Sabtu, 09 Oktober 2010

Kena DBD!!

Syifa selama ini alhamdulillah jarang sakit. Kalaupun demam biasanya dalam 1-2 hari sudah normal lagi suhu badannya, itupun tanpa minum obat kimia. Hanya herba saja seperti madu dan dioles minyak but-but dan atau parutan bawang merah di badannya.

Kali ini, Syifa demam sampai 5 hari lamanya. Kuatir tentu saja, kok tidak seperti biasanya ya. Syifa merasa mual dan muntah (meski jarang), BAB encer (meski tidak diare berat), dan mengeluhkan perutnya sakit. Akhirnya semalam Syifa kami bawa ke dokter terdekat untuk diperiksa. Kaget juga, dokter bilang kalau Syifa terkena gejala tipes, penyakit terberat yang pernah dialami Syifa, batinku. Diagnosa dokter, antara DBD dan tipes, tapi dokter berpendapat kemungkinan besar gejala tipes dan menyarankan agar segera cek darah.

Deg-degan, ini kali pertama Syifa ke lab untuk tes darah. Bagaimana nanti reaksinya?? Dengan dibantu seorang perawat yang memegangi tangannya, dan saya memangku Syifa, juga memegangi tangannya, ternyata tak mampu menahan gerakan tubuh Syifa kala diambil darahnya. Dia berteriak keras, meraung, berontak! Sayang, pengambilan darah yang pertama di tangan kanan tidak cukup banyak dan harus diambil lagi di tangan sebelah kiri...ya Allah!! Akhirnya suami tergopoh-gopoh datang, mendengar teriakan Syifa, Ternyata dia tadi tidak sadar kalau saya dan Syifa sudah masuk ke dalam. Kali ini suami yang memegangi tangan Syifa, saya berjongkok di depannya sambil membesarkan hatinya. Ya Rabb...melihat wajah Syifa yang meringis menahan sakit sungguhlah mengiris hati. Dia masih saja berteriak kalau dia tidak mau disuntik, tapi sudah lebih pasrah, tidak bergerak, dan mampu menahan sakit.

Alhamdulillah, pengambilan darah sudah selesai dilakukan dan kami pun pulang. Kira-kira satu jam kemudian telepon masuk di hape saya, dan ternyata dari pih ak lab yang mengatakan agar hasil pemeriksaan tadi segera diambil karena Syifa positif DBD!! Ya Allah...hati ini kebat-kebit rasanya. Segera suami berangkat, mengambil hasil tes darah dan mampir ke dokter 24 jam untuk konsul hasil tes tersebut. Kata dokter trombositnya turun sampai 188.000, dan kalau sampai 150.000 maka harus rawat inap. Untuk saat ini beliau menyarankan agar diperbanyak asupan cairan dan cukup istirahat di rumah saja, asal demamnya bisa diatasi dan terus dipantau.

Hari ini mau hunting sari kurma yang bisa menaikkan jumlah trombosit, selain itu juga menyiapkan rebusan air daun jambu. Do'akan Syifa segera sembuh ya......

23 komentar:

  1. Cepet sembuh ya kakak syifa, betul mba, kasi sari kurma dan pantau terus demamnya.

    BalasHapus
  2. semoga syifa segera sembuh ya mba. iya, obat DBD sebenernya cuma perbanyak asupan cairan, cairan dan cairan. klo syifa msh doyan makan, perbanyak asupan buah dan sayuran segar jg utk memperkuat imunitas tubuhnya :)

    BalasHapus
  3. Smoga cepet sembuh ya. Aku dpt di milis katanya jus daun pepaya jg bs naikin trombosit.

    Cara membuat Juice tersebut:
    ♣ 2 helai daun pepaya dibersihkan, ditumbuk dan diperas dengan saringan kain
    ♣ Akan didapatkan 1 sendok makan per helai daun
    ♣ Takarannya 2 sendok makan 1 kali sehari
    ♣ Daun jangan dimasak, direbus atau dicuci dengan air panas karena khasiatnya akan hilang
    ♣ Ingat: hanya daunnya saja, bukan batangnya atau getahnya.
    ♣ Rasanya memang pahit sekali, tetapi tetap harus diminum. Pengalaman lain tentang juice daun pepaya mentah ini didapat oleh seseorang dengan kondisi yang sangat parah.

    BalasHapus
  4. moga cepet sembuh ya.. aku dulu waktu DB minum air angkak mba
    cari aja angkak di toko obat cina satu bungkus direbus 2 liter air dan airnya nanti diminum harus lngsung habis hari itu juga jangan di inap.. airnya nanti berwarna merah.. aku cuma dirawat 2 hari, cepet naik trombositnya dan cepet pulih.moga membantu

    BalasHapus
  5. Iya, sari kurma bisa dipakai sebagai obat untuk naikin trombosit, cepet sembuh ya Syifa...

    BalasHapus
  6. Sabar ya mbk.. ujian penyakit dan kesembuhan dtg nya dari Allah..Syafakiilah Syifa.

    BalasHapus
  7. Duh semoga cepat sembuh ya syifa

    BalasHapus
  8. wah DB sekarang macam macam ya mbak.. waktu cindai DB, panas sampe 5 hari, dia gak kayak gejala DB kayak umumnya, masih riang ria ceria gitu, bisa loncat loncat di kasur, jerit jerit buka kado (emang pas deket hari ulang tahun). Jadi aku santai aja, kan aturannya baru boleh agak tegang kalau anaknya lemes...kalau masih aktif dan mau makan sih tenang aja...

    tapi dasar feeling ibu, hari ke 5 itu keukeuh bawa dia ke lab, gak pake pengantar dokter. Minta HR1 aja, cek hematologi rutin. bener aja leukosit tunggi, hematokrit tinggi, dan trombosit udah 111.000... huaaaaaa...

    cepat sembuh ya syifa...syafakillah ya syifa....

    BalasHapus
  9. Semoga Syifa cepat sembuh ya... Bundanya juga harus tetap kuat dan semangat!

    BalasHapus
  10. syafakillah ya syifa..iya betul sari kurma bs menaikkan trombosit ditambah angkak *pengalaman merawat saudara yg dbd..

    BalasHapus
  11. bener mba tika kata dokternya, banyakin minum air putih. Jadi keinget temenku yg diopname krn DBD dan karena ga betah di RS akhirnya dia memilih minum aqua sampe 1 liter lebih dan trombositnya langsung naik walo pun akhirnya jd beser mulu..

    cepet sembuh ya Syifaa.... banyak minum ya sayang...

    BalasHapus
  12. Cepet sembuh ya syifa. Bunda syifa juga jaga kesehatan ya...

    BalasHapus
  13. Semoga cepet sembuh ya syifa :)

    BalasHapus
  14. Cepet sembuh kaka syifa......... amiiiiiiiiiiennnnnnnnn

    BalasHapus
  15. semoga dipermudah semuanya, ya...

    BalasHapus
  16. Semoga Syifa cepat sembuh ya bunda...

    BalasHapus
  17. cepet sembuh ya mba syifa... pake buah angkak mba... insyaalloh cepet naikkan trombosit.

    BalasHapus
  18. syafakillah dek syifa...mba tika yg sabar ya..

    BalasHapus