Selasa, 05 Oktober 2010

Asuransi

Siapa yang punya asuransi??? Ngacuuuung............!!
Asuransi apa yang dimiliki mak2, bun2, mbak2, pak2 MP tercinta?? Kalau saya selama ini cuma punya 2 asuransi pendidikan buat Syifa dan Farah, keduanya dari Bumiputera. Punya Syifa yang syari'ah jadi per triwulannya murah, sedangkan punya Farah yang konvensional jadi mahalan. Sebenarnya punya asuransi pendidikan kaya gini untuk jaman sekarang dan yang akan datang cuma buat tambal-tambal dikit kali ya.... Secara inflasi yang akan terus terjadi apalagi 10 atau 15 tahun yang akan datang, kira-kira tuh duit asuransi kan jadi kecil artinya. Biaya masuk kuliah anak-anak nanti kira-kira berapa jeti yaa??? *mikiiiir....ngebayangin....bergidik*

Asuransi syari'ah yang punya Syifa dah setahun ini ngadat, gak pernah ada kuitansi resminya nyampe di Majene. Kata agenku ada sedikit problem, tapi gak usah kuatir. Gak tau kenapa, aku jadi maleeesss. Katanya yang syari'ah emang rada susah jalannya (napa coba?) kalo yang konvensional mah lancar jaya (apa karena lebih nguntungin ya?).

Beberapa hari yang lalu, aku ngobrol-ngobrol sama suami. Ngomongin tentang kondisi keuangan keluarga yang harus benar-benar dibenahi prioritasnya. Seperti layaknya keluarga lain, pasti pengen juga punya home sweet home, apalagi di kampung halaman, deket ma ortu. Untuk dapat mewujudkannya sebenarnya bisa dengan jalan kredit bank, tapiiiiiiiii aku dan suami sepakat gak milih jalan ini. Selain bunganya yang bikin sakit hatiiiii *gak rela...gak rela...-dangdutdotkom-* dan statusnya yang haram itu, menurutku kalau minjem bank tuh berat bebannya, kan lama tuh bayarnya, bisa 10 sampai 20 tahun huhuhu.

Jadi akhirnya kami sepakat untuk benar-benar belajar hemat *plaaaak...pdahal habis menang lelang sana-sini*. Diitung-itung, dikurang sana-sini, jadilah wajib setor tabungan untuk rumah atau tanah sekian rupiah. Biar deh meski mampu belinya entah kapan, yang penting pede ngumpulin dulu.

Balik lagi ke masalah asuransi nih, suamiku yang sejak dari awal kurang setuju aku ikut asuransi akhirnya memintaku untuk stop bayar premi asuransi yang konvensional punya Farah. Katanya lebih oke kalo uang itu tetep dikumpul tapi ntar dibeliin dinar emas aja, gak ngaruh ma inflasi sampai kapanpun. Heem....bener juga sih!! Aku juga tertarik banget dengan tabungan dinar dan kami nanya-nanya ke mbah google.

Sekarang nih yang mau kutanyain ke warga MPers....Ada tidak yang punya pengalaman berhenti asuransi di tengah jalan?? Punyaku ini baru jalan dua tahun kayanya. Uang yang kemarin disetor bakal balik lagi gak? Aku males nanya ke agenku, pasti dia nebar racun supaya aku gak stop bayar premi kan ya... Please sharingnya ya.....tengkyuuuu.

27 komentar:

  1. coba ke dinalunardi.mp mba..kayanya dia pernah stop unitlinknya deh :)

    hth yaaa

    BalasHapus
  2. ikut numpang denger ya mbak...
    suami juga pengen nutup asuransi kami.

    BalasHapus
  3. ngacung mak... anak2 pake dari prudential, suami pake allianz...

    BalasHapus
  4. kalo aku...manulife tapi lewat bank, semacam tabungan berjangka gitu (asuransi bukan tuh???)...aku juga masih pikir2 mau bikin asuransi lagi sih bun tapi blom pengalaman...nih kok bunda fatika mo berhenti??numpang belajar ya..thanks ^^

    BalasHapus
  5. daku dan suami masing2 ada prudential, dan dhanik sejak 6 bulan juga langsung kami bikinin prudential ..

    emang sih... tiap bulan berasa deh tuh gaji kepotong lumayan gede buat asuransi :( tapi kami udah sempat rasakan manfaatnya juga.. krn kebetulan ambil yg paket hospital, pas kmrn dhanik harus rawat inap, smua ditanggung asuransi :) kita cuma keluar 7500 buat bayar materai ... hihihi... (suami gak kantoran, sementara kantorku yg wanita cuma bisa nanggung diri pribadi aja, gak cover buat suami/anak)

    jadi, sementara ini, mumpung masih bisa, asuransi bakalan tetap kami teruskan ...

    BalasHapus
  6. hehe gpp kok, kan gratis bacanya hihi

    BalasHapus
  7. silakan.....gratis kok hehe...
    ntar sharing ya prosesnya...

    BalasHapus
  8. yang suami punya asuransi jiwa ya?? bagus gak?

    BalasHapus
  9. belajar sama2 yooo hehe....kmrn mikirnya kl mau ambil asuransi ya buat suami aja, secara tiap hari kerja motoran gitu....ada resiko juga kan..tp gak tau jadi apa nggak nanti.

    BalasHapus
  10. asuransi kesehatan smua kl gitu ya mbak....
    aku kadang kepikiran juga tuh, ongkos sakit di jakarta kan mahal ya.....moga2 kita semua sehat2 aja deh.

    BalasHapus
  11. Uhm... Ngga punya asuransi, mba. Huahahaha... Nekad ya :p

    Kakakku pernah berhenti asuransi. Alhasilnyanya kepotong banyak deh, soalnya dihentikan sebelum waktunya jatuh tempo...

    BalasHapus
  12. nekat?? nggak juga....yg penting ada tabungan hehe
    naa..itu dia...kekna bakal kepotong ya.......

    BalasHapus
  13. He eh banget.... Kepotongnya lumayan gede pula...

    BalasHapus
  14. acuuung. Hubbyku punya beberapa asuransi salah satunya asuransi pendidikan. Smuanya pake asuransi syariah. Utk asuransi pendidikan kami memilih secara triwulanan.
    Untuk pendidikan, emang sih kl dipikir2 jika beberapa tahun mendatang rasanya cuman cukup untuk menambal-nambal biaya aja, tapi itu bisa diakali dg premi yg lebih besar, artinya kita membuat prediksi brp thn mendatang bila anak kita sekolah by sekolahnya brp, shg bs diantisipasi. Dan yg lebih penting lagi, adanya "pengcoveran" bagi pemegang polis. Walaupun pastinya ga ada yg menginginkan hal buruk terjadi.

    Kl penutupan sblm jatuh tempo, akan ada yg dipotong (sbg by administrasi selama kepesertaan). Dan setauku sih, potongan akan lebih besar di konvensional daripada di syariah.

    BalasHapus
  15. asuransi kalo bhenti tengah jalan, kita trima uangnya cuma 40% saja hehee..
    saran sih bisa ikut reksadana atau lm...

    BalasHapus
  16. lanjut sharing ya mbak...
    kebetulan ikut prudens syariah juga yg. Td nanya ma suami jadi klo mau berhenti yang di dapat bukan sejumlah yang kita setorkan. Klo mau gampangnya bisa dilihat di laporan bulanan yg dikirim ke kita. Jadi semacam saldo kita. Nah untuk yg asuransi unit link, biasanya ROI baru 5 thn...
    untuk ngurusnya bs menghubungi agennya atau datang langsung ke kantor asuransinya

    BalasHapus
  17. heem.....nyoba diskusi lg ma suami deh.

    BalasHapus
  18. emang enakan yg syariah yah...gak semahal konvensional. Itu dia, aku mikirnya juga gitu...tp suami maunya lain....jadi...........

    BalasHapus
  19. huhuhu cuma 40% yaaaaaaa.....thx infonyaaa.

    BalasHapus
  20. thx yah bun sharingnya... nambah ilmu nih :)

    BalasHapus
  21. nyimak dlu y mbak, ikut asurasi alianz di kantor suami tp masih buta ttg asuransi nii.. scra msh b-2 xixixi

    tfs info2na..

    BalasHapus
  22. yups.. jadi yg diterima adalah : saldo tabungan (yg disetor-byadm+bagihasil).

    Kalo mo nutup enak dateng lgs ke kantornya mba soalnya kalo lewat agen yaaa agennya bakal usaha biar ga ditutup.. :D

    BalasHapus
  23. @kaos : aq jg ga ngeh kok. Pgn tau lbh byk jg krn ada aja agen dr mcm2 asuransi nawarin ini itu.

    BalasHapus
  24. @zaafaran : gt ya, thx infox. Di majene kota kcl se, ke kntrx ya ktm agen yg itu haha.

    BalasHapus
  25. Aku ga punya asuransi mba.
    Buat depin aku lbh milih lm n sekarang lg nyoba rd (aku beli yg syariah).
    Tp sekarang lg mikir ambil asuransi jiwa berjangka buat cover resiko kalo ada apa2 dg kami.

    Eh, tp papah punya asuransi pendidikan bumiputra deng. Kecil sih cuma 50rban/bln. Gara2 ga enak ati ma agennya :-)

    BalasHapus
  26. iya mak, lm kekna lbh sip yah, aku juga tertarik. Kalo rd aku males belajar seluk beluknya hehe. Eh, yg punya bumiputera yg syariah bukan?kok murah ya....

    BalasHapus