Senin, 16 November 2009

Hai, my name is BISUL!!!

Aseliiiiiiiii baru kali ini kenalan dengan yang namanya BISUL yang super guede n bikin aku kalang kabut. Duluuuu banget, sempet liat adik bungsuku bisulan, kecil-kecil n ada beberapa di kaki, tapi aku gak merhatiin bangetlah. Sekarang ini karena yang bisulan anakku, Syifa, yah jelas aku terkaget-kaget, terpana dan terpaku -lebay banget-.

Awalnya, ada bintik merah di jidat Syifa yang membuatku membatin, nih anak2 masa sih udah jerawatan huehuehue. Lama-lama...lhoooo kok tambah gede ya.........dan makin kuatirlah aku, badan Syifa panas sih. Pasti gara2 tuh bisul yah. Huuff.....nyesel deh, aku gak cepat tanggap, gak cepat nanya di om google, jadinya telat penanganannya. Terlanjur bisulnya jadi besar dan bernanah gitu...hiks....kesiiiaaaaan.

Kata om google, bisul itu bukan karena kebanyakan maem telur seperti kata banyak orang, "Itu cuma mitos", ujar dr. Titi Lestari Sugito, SpKK dari RSUPN Ciptomangunkusumo. "Justru telur adalah makanan bergizi, karena mengandung protein, jadi boleh diberikan pada anak", tandasnya. Lantas apa penyebab bisul?
Penyebabnya, karena lingkungan yang kurang bersih. Anak2 kan kalo main suka yang kotor2, apalagi hawa Majene yang panaaaaaaaaas........ Anak2 jadi berkeringat terus, sampe biang keringat di leher, idung, dan dahinya. Na.....kemungkinan ni...digaruk2lah ma Syifa. Kebetulan mungkin daya tahan tubuhnya pas drop, jadilah kuman masuk terinfeksi kulitnya . Jreeeng, lahirlah bisul gede itu.

Kemarin, cuma dioles minyak but-but aja. Ternyataaaa.......sebelum bengkak banget harusnya dah dikompres air anget dulu, bisa dikasi parutan jahe dll yang aku telat taunya. Dari om google juga, anak yg bisulan bisa dikasi antibiotik untuk bunuk kumannya, tapi....emoooh ah aku kasi anakku AB. Sebisa mungkinlah make yg herba aja, no AB pokoke. Akhirnya kubelikan salep Ichtiol, alhamdulillah malamnya habis dioles si bisul pecah n mengeluarkan darah dan nanah. Lega...alhamdulillah.

Eh, tiba-tiba Minggunya Syifa panas lagi badannya, aku heran banget. Ya Allah, ternyata semalam aku baru tau kalo ada lagi bisul muncul di lehernya, di bawah mulut. Aseeeliiii aku gak liat, dan anaknya pun gak ngeluh, alhasil telat lagi deh, bisulnya mulai gede juga. Jadi pertarungan nih antara aku dan bisul2 ituuuu.
Do'akan yah, cepat ilang tuh bisul2. Kasian kan anakku yang cantik, imut, dan baik hati itu-hahayy- jadi tersiksa.

17 komentar:

  1. Daku juga lagi bisulan mba. Pertama di jidat terus ke hidung. Eh, sekarang mata pun bintitan. dinikmatin aja lah..hehehe..
    Syifa, cepet sembuh ya sayang..

    BalasHapus
  2. Aduh, ternyata bisul bisa bikin heboh :), semoga cepet sembuh ya sayang...

    BalasHapus
  3. mbakeee...

    aku pernah bisul smpe abses dan musti dibedah
    gak lagi2 deh
    /traumi/

    BalasHapus
  4. Kasian ya kalo anak kecil bisulan.. orang dewasa aja kl bisulan senewen.. apalagi anak kecil... :( Moga bisulnya cepet hilang ya Syifa...

    BalasHapus
  5. say...ga dapet juga telor kodoknya ya ???

    hp ku nyelip terus entah dimana

    pakai mengkudu aja...selain detoks darah dia juga antibiotik

    BalasHapus
  6. @niwanda n fidza: Amin..makasi do'anya tante...

    BalasHapus
  7. @fajarpurwia : woh2 lg bisulan jg? Seringkah? Mg2 cpt sembuh ya. Aq jg dl jaman SMU sering bintitan, pe insisi ke dokter mata.

    BalasHapus
  8. Butikku: hehe, ho-oh mba, yg heboh emakx:-). Makasi do'ax.

    BalasHapus
  9. @rina : wah2 dah pngalaman tho. Aq ngeri kl dgr bedah2an. Alhmd bisul Syifa pecah ndiri.

    BalasHapus
  10. @tante rat: amiin...

    @etnik : he-eh, mana anak2 jarang ngeluh lg.

    BalasHapus
  11. @mb meta: ga ada, pdhl byk kodok di hlmn rmh, tp ga tau mrk pd nelur dmn:-S
    Dosis mengkudu?

    BalasHapus
  12. waduh aku baru inget bu...sabrina duku sering bisulan terus aku bawa ke tukang urut bisul :)

    dirumahku ada spesialis urut bisul,tapi anaknya bisa njerit2 :)

    ada dua jenis bisul...yang besar dan yang kecil
    kalau besar biasanya sekali mati ya udah
    kalau kecil itu yang ampun2an

    ayo mumpung hamil minum air kelapa muda

    BalasHapus
  13. @mb meta : tukang urut bisul...??? hiiy..ngeriiii bisa tereak2 memang......
    minum air kelapa mudanya tiap hari boleh mbak?

    @bundanaizan : Amiin........lagi menghadapi 2 bisul lagi niiih bunda.......

    BalasHapus