Selasa, 01 Februari 2011

Mati Kutu

Serasa mati kutu, males banget untuk buka MP dan nulis, padahal kalau cuma nulis curhatan kan gampang yah, nyampah kata orang, meski sebenarnya ya bukan sampah juga sih. Tulisan terutama di blog (yang nulisnya -paling tidak- harus mikir dulu) apa pun itu pasti ada efeknya, bisa negatif pun bisa positif buat orang lain. Ambil positifnya aja deeeh, jadi kalau dibilang nyampah di blog aku kurang sreg aja.

Beberapa minggu ini menjadi hari-hari yang cukup berat buatku. Kenapa?? Karena aku yang membuatnya menjadi berat, karena aku lupa minta kepada Allah agar diringankan saja. Semuanya tentang mindset ternyata. Yup, cara berpikir kita sangat mempengaruhi tindakan kita, refleks kita.

Seperti yang kuceritakan sebelumnya bahwa anak-anak sedang sakit semua, lama, belum sembuh-sembuh, ditambah aku sendiripun dan suami ikutan sakit juga. Anak sakit, hal biasa bukan?? Entah sakit ringan atau berat. Namun kalau kita menghadapinya dengan stress duluan, parno, kalang kabut, apa itu bisa meringankan?? Tentu tidak. Oke, aku nggak parno-parno amat kok, aku juga nggak stres-stres amat, bener!! Kalang kabut....nggak juga deh.

Tapi entah, di sana, di dalam hatiku....rasanya capeeek banget?? (bilang aja stres :p) Belum lagi menanggapi komentar-komentar suami yang (menurutku) menjatuhkan semangat dan menyalahkan. Sampai-sampai aku bicara dengan nada agak tinggi, bilang bahwa sakit itu dari Allah, sembuh juga dari Allah, so kita usaha ngobatin dan berdoa dong. Kalaupun imun anak kurang, mungkin asupannya kurang, oke silahkan salahkan aku si ibu bekerja. It's my responsibility kan, dan resikoku mutusin tetep kerja. Tapi semuanya tetap butuh dukungan dan bantuan suami 100%.

Balik lagi ke mindset.
Saat-saat seperti ini benar-benar memerlukan penguatan ruhiyah deh. Biar kepala dan hati kita tetap adem, bisa ikhlaasssss........relaaaaaaa.......tawakkal ...........nerima dan menjalani ketentuan yang Allah kasih. Tapi nggak lembek, harus tetap tegar, berjalan tegak, menikmati sinar matahari setiap paginya. Be positif. Kalau kita ingin semuanya merasa ringan, mintalah pada Allah untuk diringankan, seberat apapun hal itu. Dan yakin pada janji Allah bahwa bersama semua kesulitan ada kemudahan.

Hal yang membuatku sering jatuh adalah, cara berpikirku yang lebay banget. Hal kecil saja seringkali menjadi hal besar, semrawut mikirnya, rumit pokoknya, lha gimana kalau kejadian hal yang bener-bener besar dan penting?? Bisa pingsan kali yak. Atau jangan-jangan malah kabur, menjadi pengecut?? Na'udzubillah.... Salut buat teman-teman yang punya anak sampai 6 orang dan masih kecil-kecil semua itu. Tangguh banget euuyy....dan tentu saja itu tidak mudah. Kuatkan ruhiyah.....teguhkan iman.....biar bisa easy going, anti stress, Subhanallah.






12 komentar:

  1. bantu peluk2 aja .... aku ya lagi stress

    BalasHapus
  2. nyalon dulu mbak...., siapa tahu jadi lebih rileks

    BalasHapus
  3. Iya mba..sumber masalah memang kebanyakan dari pikiran kita sendiri..smoga anak anak cpt sehat lagi..amiin

    BalasHapus
  4. sabar ka. namanya juga suami-istri pasti ada masalah. tapi Allah kan gak akan ngasih kita cobaan kalo kita gak sanggup ngatasinnya. lebih banyak lagi komunikasi dan coba ambil liburan ketempat yang belum pernah kalian datangi. mungkin suasana baru diluar hiruk pikuk jakarta bisa bikin fresh. mudah2an cepet selesai masalahnya ya.

    BalasHapus
  5. sini..sini....mak....pelukan erat....bawaan mo mewek aja deh, untung stok tisu di meja banyak.
    stress napa mak??

    BalasHapus
  6. pengeeeennn.........dah mupeng dari lamaaa....tp waktunya itu lho....moga2 ni wiken bisa ya.

    BalasHapus
  7. bukan hanya sumber masalah, sumber penyakit juga dari pikiran ya. Bisa gak ya menghypno diri sendiri??

    BalasHapus
  8. Ho-oh.......insyaAllah kl anak2 dah sehat smua mau berlibur kemanaa gitu, yg gak jauh2 n murmer :D

    BalasHapus
  9. Sabar mba...
    itu kata2 keluar krn emosi sesaat...
    insyaa Allah tetep banyak cinta dihatinya buat mba ^_^

    BalasHapus