Jumat, 20 November 2009

Bed Rest....Pengalaman Pertamaku.

Jujur, aku blank banget soal bed rest ini. Selama ini cuma pernah dengar pengalaman orang lain, belum pernah alami sendiri. Pernah lihat langsung ketika Tanteku yang kesulitan punya anak, sempet bed rest berbulan2 untuk mempertahankan janinnya. Mandi pun cuma dilap basah oleh suami, di atas tempat tidurnya.

Ga kebayang sebelumnya, sekarang aku harus mengalami bed rest juga. Dulu, kala kehamilan Syifa dan Farah, alhamdulillah kulalui dengan aman sentosa, sehat wal afiat. Malah dalam usia hamil muda dah dibawa tugas ke Makassar n ke Mamuju dgn jalan darat, ya meski muntah terus sepanjang jalan. Mual muntah di kedua kehamilan itu cukup sering, sehingga mau tak mau aku jd lumayan jarang ngantor.

Kehamilan ketiga ini, benar2 berbeda. Aneh saja, jarang banget aku mual muntah. Makanya, aktifitasku tidak kubatasi. Kukira akan tahan banting seperti yang dulu, bisa dibawa kemana aja. Tiap hari meski agak mual dikit, aku ngantor, ke pasar belanja muter2, angkat2 barang atopun anak2 yg lagi manja minta digendong kulakuin jg. Ternyata, Allah menentukan lain. Mungkin aku terlalu meremehkan n cuek trhdp kehamilanku ini. Sejak tanggal 18 sore, pulang kantor, ada flek darah kluar.
Aku kaget, ga nyangka bakal kejadian. Malamnya lampu mati, ga bisa priksa ke bidan. Di Majene ga ada dokter kandungan lho. Jadi aku sms sana-sini trutama ibu2 di FS. Disarankn bed rest lah. Telp beberapa bidan dan alhamd nyambung satu no. Hpnya, katanya jg gt, bed rest saja. Bener2 H2C kurasa. Waktu mau sholat, terpaksa bangun jalan ke kamar mandi buat wudhu, n balik ke kamar, trus sholat. Duh, rasanya perut cenut2 dan darah kluar lagi. Sharing ma teman yg barusan pendarahan, katanya untuk sholat pun dia sambil duduk. Pokoknya kurangi aktifitas badanlah. Ya Allah, hamba pasrah, selamatkanlah janin ini.

Paginya, anak bu bidan antar obat penguat kandungan, PREGNABION. Heran jg, obatnya cuma 1 macam ya? Padahal darah masih kluar terus. Sharing lg sama mba Jundi FS, obat yg dia dapat dari dokter ada 3 macam, untk stop pendarahan, cegah kontraksi, dan penguat kandungan. Wah, obatnya kurang 2 macam dong ya? Nyari di Majene, ya Allah satu pun ga ada. Sampai minta dicarikan di Polewali, ga ada juga! Alhamdulillah, ada sepupu teman mau belikan di Makassar dan mau kirimkan via bus Pipos ke Majene. InsyaAllah ni pagi dah sampai. Pengen cepet2 minum obatnya, moga2 ada perubahan brarti.

Susah dan bosen juga ya bed rest. Apalagi kalo bed rest total. Tapi, untk ke kamar mandi (BAB, BAK) aku masih lakuin lah. Oya, wudhu jg. Sholat sambil duduk. Mandi rencana ntar dilap aja dulu. Harus bertahan! Dokter SPOG adanya baru hari Senin nanti, itu pun di Polman, 1,5 jam dr Majene, dokternya laki2. Duh, terpaksa. Dokter yg perempuan br ada tanggal 29, kelamaan lah, dan prakteknya di Wono 1jam dr Majene.

Jadi sekarang jalani yang ada, mohon do'anya ya. Ternyata banyak teman yg pernah pendarahan maupun flek kala hamil muda. Alhmd, banyak terbantu dari sharingnya. Jazakillah ukhty:-*

11 komentar:

  1. sm0ga bæk2 aja mb, ak turut mendoakan. . .

    BalasHapus
  2. sabar ya mom... banyak doa, supaya kandungannya selamat dan ibunya tetep sehat.

    BalasHapus
  3. @unovdee : Amin. Thx ya.

    @elok : iya ni, musti byk doa, thx.

    BalasHapus
  4. Semoga ibu dan janin sehat selalu...

    Yang sabar ya, mbak..

    BalasHapus
  5. duh...mudah mudahn sehat...
    terharu aku bacanya mbak...perjuangan seorang ibu...

    BalasHapus
  6. duh mba tika...ternyata harus bed rest ya...
    smoga cepat baikan ya mba...ibu n dedenya sehat2 aja...
    amin
    n kaka2nya juga sehat
    amin
    jaga kesehatannya ya mba...

    BalasHapus
  7. Semoga keadaannya semakin membaik ya Mbak, kirim doa dari sini... tetap semangat ya...

    BalasHapus
  8. Semangat mba,,,,,:)
    semoga dimudahkan

    BalasHapus
  9. assalamu'alaikum
    kenalkan nama saya hesty dr pontianak.saya dulu sempat hamil 5 minggu.trus pendarahan.besoknya ke dokter.di USG, janinnya ada tp terancam gugur.trs dikasi obat pregnabion 10 butir.tp darahnya malah makin banyak.jd 4 hr kemudian saya ke dkter yg lain.di USG kantong hamil udh ga ad lagi tp mulut rahim masih terbuka (tangan dokter masuk ke vagina.dkternya cewek).jd besoknya langsung dikuret di RS.sedih banget.apalgi ini anak pertama stlh 10 bulan menikah.tapi skrg kami udah ikhlas.mgkn ini yg terbaik buat kami.mdh2an saya bisa segera hamil lagi n dg kondisi kehamilan yg lebih sehat dan kuat.allahumma amin...

    BalasHapus
  10. wa'alaykumsalam....thx dah mampir. Btw dikuret ya? Alhamdulillah aku cuma minum obat aja, gak sampe kuret. Moga2 mbak hesty cepet isi lagi ya dan diberi kesehatan....Amin!

    BalasHapus