Senin, 22 Maret 2010

Kapan Anak Belajar Bahasa Inggris??

Terus terang, saya kagum pada anak terutama balita yang dah pinter ngeciwis ngemeng bahasa Inggris. Hebat banget gitu ya kelihatannya. Kadang mikir juga, di rumah mereka pake dwi bahasa ato emang sengaja dilatih bahasa lain selain bahasa ibu? Jaman sekarang bahasa Inggris kan dah jadi bahasa penting, mau sukses bisnis, sukses kerja, luas pergaulan, mau gak mau kudu bisa bahasa Inggris, belum lagi banyak juga tawaran pekerjaan yang mensyaratkan skill bahasa Mandarin, bahasa Jepang, nah lo!

Syifa sekarang sudah 4,5 tahun, sudah mulai kuseriusin belajarnya, sambil bermain tentunya. Ternyata dia tertarik nih sama bahasa Inggris, banyaaaaak pertanyaannya yang nanyain kalo lemari tuh bahasa Inggrisnya apa, meja, lantai, dll dia tanyain semua. Dan ternyata dia hapal tanpa aku minta dan tanpa kuharapkan, jadi seneng aja gitu. Sekarang mulai kuperkenalkan kosakata lebih banyak lagi, gak maksa kok, cuma ngenalin aja.

Sharing dong, menurut MPers gimana? Ada yang anaknya dah pinter ngeciwis English gak? Ato yang memang sengaja dikursusin?? Ada yang bilang bahwa semakin dini usia anak dalam belajar bahasa asing, maka akan mudah menguasai bahasa itu. yah, istilahnya mereka ada pada masa emas belajar bahasa. Tapi pendapat itu juga kan ada pro kontranya.  Kasian juga kalo anak sampai terbebani kan......

3 komentar:

  1. Coba baca buku dari ACI Publishing (bisa pesen di mpnya) yang judulnya Anak-anak Multibahasa, mungkin bisa jadi masukan walaupun sepertinya lebih ditujukan untuk yang ortunya beda suku bangsa.

    BalasHapus