Jumat, 08 Oktober 2010

No More Facebook Anymore Sweetheart

Sebenarnya permintaan suami yang satu ini sudah dia utarakan sejak lama. Namun, saya sebagai istrinya yang ndablek. Seperti biasanya kalau ada hal yang dia minta tapi bagi saya belum jelas mengapa dan bagaimananya, saya kemungkinan besar belum ikhlas melaksanakannya. Ini salah satu sebab terkadang suami sampai menyebut saya susah diatur, ya...karena banyak ngeyel dan ndablek itu.

Sebenarnya permintaannya kali ini bukan hal besar sih, DILARANG FACEBOOKAN!! Itu aja. Tapi saya nggak ngeh (atau oon ya?) kenapa sih pake nglarang-nglarang segala. Masa sih gitu aja cemburu........!!! Heran juga awalnya, tentang reaksi suami yang nggak suka kalau status saya penuh dengan komen para pria. Yup, hampir selalu komen-komen pada update-an status itu berasal dari teman-teman berjenis kelamin laki-laki. Entah itu teman SD, SMP, SMA, kuliah, atau teman kantor.

Berlebihankah?? Awalnya saya merasa demikian, tapi kalau dipikir-pikir dan saya mencoba menempatkan diri saya di posisinya.....heemmm..........sepertinya saya juga akan merasakan hal yang sama seperti yang dia rasa, bisa jadi sebel, penasaran dengan teman-teman yang komen itu, bahkan cemburu kalau komennya terkesan akrab banget bahkan mungkin sedikit lebay. Ya..ya..ya...saya mulai bisa memahaminya. Dan mengapa saya harus merasa terkekang? Bukankah ini sebagai bukti cinta dia pada saya?! Bukankah ini sebagai bukti aplikasi tanggung jawabnya sebagai suami yang mengingatkan akan batas-batas pergaulan -even di dunia maya- bagi seorang wanita muslimah seperti saya?!

Dan jauh di dalam lubuk hati saya, saya mengakui, ada kalanya berbalas komen dengan teman-teman pria di FB hanya membuang waktu saja dan tidak bermanfaat. Apalagi saya memang termasuk orang yang ekstrovert, lincah, ceriwis, rame, di dunia nyata maupun maya. Maka jangan heran kalo saya bisa betah berbalas komen di FB, bergurau dan sok akrab, yang mana akan membuat suami sebel hehe.

Tidak dipungkiri memang, ada manfaat dari FB, tentu saja. Dan teman saya di FB tidak melulu pria kok, banyak teman wanita juga lah. Dan sharing banyak dengan mereka juga banyak manfaatnya. Hanya saja mungkin suami melihat selama ini lebih banyak tebar komen dengan teman-teman pria. Lebih baik ngeMPi saja daripada FB, kata suami. Lebih bermanfaat ngeMPi daripada FB, kesimpulan suami. 

Dan permintaannya ini lagi-lagi dia sampaikan beberapa hari yang lalu, ketika seorang teman kantor mengirimi saya sebuah pesan. Wah....padahal saya baru saja merintis usaha jualan Daster Bordir Malang di FB. Hehe gimana ya.................. Saran suami biar adik saya yang menjalan usaha itu, seperti kesepakatan semula bahwa memang usaha itu untuk ditekuni adik. Tapi karena jumlah kontak saya yang lebih banyak dan kemudahan akses internet yang lebih mudah, maka selama ini sayalah yang sering ngiklan di FB. Dan tentu saja akhirnya berbalas komen dengan teman-teman pria yang ada saja cuma sekedar iseng komen di promosi-promosi saya.

So..............

26 komentar:

  1. Klo aku sih tanpa dilarang sudah males di FB. Manfaat MP lbh banyak. Mulai dr tukeran resep sampai dg share ttg polah tingkah n perkembangan anak :) nurutin suami berpahala klo ngeyel gak ada pahalanya hihihihi...

    BalasHapus
  2. atau gini aja.. toh sama aja dirimu akan nutup FB ... mending id yg skrg ditutup, buka id baru yg khusus buat dagang ...

    emang sih, kudu add2 lagi ... tp paling nggak kan gak bakalan banyak makhluk laki2nya hihihi... jd kemudahan akses internetnya tetap terpakai untuk hal yg positif... coba rundingan ama suami.

    terus terang jualan di FB emang lebih banyak responnya. promo lebih gampang drpd di MP. Tapi musti siap jg sama karakter pembeli2 yg beda banget dgn di MP, buyer di FB lebih gahar2 hahaaha.... just my two cents

    BalasHapus
  3. Salam kenal ya mba..
    Susah juga ya mba klo suami sdh mulai tidak percaya. Diajak ngomong kalau fb untuk promosi jualan daster malang-nya ngak mempan?
    Mungkin kalo berbalas komen ngak usah kepanjangan x mb..

    BalasHapus
  4. sebenernya aku dah jarang FBan kok....akhir2 ini aja sering buka2 lagi, ditambah lagi baru jualan. Iya mak....gak dapet pahala nih kl ngeyel mulu :(

    BalasHapus
  5. Buat I started to falling in love with MP

    BalasHapus
  6. kepikiran gitu juga seh, nge-add2 lagi, males juga hehe. Kalo tetep pake id yg skrg tp no more silly comment gimana ya?*mikir ndiri*

    iya di FB lbh byk respon, baru beberapa minggu jualan dah nemu pembeli yg gimana gitu dan atensi dr bukan kontak yg bikin surprise juga.

    BalasHapus
  7. kalo temenku mba,kesepakatan dgn suaminya, ia cuma blh add tmn perempuan aja di fb,jd ga ada kontak cowok sm skali..mgkn bs diikuti,apalagi kl jual onlen lebih laku di fb sih drpd buka di mp...

    BalasHapus
  8. Soo.. Msh fesbukan ga say?;)
    hidup MP ! :D

    BalasHapus
  9. kmrn kata suami sih agar masalah jualan serahin total aja ma adik gitu. saya sih gak panjang2 bales komennya tp biasa guyonan gitu.
    salam kenal juga :)

    BalasHapus
  10. iya nih. ada kontakku di FB, statusnya pengumuman kl id FBnya khusus untuk perempuan, laki-laki dilarang join. Dia bikin 2 id, yg satunya semua boleh jadi kontak.

    BalasHapus
  11. ni hari masih buka...lha ada yg beli dasterku siih hihi....

    BalasHapus
  12. aku sih mau di fb, mau di twitter, mau di LinkedIn, suamiku cuek aja..hiihi...soalnya temen temen kita sama, dan kalopun ada yang beda, yah udah biasa aja kali..

    omzetku jauh lebih besar di fb dan twitter soalnya.. dan temen temen dunia nyataku juga banyak di fb dan twitter...

    BalasHapus
  13. Hehehehe aku jg sempet deactivate,soalnya ngerasa jd ajang mamer tmn+kehidupan..suami sih ga pernah complain,tp aku yg complain knp dia ga balesin wall post ku :p
    Akhir2 ini baru activate lg soalnya penting jg sih jdnya buat berhubungan+nambah connection dlm industri jd mau ga mau maen fb lg hehehe..

    BalasHapus
  14. setuju dgn mratriani = buka baru, add yg cewek aja :) hehe

    BalasHapus
  15. add mak2 MP aja mba Tikaa....
    FB ku ya isinya itu lagi itu lagiii... ga jauh dr tetangga di MP, juaraaaang bgt ada cwo yg ikutan komen soalnya berasa masuk ke sarang penyamun kali yeeee.... :D

    BalasHapus
  16. Dicuekin aja toh mba komennya, gak usah dibales! Ntar lama2 jg bosen!

    BalasHapus
  17. wah twitter juga mbak ? daku belom merambah twitter nih

    BalasHapus
  18. Mungkin karena lagi jauhan juga ya, jadi justru kepantau terus fbnya oleh suami. Langkah pertama mungkin tahan diri aja ya untuk kasih tanggapan yang terlalu akrab. Kali aja seiring berjalannya waktu suami bisa lihat sendiri perubahan itu.

    BalasHapus
  19. bisa suggest dari FB yg lama kok mak ... nah bisa pilih kan yg laki2 gak usah disuggest .. hihihi

    BalasHapus
  20. aku n suami lg LDL bun...mkx jd sensi kali ya...
    eh..eh...jualan apa?? kue2 ya??mauuuuuuu

    BalasHapus
  21. Suamiku jg gitu bunda.. Tp kesepakatan bersama adl hindari mngungkapkan pribadi di dunia maya, baik MP/FB.
    Makanya utk FB hanya bahas ASi melulu hehe nahh yg lg susah di MP nih.. Soalnya klo liat mak2 MP kok seru bgt dg real life-nya.. Tp melihat cyber crime yg mulai tinggi, aku mau memfokuskan MP sbg ladang dakwah ASI jg nihh..hehe.. Thats my opinion..

    BalasHapus