Minggu, 17 Oktober 2010

[Random Snippets-AIR] Takuuut...!!

Gantungkan cita-citamu setinggi langit.

Sering baca kalimat ini sewaktu SD, tertempel di tembok-tembok kelas. Ada satu cita-citaku yang belum kesampaian sampai sekarang, hanya baru tergantung aja di langit. Apa itu?? Berhubungan dengan air yang pasti, biasanya suka membuat aku susah nafas, merem melek mengusap muka, dan tersedak, gelagepan kata orang Jawa. Ya..ya..ya...tebakan Anda benar (emang tadi nebak gak?), saya bercita-cita ingin bisa BERENANG!!!!! Eiits....jangan mesam-mesem apalagi ketawa ngikik ya, saya memang sudah emak-emak, punya anak, cantik pulak -apa hubungannya?-, tapi saya pengeeeen sekali bisa berenang. Gaya apa saja deh, mau gaya kupu-kupu, gaya dada, gaya punggung, gaya katak, asal bukan gaya batu *ini mah langsung tenggelam*.

Jaman dahulu kala ketika tuan putri (baca : aku) masih kecil, seperti anak-anak lainnya suka main air, suka berendam meski cuma di bak mandi. Asli lho, dulu pas SD diam-diam tanpa sepengetahuan orang tua, aku berlama-lama mandinya, padahal aku masuk ke dalam bak mandi. Dulu rumah orang tuaku mungil, bak mandinya juga mungil. Aku membayangkan diriku sebagai seorang putri yang lagi berendam wewangian. Asyik banget sampai Mama ngetok-ngetok pintu kamar mandi sambil teriak-teriak, takut ada something wrong padaku. Ketagihan ceritanya, besoknya aku ngajak adikku yang juga cewek dan hanya terpaut 3 tahun untuk sama-sama menikmati berendam di bak mandi ala putri. Besok-besoknya lagi aku malah ngajakin tetanggaku berendam bertiga sampai lamaaaa banget. Kebayang kan tuh air mandi jadi terkontaminasi hahaha, akhirnya kami dimarahi Mama deh.

Orang tuaku jaraaang banget mengajak aku ke kolam renang, apalagi ke laut, jauuh itu sih. Hanya sekali dua kali saja, sehingga aku kurang akrab dengan air. Sewaktu mandi keramas saja sudah teriak-teriak kalau disiram air di kepala hehe. Jaman SMP juga gak pernah belajar renang, ingin sih, tapi gak ada ekskulnya jadi yah gak kepikiran juga. Nah, pas jaman SMU nih ada praktek olahraga berenang. Ampun, kaget banget, ngeri, jantungan, deg-degan, keringetan, takuuuut -lebay-. Mau nggak mau harus berlatih akhirnya, sekali seminggu sudah bagus banget, tapi tetep saja nggak mahir-mahir. Cuma bisa maju 2 meteran trus glek..glek...minum air kolam yang terkontaminasi itu huueeekk.......

Pernah juga hampir tenggelam, alhamdulillah ditolong mas-mas yang duduk di pinggir kolam. Sampai sekarang nih, aku masih gelagepan kalo main air sama suami trus tiba-tiba dia nyiram air ke kepalaku. Langsung deh aku teriak sambil merem dan nahan nafas, kalap mencari handuk untuk melap mukaku. Dan....ternyata kedua anakku juga begitu, suka main air tapi takut air -sigh-. Maka cita-cita nambah lagi, tidak hanya ingin agar aku bisa berenang tapi juga ingin agar Syifa dan Farah juga bisa berenang.



Apalagi Rasulullah menyunahkan agar kita mengajari anak-anak kita untuk berenang, selain memanah dan naik kuda. Jadi berenang itu pasti bermanfaat banget kan ya, selain untuk kesehatan, juga sebagai skill kita pribadi. Bukan tidak mungkin takdir membawa kita ke daerah yang berair dan tentunya memerlukan keahlian berenang. Contohnya aku nih, yang lulus SMU tiba-tiba harus kuliah ke pulau Sulawesi, nyebrang laut nih ceritanya, naik kapal pula. Kebayang kan ngerinya, kalau sampai ada musibah trus akunya nggak bisa berenang huhuhu. Komat-kamit berdo'a terus jadinya sewaktu di atas kapal, pengen selamat, pengen cepet sampai tujuan.

Alhamdulillah suami bisa berenang, jadi ada pelatih gratisan dong ah *ibu teladan suka yang gratisan haha*. Rencana kemarin mumpung ada di Jakarta, pengen banget ngajak anak-anak ke Waterboom, duuh sampai ngimpi-ngimpi lho. Bahkan aku sudah beli satu setel pakaian renang muslimah, yang sayangnya sampai sekarang masih terlipat rapi di dalam lemari. Belum kesampaian nih sampai hari ini untuk belajar renang dan untuk mengakrabkan air kepada anak-anak.

InsyaAllah nanti kalau aku sudah resmi pindah Jakarta beserta anak-anak, bisa kumpul lagi dengan suami, sudah menetap di Jakarta, rencananya mau rutin sebulan berapa kali gitu pergi ke kolam renang, berusaha untuk meraih cita-citaku tersebut.

*****
Ditulis untuk meramaikan lombanya mbak Vina di http://revinaoctavianitadr.multiply.com/journal/item/348

6 komentar:

  1. sama...aku juga pengen belajar renang

    BalasHapus
  2. Ayoooo, semangaaat!
    Kalau begini aku jadi bersyukur di sekolah nggak ada pelajaran renang. Bagus sih, jadi dipaksa buat bisa, tapi males juga kalau ketahuan takut-takutnya :D.

    BalasHapus
  3. asli ngeri kalo disuruh nekat nyemplung, kalo cuma berendam sih asyik hehe.

    BalasHapus