Sabtu, 31 Juli 2010

Tiga Tahun Farah

Tanggal 15 Juli lalu alhamdulillah Farah usianya tepat 3 tahun. Tidak terasa ya, tambah besar saja, tambah jail pastinya. Pengen cerita tentang perkembangan Farah ni, sepertinya dulu sudah pernah kuceritain kalau sempet dia termasuk anak KEP alias Kekurangan Energi Protein alias kurang gizi gitu. Berat badannya sejak umur 8 bulan sudah susaaaah banget naiknya, bahkan sering berada di bawah garis merah. Saat itu aku merasa sedih dan bersalah banget, saking sibuknya sama kerjaan, sibuk sama diri sendiri, sibuk banyak kegiatan, sibuk sama kakaknya, hiks.....si Farah ini lebih banyak dipegang si mbak penjaganya yang ternyata males banget nyuapin Farah.


Untuk tumbuh kembangnya sudah banyak kemajuan, alhamdulillah. Maemnya sudah jauh lebih banyak dan lebih mudah disuapin. Farah lebih aktif bergerak ketimbang Syifa kakaknya. Dia juga lebih berani dan mandiri, lebih sering bantu-bantu emaknya, mau kalau disuruh-suruh, semangat banget malah. Badannya sih tetep imut mungil gitu, terakhir timbang BB 12,8kg dengan TB 90cm (kalo gak salah, agak lupa nih).
Untuk BAB nya yang dulu suka ngadat sampai 4-5 hari, alhamdulillah sekarang bisa 2-3 hari sudah BAB. Maem buah alhamdulillah sudah lebih mudah masuk, meski untuk sayur yaa gitu deh, butuh tipu daya haha. Ngemil juga dia udah mau, intinya semua tergantung ma usaha dan kemauan emaknya ya (ga boleh males keterusan!).

Hanya satu yang tertinggal dalam tumbuh kembangnya, bicara. Sampai saat ini Farah belum lancar bicara, belum terdengar jelas pengucapan katanya. Biasanya yang terucap hanya akhir kata saja, bagian depannya hilang, kadang hanya berupa gumaman tak jelas. Kasihan juga, sering aku dan suami tidak mengerti apa dia ceritakan. Apalagi dia berbicara panjang lebar dan bersemangat, duh suka ga ngeh akunya.
Moga-moga masalah bicara ini bisa cepat teratasi agar Farah lebih pede dalam bergaul. Amin.

5 komentar: