Kamis, 12 Juli 2012

Pindah Rumah

Seperti yang kuceritakan sebelumnya, keluarga besarku datang jauh-jauh dari Malang naik bis sampai pantatnya tepos, badan kaku pegel, perut lapar, plus kehausan. Perjuangan bangeeett, karena perjalanan via bis resikonya ya macet, ditambah lagi jadwal istirahat untuk mampir makan yang molor. Biasanya jam 2 an siang sudah sampai Mampang, kemarin itu rombongan Mama, Ratih, Dimas, dan Yoga sampainya jam 7 malam, tentu saja dalam kondisi kelaparan dan kecapekan. Beberapa malam sebelumnya suami sudah bercapek ria pergi ke Bintaro dan menginap di sana sepulang kantor. Tetap saja, rumah kontrakan mungilku penuh sesakdan makin panas saja hawa terasa. Sudah tidak nyaman lagi dan ingin segera pindah ke rumah baru yang jelas lebih lapang, meski belum jadi.

Setiap malam suami selalu menelepon, menceritakan perkembangan terbaru kondisi rumah yang prosesnya ternyata masih jauh dari selesai. Ditambah lagi ada konflik antara suami dan calon tetangga yang (katanya) kontraktor, dialah yang membangun rumah kami dengan harga murah, karena tetangga begitu klaimnya. Entah bagaimana, pengerjaan fnishing malah kacau balau. Banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh para tukang. Dengar-dengar sih, si bapak itu ternyata kurang koordinasi terhadap anak buahnya, atau lebih tepat disebut kurang pengalaman? Entahlah.

Aku agak mendesak suami, agar sesegera mungkin bisa  pindah. Sudah kurang nyaman, oleh pemilih kontrakan ditanyai terus-menerus, "Kapan jadi pindah?", "Rumahnya sudah jadi kan?", "Kapan kosong rumahnya?". Meski sudah menambah masa kontrak selama sebulan, tapi batas akhirnya memang tanggal 30 Juni, sesuai perkataanku pada mereka, tanggal segitu kami sudah pindah. Akhirnya, Minggu malam tanggal 1 Juli, kami nekad bongkar muatan, pindah ke Bintaro. Hanya sempat pamitan ke beberapa tetangga saja, rasanya kurang sreg, pengennya sih pamitan ke banyak orang.

Alhamdulillah, barang-barang yang ada cukup diangkut sekali jalan oleh sebuah pick up saja. Lemari-lemari dibongkar jadi lembaran kayu, jadi irit tempat. Lagipula beberapa hari sebelumnya sudah dicicil angkut barang baik via taksi pas aku dolan kesana ataupun dengan bantuan mobil teman yang rumahnya di Bintaro. Bismillah malam itu kami pindahan, lega campur deg-degan.

Sesampainya di sana, tetap saja kaget. Lubang besar menganga di depan rumah! Olala, itu adalah galian septictank. Duh Ya Rabb, berarti kamar mandi belum beres. Orang tuaku terutama mulai kasak-kusuk. Bisa-bisanya membangun rumah tanpa mendahulukan penyelesaian kamar mandi. Meski 2 kamar di lantai satu sudah bisa ditempati, tapi tanpa kamar mandi?? Hiks akhinya MCK di rumah sebelah, yang kebetulan sudah jadi tapi belum ditempati. Rumah itu adalah milik teman suami, jadi oleh mereka kami dipersilahkan mempergunakan kamar mandi yang ada, bahkan diminta untuk menempati rumahnya sementara. Tapi tentu saja kutolak, biarlah rumah belum jadi, masih berantakan, asal bisa ditempati tidur.

Alhamdulillah, setelah seminggu tinggal di sana, seminggu MCK tidak nyaman terutama ketika anak-anak terbangun di malam hari dan minta diantar pipis atau pup, akhirnya kamar mandi sudah bisa digunakan. Meski belum ada pintunya, jadi hanya ditutup dengan kain gorden saja, untung kainnya tebal jadi tidak terlihat siluet bayangan. Bagaimana keadaan rumahku sekarang? Masih belum banyak perubahan, maklum duit sudah habis. Tidak sesuai perencanaan di atas kertas memang, yang dulu dihitung duitnya cukup, kenyataannya malah kurang banget. Sepertinya karena suami dan kontraktornya yang kurang perhitungan serius, karena harga tetangga tadi itu lho, mungkin jadinya kebablasan dari rencana awal. Wallahu'alam. Aku memang tidak banyak tahu proses pembangunan rumahnya, semua suami yang handle, jadi ya nerimo saja wis.

Hal terpenting, kami sudah punya rumah sendiri, meski hasil ngutang. Harus makin pinter atur duit biar irit nih. Teman-teman kantor yang minta makan-makan selametan, ma'af ya kapan-kapan ajaaa, secara rumah juga belum jadi dan duit habis pula hoho. Ini dia penampakan rumahnya.

Papa bergaya di depan rumah, beliau pulang ke Malang paling akhir, sendirian lagi. Saat suami dinas luar kota, beliau jadi mandor tukang dan bantu jagain cucu hehe.









Naaa...gundukan tanah itu sampe sekarang masih ada lho. Hasil galian septictank yang belum dibersihkan. Akhirnya suami memutuskan untuk menghentikan hubungan kerja dengan tetanggaku itu. Duh, jadi ga enak, moga hubungan tetanggaan tetap baik.
Sekarang hanya 2-3 tukang yang bekerja dibawah komando suami langsung, bahkan dia juga ikut terjun kerja. Berat katanya, capek semua badan.

24 komentar:

  1. Kereen, bakal rumahnya sepertinya kelak bisa menyejukkan.

    Rumah baru gak harus diselametin. Kalopun ada desakan atau sindiran, taruh itu di nomor sekian yg gak urgent :)

    BalasHapus
  2. InsyaAllah....kata papa saya, cakep rumahnya kl dah jadi hehe. skrg mikir mbayar utang dulu :D
    Bener, makanya omongan teman-teman saya cuekin, selametan ga wajib.

    BalasHapus
  3. Saatnya keluar dari zona nyaman untuk sementara waktu guna memperbesar pendapatan atau menyeimbangkan cash-flow. Banyak alternatif pilihan yg bisa dilakukan untuk itu, tinggal bagaimana jeli melihat & menangkap peluang yg lalu lalang di depan mata. Tentunya itu juga disesuaikan dg potensi diri.

    BalasHapus
  4. LIKE THIS!! Ini masih jumpalitan ngebisnis sampingan :D
    Ada saran??

    BalasHapus
  5. Kalo mbak Fatika sudah punya bisnis, wah kedengarannya sepertinya sudah bagus itu :)

    Ayo ditekuni, mbak :)
    Tinggal ubah persepsi saja, mindset-nya jangan anggap sbg bisnis sampingan; sebab kalo masih spt itu maka hasilnya akan menyamping terus / meleset dari target :)
    Tinggal tekuni bisnis yg sudah ada sekarang, sehingga menjadi bisnis utama (bukan sampingan lagi).
    Bukan berarti lantas kemudian meninggalkan pekerjaan utama (bila ada) yg sudah pasti pendapatannya. Bukan seperti itu, krn itu sama saja dg bunuh diri.

    Dengan menjadikan sbg bisnis utama itu artinya Fokus-nya ditingkatkan. Fokus artinya dikala waktu luang: susunlah goal, bikin game plan yg jelas, evaluasi kinerja, analisa SWOT, dll. Waktu luang itu diambil dengan menggantikan kegiatan2 yang dirasa kontra produktif. Sesibuk apapun pasti ada celah untuk memanfaatkan Fokus.

    Kalo nanya saran, jawaban saya:
    Tidak ada bisnis yg lebih baik. Semua bisnis itu baik kalo mampu mengendalikan Fokus.

    BalasHapus
  6. Subhanallah. Makasih banget ya masukannya :D
    InsyaAllah berguna banget....

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah....biar bisa lapang kl anak2 main pak :)

    BalasHapus
  8. mendingan nggak deh dengan tetangga... kalau udah urusan duit jadi gak bener ...tapi dulu juga orangtua saya bangun rumah setahun lebih ..kondisi hidup juga darurat....hahah inget masa kecil ..semoga diberi rezeki dan kemudahan oleh Allah

    BalasHapus
  9. semua ada waktunya kok, mb...:)
    asal sabar n bertahap...semua juga akan selesei pada akhirnya. dulu dah pernah ngalamin juga...sampe 4 tahun masih dicicil2 terus pengerjaan finishing nya...:)
    klo mau bisnis sampingan...mo nyobain jualan furniture kahhhh? #ngiklan

    BalasHapus
  10. Wuaaaaah luar biasa rumahnya besar sekaliiii
    Saya ga berani bangun lgsg 2 lantai begini krn dana terbatas, jd dipenggal 1 lantai saja dulu
    InshaAllah kl sudah beres nyaman banget, sekarang pelan2 dulu..
    Kl soal syukuran, hihihi dulu saya jg ga syukuran kok :P

    BalasHapus
  11. itu diaa...saya sudah wanti2/ngingetin suami, karena kalo ada masalah kan imbasnya ke hubungan pertetanggaan, dan akhirnya beneran kejadian :(
    saat-saat ortu membangun rumah tuk keluarga, ternyata memang banyak yang merasakan kondisi darurat ya mas xixixi. Amiin semoga mas juga diberi rezeki n kemudahan oleh Allah.

    BalasHapus
  12. sampai dulu waktu ke pak RT mau minta surat Keterangan Domisili, sempat terucap, " Ya gini bener, beli tanah dulu, kredit. Ga kaya Gayus rumah langsung milyaran." Huufff...memang semua ada waktunya :)
    eh..eh...jualan furniture...?? gmn caranya???

    BalasHapus
  13. sampai dulu waktu ke pak RT mau minta surat Keterangan Domisili, sempat terucap, " Ya gini bener, beli tanah dulu, kredit. Ga kaya Gayus rumah langsung milyaran." Huufff...memang semua ada waktunya :)
    eh..eh...jualan furniture...?? gmn caranya???

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah mbak, awalnya hitung-hitungan dana cukup ternyata tidak :( kalau boleh milih sih mending rumah ga segede ini, utang juga ga banyak hehe. Tapi sudah kejadian, yang ada sekarang harus amat sangat disyukuri kan *menerawang.

    BalasHapus
  15. gampang kok, mb...pm aja klo berminat...eheheheh

    BalasHapus
  16. Iya dong, apa yang sudah ada sekarang harus disyukuri, masih banyak yang belum mampu punya tempat berlindung. Jd gimanapun harus tetap bersyukur :)
    Mudah2an rizkinya dimudahkan untuk menyelesaikan rumah yaaaa..

    BalasHapus
  17. satusatu.. yang penting niat deh.. utang dibayar dulu.. pelan tapi pasti.. nanti juga ada uang lagi buat bagusin rumah..
    semoga lancar ya..

    BalasHapus
  18. wah sama mbak, aku juga pindah bbrp hari yg lalu. blm sempet nulis tapi... urusan rumah memang bikin kantong trepes pes.
    salam kenal yah...

    BalasHapus
  19. kelewat baca....waaa...udah jadi dan sudah pindahan
    semoga printilan kecilnya cepet beres, kerasan di rumah baru ya :)

    BalasHapus
  20. bener-bener mbak :D
    Amiiin, do'ain bisnisku jalan lancar jaya yaa....

    BalasHapus
  21. bener itu mbak, kalau rumah sih, bakalan ga selesai2 dan butuh duit terus. Mending stop dulu, bayar utang dulu.

    BalasHapus
  22. tuliiiisss biar lega hehe.
    salam kenal jugaaa :D

    BalasHapus
  23. iya mbak shan....alhamdulillah.
    Siip..insyaAllah kerasan, makasiiih :)

    BalasHapus