Jumat, 18 Februari 2011

Rokok dan Aku

Aku tahu dia. Aku kenal dia. Bahkan mungkin saat aku masih precil, kecil, mungil di dalam perut bunda. Begitu terlahir di dunia, aku sudah menghirupnya, merasai baunya.

Ternyata, sebelum menikah mamaku meminta papa berjanji untuk tidak lagi menyulutnya.
Namun janji tinggallah janji, papaku berkata " Ya, aku janji tidak akan nyulut Bentul lagi". Tapi lalu papa berkata pelan-pelan sekali, "tapi diganti Sampurna". Begitulah, maka aku makin akrab dengannya.

Teringat suatu hari, beberapa batang si putih berkepala coklat tergeletak di meja belajar. Sambil penasaran dan tengok kanan kiri aku pun mengambil sebatang. Kepala coklat kumasukkan ke mulut mungilku, heemm.....manis gimanaaa gitu. Kuhisap-hisap, lalu kuambil lagi dan lagi. Sambil sedikit merasa bersalah, aku meninggalkan beberapa batang si putih berkepala coklat yang sudah basah dan penyok-penyok ujungnya, untuk ditemukan papaku nanti siang.

Bau khas papa, antara bau asbak, asap, dan abunya. Paling geli kalau dipeluk atau dicium papa, aneh baunya. Bau yang ternyata terus kucerna hingga saat ini.

Saat remaja aku makin akrab dengannya, semua temanku suka padanya. Menyulutnya sembunyi-sembunyi di sekolah atau terang-terangan di luar sekolah. Hanya satu temanku yang tidak suka padanya, Teddy namanya. Saat mulai punya pacar, ternyata dari si Didik, Bimo, Bagus, Aryo, Hendri, Fahri, Slamet, Bejo, Paiman, Paijo (nama disamarkan) semuanya bau khas asap beracun itu.

Dan, lagi-lagi ternyata, aku pun mendapatkan suami pecinta si dia, dapat mertua juga cinta si dia. Punya adik autis kok juga ngefans banget  si dia ini, sampai suka lari keluar rumah, menggasak berbagai macam merknya dari warung sebelah untuk dipajang, dijejer di meja rumah.

Siapa tidak tau negatifnya si dia? Racunnya, penyakit akibatnya? Semua tau, tapi kura-kura dalam perahu, pura-pura tidak tahu. Sebalnya. Anak sakit batuk berhari-hari, kata dokter Widhi itu bisa jadi gara-gara si dia yang asapnya terbang melayang-layang masuk ke rumah, terhirup oleh buah hati. Suami sakit batuk, sakit pencernaan, tenggorokan sakit, selalu banyak lendir, semua pasti gara-gara dia. Tapi kok nggak kapok-kapok aja. Papaku juga, sempat kena stroke yang alhamdulillah ringan, tapi tetep bikin was-was. Sampai sekarang tetep ngebul nyulutnya.

Ah, aku sebel banget sama di dia. Bikin ketagihan orang saja. Membakarnya sama saja membakar uang dengan sia-sia. Menghirup asapnya sama saja dengan bunuh diri pelan-pelan ya. Kalau masih sayang keluarga, tinggalkan dia. Toh oleh MUI sudah dihukum haram, bukan lagi makruh. Biar saja, meski banyak alim ulama pun suka menyulutnya, bukan berarti itu boleh ditiru begitu saja.

Ingin rasanya, menikmati udara pagi, siang, sore, dan malam tanpa ada asapnya. Tanpa melihat puntungnya berceceran di mana-mana. Pliiisss dweeeh!!!!!

20 komentar:

  1. senangnya kalau udara ini bersih dari asap rokok dan juga polusi kendaraan. bapakku juga perokok hingga tahun 1977, lalu berhenti total. sekarang keluargaku bersih dari asap nikotin itu. :)

    BalasHapus
  2. berhentinya gimana pak?? bapak temanku berhenti juga gara-gara sakit melulu. Setelah stop rokokan, alhamdulllah sehat. Bapak saya sudah stroke ringan, masih aja ngebul.... :(

    BalasHapus
  3. aku jg lagi sebel sama si dia.. kemaren suamiku salah minum air kispray.. aku bilang mendingan deh, sama2 racun sama si dia, tapi kispray kan wangi.. heu..

    BalasHapus
  4. karena sakit juga. bapakku kan punya asma. setelah berhenti merokok, paling tidak, satu pencetus asma hilang sudah. *berhenti total begitu saja. aku masih ingat, waktu itu bapakku baru mencoblos di pemilu 1977. :D

    BalasHapus
  5. turut prihatin mba...
    kalau berniat berhenti merokok dari si perokoknya langsung, banyak yang bisa bantu kog mba...

    BalasHapus
  6. semoga orang-orang di sekeliling kita bisa sadar akan bahaya rokok

    BalasHapus
  7. suamiku sblm kenal ma aku jugva perokok *katanya lumayan berat*
    trus mungkin hatinya udah ngerti ga ada gunanya,jadi yah besoknya langsungberhenti total.ga pake proses lama2.cuman kadang2 kl kumpul ma temen ya ngudut sebatang.pokokny da ku warning,ga boleh ngrokok dpn aku or anaknya!

    BalasHapus
  8. sama, juga nggak suka sama rokok dan semua akibatnya tapi nggak bisa berbuat apa-apa.

    BalasHapus
  9. Hehehe.. aku sih ga ada masalah sama perokok mbak..
    walaupun bukan perokok juga.. ga menerima tamu yang merokok di rumah huehehehe

    BalasHapus
  10. wah2, kok bisa minum air kispray tho mbak??? untung gak habis segalon ya :D

    BalasHapus
  11. salut...pasti perjuangan berat. Tapi ya masa harus nunggu sakit dulu baru stop rokok hiks...

    BalasHapus
  12. iya, emang hrs niat keukeuh dr personalnya

    BalasHapus
  13. benul, harus azzam dari personalnya....

    BalasHapus
  14. Amiiiiiiiin.... dan bagi yg merokok bisa sadar untuk stop merokok.

    BalasHapus
  15. ada jg temanku yg kaya gt. Setau istrinya dia udah berhenti, ternyata blm berhenti total. Masih ngudut kadang2.

    BalasHapus
  16. pokoknya dirimu nggak nambah2i daftar para perokok gapopo wis.

    BalasHapus
  17. heleh...suamiku nggak bisa namu ke tempatmu duonk hehe

    BalasHapus
  18. udah dicobain kopi radix mba?yang secangkir 2 sachet langsung?aq kemarin nyoba hasilnya beberapa menit stlah minum lagsg mules,,pgnnya sih mules melahirkan tp ternyata mules jongkok wkwkwkwkwk,,,kl secangkir 3sachet efeknya gmn ya,,hmm kayaknya perlu dicoba nih xixixi

    BalasHapus
  19. kl lg susah BAB, kopi radix emang cara jitu haha...dijamin tokcer...
    1 sachet aja dah ngefek kok say.....palagi 2...woooww.........

    BalasHapus
  20. pernah ikut pelatihan hpa,ktny kl perokok minum kopi radix yg 2sct buat secangkir bisa mematikan syaraf yg buat merokok jd pait bg perokok,makany mrk marah2

    BalasHapus