah.

Sayang, selama 2 minggu itu ternyata aku terlalu nyantai merahnya. Seharusnya tiap 3 jam untuk memancing produksi ASI lebih banyak dan banyak, tapi dalam sehari aku cuma memerah 3 sampai 5 kali saja. Keenakan nenenin si Azzam, males ribet dengan si minel yang meraung-raung. Hasilnya tentu minim, hanya sebotol tutup karet dalam sehari. Stok terkumpul saat ngantor kira-kira nggak ada 20 botol. Aku sih masih nyantai saja, mikirnya di kantor bisa merah untuk nambal stok di rumah. Haha ternyata...tidak semudah itu sodara-sodara, hasil merah di kantor maksimal 200ml saja, seringnya malah kurang dari itu. Tidak terasa stok di kulkas tiba-tiba lenyap saja, olala dedek Azzam mimiknya banyak ternyata. Hari pertama 450 ml, hari-hari berikutnya bisa sampai 550ml. Akunya cuma bisa kaget dan bengong, lalu panik!!! :p

Dalam kekhawatiran aku buka-buka lagi dokumen di HZLC tentang Tips Memerah ASI, hem nyadar deh aku kurang rajin merahnya. Salah satu temanku produksi ASIPnya kurang lebih sama denganku tapi stoknya aman karena di malam hari dia mati-matian merah juga. Lha aku?? Molor dengan sukses tiap malam, kalaupun bisa bangun dan mau merah, eh suami gak mau denger raungan si minel huft. Akhirnya curhat sana-sini, minta dukungan n motivasi dari teman-teman seperjuangan sesama mama perah, alhamdulillah bisa mendongkrak semangat. Mulailah malam-malam penuh tantangan untuk menahan kantuk dengan menggemgam minel di tangan, untuk meredam raungannya, si minel ditutupin kain bedong berlapis-lapis :D. Tak lupa terus berdoa dan semangati diri sendiri bahwa ASIku cukup tuk Azzam, aku nggak akan ngasi sufor, no way!!

Akhirnya stok ASIP di rumah benar-benar habis, istilah kejar tayang yang kuucapkan dulu sambil mesem-mesem sekarang kuucapkan dengan muka panik merem melek. Sampai terpikir untuk minta bantuan donor ASI, siapalah gitu yang bisa bantuin nambal stok ASIPku. Aku sempat menanyakan hal ini di grup HZLC, minta bantuan donor ASIP, bahkan nanyain ke dua orang teman di kantor. Sayangnya mereka juga lagi kejar tayang, perah hari ini untuk mimik anaknya esok hari, tapi karena anak mereka sudah MPASI jadi konsumsi ASIPnya tidak terlalu banyak lagi, pas sesuai hasil perah hari itu.

Setiap hari Sabtu dan Minggu sekarang adalah hari paling kutunggu, karena bisa ngumpulin ASIP untuk Senin. Masih belum tercukupi ternyata. Saat-saat mulai genting, aku pulang ke rumah tiap jam istirahat, tentu saja jadi capek dan ribet, dan ibu bosku juga kurang setuju. Nah, minggu lalu benar-benar stok untuk hari itu kurang, pusing aku jadinya, bagaimana ini. Aku nggak mau nyetok sufor di rumah karena pasti akan terpakai kalau ASIP habis. Yo wis, aku akhirnya meminta salah satu teman angkatanku dulu yang juga punya bayi laki-laki untuk memberikan ASIPnya. Alhamdulillah dia bersedia, legaaa deh. Hari itu dia memberikan 3 botol ASIP yang dititipkan ke suaminya yang ngantor 3 lantai di atas kantorku.

Yah, akhirnya mencari ibu susu untuk Azzam adalah pilihanku ketimbang memberikan Azzam susu formula. Hukum syari'at tentang ibu susu, aku dan temanku sama-sama tahu. Semoga dengan bantuan ASIP dari temanku itu, aku bisa mulai nyetok ASIP sedikit demi sedikit, dengan lebih sering memerah minimal tiap 2 jam. Alhamdulillah sekarang aku bisa membawa pulang ASIP sekitar 300ml, lebih banyak dari sebelumnya, dan tiap malam di rumah memaksakan diri untuk merah juga. Heemm..ternyata memang butuh perjuangan dan pengorbanan ya....

14 komentar:

  1. udah di jakarta toh say, berarti dah lama juga ya kita ga ngobrol :)
    btw kapan2 bikin blog ttg hukum syariat ibu susuan ya say, ilmuku cetek bgt ttg itu :)
    yuk semangat, semoga tercapai full yah :)
    salam sayang buat buah hatinya :)

    BalasHapus
  2. waaaah... salut! semangat terus utk ASIX ya Bun. oya, soal merah drpd berisik malem2 apa ga lbh enak merah pk tangan? awalnya emg belepotan. tapi stlh mahir.... mak nyus lah. breastpump ku nganggur dgn suksesnya hehe..

    BalasHapus
  3. Waaahhh jadi inget masa2 memerah di kantor dulu, kebetulan aku dan 2 org teman lahiran hampir bersamaan, jadilah kita ber3 memerah bersama di musholla kantor saat jam istirahat dan saat shallat ashar, untungnya temen2 yg cowo sangat pengertian, mereka tau bgt kapan musholla occupied :)
    Kulkas kantor penuh botol susu xi xi xi

    Kalo aku & 1 temanku merah pake tangan, yang 1 doang yg pake pompa.
    Hasilnya banyakan yg pake tangan loh..
    Yg seru kalo yg kanan lagi di pompa lantas yg kiri ngocor, temen2 yg lain bantuin nadahin :)

    BalasHapus
  4. * berpelukan dulu sesama busui....
    iya bund, ngasih 'cairan emas' ke anak itu mmg penuh perjuangan...smg anak2 kita bisa full ASI sampe 2 thn ya mbak...
    untuk anak ke 2 ku ini aku bikin stok sejak umur 2 minggu anakku, seblmnya aku jg ngga punya kulkas 2 pintu...akhirnya aku bela2in beli kulkas lagi yg 2 pintu...daya di rumah jg aku tambahin....waktu anakku umur 3-4 bln msh tercukupi tanpa ganggu stok difreezer, tp begitu 5 bln sampe sekarang (7 bln) stok difreezer bener2 ngebantu buanget mbak...

    BalasHapus
  5. ayooo mbak semangaaat. pasti sukses ASIX..insha allah

    BalasHapus
  6. embeeerr......lama bangeeet ga ngobrol..lha aku dah lumayan lama juga di jakartanya hehe
    iya mbak, insyaAllah ntar disaringin ttg hukum ibu susuan siiip :D

    BalasHapus
  7. iya nih, pengen bisa mahir merah make tangan. Beberapa kali coba kok gagal melulu yaaa huhuhu....jd masih bergantung sama si minel nih.

    BalasHapus
  8. pake tangan emang lebih maksimal ya hasilnya...duuh mupeng, belajar ah ntar malam ^_^

    BalasHapus
  9. *peluuuk......
    Amiin, semoga kita berdua sukses program ASI nya yaaa... *toss
    waah mantaabbss....stoknya banyak doonk....aman terkendali ya bun...

    BalasHapus
  10. iyaa pake tangan lebih maksimal maak... terus pakein LDR jugaa... jadi hasil ASIP nya jg lebih banyak setiap kali memerah ...

    kalaupun gak banyak hasilnya, dipersering aja memerah nya... dikit2 dikumpulin kan jadi banyak juga tohhh... dan jangan lengah di hari sabtu-minggu.. tetap harus memeraahh ... hehehehe...

    tetap semangat yaaaaa

    BalasHapus
  11. Semangaaadddd !!! (✿◠‿◠)
    Moga2 bisa lancar merahnya....

    BalasHapus
  12. huhuhu udah nyoba make tangan, lom berhasil juga. Dah baca bolak-balik teorinya, nyoba posisinya, kok gak berhasil yak??

    aku barusan beli pompa manual nih, enak juga, LDR berkali2 n hasilnya banyak :D Alhamdulillah seneng deh.

    BalasHapus