Rabu, 19 Januari 2011

Sakit Berjama'ah

Akhirnya hari Minggu sore kemarin (16 Jan 2011) kami berempat pergi ke Markas Sehat. Alhamdulillah meski wiken tapi tetap menerima pasien. Pagi bisa dengan dr. Astrid, dan sore bisa dengan dr. Windhi. Kalau dr. Astrid gaya bicaranya kalem, lain dengan dr. Windhi yang tegas. Sampai-sampai Syifa bilang kalau dokternya galak dan marah-marah hehe.

Setelah diperiksa, kesimpulannya Farah batpil biasa, tapi kok dah lama banget gak sembuh-sembuh, sampai 2 mingguan lebih. Tapi tidak disarankan langsung antibiotik. Kalau mau tahu batuknya karena bakteri atau bukan harus cek darah, tapi menurut dokter dan mboknya, kasihan banget kalau Farah yang kecil mungil itu harus menghadapi jarum suntik lagi. Jadi disuruh observasi dulu sehari, kalau tetep parah batuknya baru deh ditebus tuh AB yang amoxicillin sirup kering.

Syifa lain lagi, di paru-parunya terdengar ngik-ngik kalo dia nafas, tanda penyempitan dan ada kemungkinan asma atau bisa juga batuk alergi. Apalagi dari 3 minggu batuk, muncul demam cuma sehari aja, lain dengan Farah yang demam sampai 3 harian. Memang sih, ada keturunan dari ibu mertua dan bapaknya sendiri juga alergi debu dan dingin. Kali aja nurun juga ke Syifa. Diingat-ingat lagi, batuk Syifa lebih sering di kala malam hari menjelang subuh gitu, sampai muntah saking gatel tuh tenggorokan. Untuk Syifa diresepin salbutamol aja.

Sudah seminggu setelah periksa ke Markas Sehat, kemarin (23 Jan 2011) batuknya Farah sudah mendingan, makan sudah mau dan lebih banyak. Tapi keadaan Syifa sepertinya sama saja. Batuk terus, sampai muka memerah, leher sakit, juga muntah. Semua makanan yang baru ditelannya dengan susah dan lama nyuapinnya itu keluar lagi.... Melihat Syifa makin kurus, makin terlihat tulang belulangnya di sana-sini, melihat Syifa kepayahan kala batuk mendera sampai muntah dengan muka merah dan keluar air mata. Ya Allah...kasihan bangeeet.

Seharusnya hari Minggu tanggal 23 itu waktunya kontrol ulang tapi pas gak jadi kesana, ya sudah aku sms saja dr. Windhinya. Selama seminggu terakhir ini Syifa demam 2x dan tidak ada tanda-tanda sesak nafas. Berarti bukan asma kata dr. Windhi. Kubaca-baca tentang batuk alergi, memang tidak bisa sembuh ya kalau kena terus pencetusnya. Padahal kamar sudah dibersihkan, gorden-gorden sudah dicuci, seprei sudah diganti, karpet lagi dicuci di laundry. Apalagi ya??? Kok batuknya tetep gencar.

Olala...sstt...aku menyusul batpil, pas periksakan anak-anak tuh sudah hari ketiga. dan berarti sekarang sudah hari ke 10an. Batuk sudah mereda, tinggal meleeer terus nih ingus ijo hiiy... Googling juga, ternyata ingus ijo bukan berarti infeksi bakteri, so nggak bisa juga nenggak AB sembarangan. yo wis lah aku tetep habbassauda n madu terus. Sementara suami, akhirnya kena jg batpil, sudah hari ke-5 nya nih. Dia tidak tahan dan minta kuantar ke dokter di kantor, diresepin obat yang keras, habis nenggak langsung ngantuk di kantor hoho. Eh tuh obat ketinggalan di kantor, pas wiken gak bisa diminum deh. Minta dianterin lagi ke klinik 24 jam, dikasih obat 4 macem kali. Weew.....mantabs.....hahaha. Lain suami lain aku sih yang tetep keukeuh minum herbal aja.

Jangan-jangan anak-anak gak sembuh-sembuh gara-gara virusnya ping-pong kali ya.....mana si mbaknya batpil juga dah 2 hari . Duuh.....moga-moga kami sekeluarga cepat terbebas dari batuk menyiksa deh. Ingin anak-anak kembali sehat, ceria, makan apa aja.

di sela-sela tumpukan kerjaan kantor, 24-01-11

14 komentar:

  1. Amin. semoga semuanya segera sehat ya mbak...

    BalasHapus
  2. Mudah2an sekelurga diberikan kesehatan ya. Kesian pd sakit :(

    BalasHapus
  3. Amiin...moga2 keluarga mbak sehat2 juga ya...

    BalasHapus
  4. Amiin....... iya nih, barengan gini. Moga2 keluarga mbak juga sehat slalu.

    Btw mau pesen kebaya anak2 niih...ku pm yach :D

    BalasHapus
  5. Amiin....iya, sama-sama mbak. moga keluarganya sehat saja.

    BalasHapus
  6. tika coba pake propolis. bisa buat anak2 dan orang dewasa. jadi gak kayak obat kimia. buat anak beda buat dewasa juga beda. coba baca2 lagi tentang propolis deh. aku dah pake buat batpil, luka kena minyak panas, luka kena gunting/pisau, demam, bahkan ortuku pake buat hipertensi n migrain.

    BalasHapus
  7. Duh.. sedih ya kl anak2 pada sakit semua gitu. Banyak2 makan buah mbak.. (selain jeruk ya, kt dokter puskesman, kl batuk jgn makan jeruk dulu, takut merangsang tenggorokannya malah).
    Semoga cepet sembuh ya...

    BalasHapus
  8. semoga semuanya cepet sembuh ya mba tikaaa

    BalasHapus
  9. iya, ini baru aja beli kok. Ntar mau dikasih ke anak2, moga2 mujarab ya...Amiin.

    BalasHapus
  10. Makasih infonya.....Amiin....semoga anak2 kita sehat selalu ya...

    BalasHapus
  11. Amiiin.........iya mbak......biar bulan depan bisa baca EBM dgn ceria -menanti giliran-

    BalasHapus