Kamis, 12 Mei 2011

Jodoh Untuk Adikku

Setelah lamaaaa hanya tercatat sebagai angan, sekarang dengan harapan ini akan menjadi wasilah bin sarana kebaikan, entah dari do'a-do'a teman-teman MP semua, atau malah jangan-jangan langsung mendapat respon tawaran perkenalan, maka cerita ini akan kubagi.

Blogku ini isinya narsis. Dari awal sampai akhir ngemengin tentang diriku dan (sedikit) tentang keluarga kecilku saja. Meski selalu terpikir untuk berbagi cerita tentang keluarga besar, selalu saja tidak terlaksana. Ada saja ganjalan di sana. Ganjalan tidak enak dan kurang nyaman tentu saja. Terutama saat akan menceritakan tentang ibundaku tercinta, tentang hubungannya dengan sisi psikologiku saat ini, tentang hubungannya dengan kelabilan emosiku, dan lain-lain. Namun kali ini, ingin sekali rasanya berbagi cerita tentang adik perempuanku, yang terpaut hanya 3 tahun dariku, Ratih nama panggilannya.

Dia lulusan Universitas Negeri Malang jurusan Matematika. Benerapa kali daftar PNS tapi gagal melulu, belum rejeki lah. Malah sekarang ada yang nawarin masuk PNS dengan modal puluhan juta, dan sayangnya ibundaku tertarik. Alhamdulillah adikku tetep bertahan, nggak mau, nggak barokah kan ya.... Semoga mama berubah pikiran, nggak nekat pinjem uang bank buat nyogok masuk PNS. Kerja selain PNS yang penting halal kan lebih bagus ya. Apalagi sabda Rasulullah, " 9 Dari 10 Pintu Rejeki Adalah Berdagang". Mending banting setir aja, berdagang aja, wiraswasta aja. Udah mulai nyemangati dia untuk jualan on line, berbekal laptop punya suamiku dan modem second beli di temennya. Oya, dia nggak nganggur kok. Alhamdulillah, ada kerjaan. Buka les privat Matematika di rumah, muridnya anak-anak SD sampai SMU, lumayanlah duitnya. Selain itu baru-baru ini dia dapet kerja jadi shadownya anak autis. Adik bungsuku kan autis, karena Ratih dah biasa jagain Yoga, jadi dapat tawaran kerja dari yayasan tempat Yoga sekolah.

Si Ratih ini bookacholic, deretan buku koleksinya memenuhi kamar, kebanyakan buku-buku fiksi yang aneh-aneh, lucu, unik. Dia berbeda dariku. Kalau aku banyak teman, anak gaul (dulunya.... ehem-ehem), narsis, suka diperhatikan, banyak teman cowok....Naaa, kalau adikku ini kebalikannya, dia temannya itu-itu saja yang cocok dan jadi gengnya, kurang gaul, gak narsis-narsis banget, sedikit teman cowoknya. Pacar??? Jarang banget, bahkan beberapa tahun terakhir ini dia berpredikat sebagai jojoba -jomblo2 bahagia- . Dia orangnya cuek, lumayan keras juga sih. Alhamdulillah meski di keluargaku tiak pernah orang tua menyuruh anaknya sholat, dari dulu dia rajin sholat, mengaji, dan dia gadis baik-baik, unik menurutku.

Nah, ceritanya nih, saat ini dia lagi gundah gulana. Tanya kenapa?? Karena si mama sedang menerornya tentang pernikahan. Kalau dulu bicaranya dengan santai, sembari guyon, sekarang sudah tidak lagi. Sangar, marah, sebel, agak histeris, menyuruh adikku cepat-cepat menikah. Duh, kan jodoh gak segampang beli baju ya. Tinggal pilih, bayar, bawa pulang. Kenapa mama jadi mendesak? Mungkin karena semua saudara sepupu yang seumuran dengan adikku, bahkan di bawahnya, sudah menikah satu per satu. Membuat mama makin sewot dengan pertanyaan " Kapan giliran Ratih?". Selain itu, tetangga kanan kiri rumah, anak-anaknya juga udah menikah, satu per satu, cuma adikku yang belum.

Hiks.....kasihan Ratih, tertekan dengan desakan mama yang kurang sabar. Apalagi mama mulai ngomel-ngomel dengan emosi, menyalahkan adikku yang menurutnya kurang gaul, kurang ramah dll, dsb. Memang pembawaannya begitu, mau gimana lagi? Dia bisa kok akrab sama orang, tapi memang tidak bisa berpura-pura. Apalagi untuk berpura-pura ramah dan akrab kepada orang lain, apalagi cowok yang menurutnya tidak sreg, yang sengaja dicarikan mama dan papa. Umurnya juga baru 25 tahun bulan Juli nanti. Aku yakin, ada seseorang di luar sana yang insyaAllah kelak akan jadi jodoh adiiku ini. Mungkin perlu usaha lebih untuk menemukannya, mungkin juga tidak. Semua kembali pada Allah.

Kalau dia pribadi, dia menurut, mau saja calonnya dicarikan. Memang dia gak minat pacaran, katanya buang-buang waktu dan tenaga haha. Maunya dia kalau bisa dipertemukan seseorang yang cocok, gak usah pacaran, bismillah langsung nikah begitu. Jadilah sekarang mama terus berusaha mencarikan, aku juga tentunya. Semoga bisa mendapatkan seorang lelaki sholeh, yang niat menikah, dan bisa mengimami adikku.

Dengan berbagi cerita ini, siapa tau, ada yang bisa membantu. Minimal bantu do'a ya . Semoga mama bisa lebih sabar, tetep ikhtiar, lalu bertawakkal, mengembalikan semuanya pada ketentuan Allah. Semoga mama tidak makin stres dan membuat Ratih stres juga jadinya. Kasihan papa yang jadi penengah, yang curhatnya ke aku, sampai aku mewek-mewek. Duh.....semoga dimudahkan semuanya.

Oya ini dia foto adikku bulan Januari lalu, saat menghadiri acara resepsi saudara sepupu di TMII.







20 komentar:

  1. waa sama kyk mamaku sukanya maksain biar anaknya cepet2 nikah hihi
    semoga ratih segera dapet jodoh yang terbaik buatnya dimata Allah. amiin :)

    BalasHapus
  2. jodoh itu sulit ditebak ^_^
    smoga adiknya mendapat jodoh yang terbaik...amiin...

    BalasHapus
  3. hehhehehe...samaan d kayak aku, satu pertanyaan yg disebalin dan dihindarin.
    kalo ud jodoh mah ntar pasti ketemu d mbak ^__^

    BalasHapus
  4. semoga segera bertemu dengan jodoh yng diberikan Allah... aamiin

    BalasHapus
  5. Semoga segera dipertemukan jodohnya *doa untuk Anaz juga* hehehe

    Salam kenal untuk adiknya yah, Mbak..

    BalasHapus
  6. semoga cepet ketemu jodohnya ya mba..aku yo lg nyariin temenku nih..hehe

    BalasHapus
  7. InsyaAllah, diberikan jodoh yg terbaik ya...

    BalasHapus
  8. " 9 Dari 10 Pintu Rejeki Adalah Berdagang".--> haditsnya dhoif setahu saya...

    Mudah2an diberikan yg terbaik ya mbak...

    BalasHapus
  9. mudah2an segera ketemu jodohnya ya ....Ratih hepi, ibunda juga hepi :)

    BalasHapus
  10. wkwkwk...banyak yg senasib sebenarnya ya...tapi..beda derajat stresnya haha
    Amiiiiiin......moga2 diijabah.

    BalasHapus
  11. benul banget, mak bedunduk dateng ya.
    Amiiin ya Rabb......

    BalasHapus
  12. iya, yg muda2 sih mikirnya gitu, tapi yg tua2 dah kebakaran jenggot haha

    BalasHapus
  13. Amiiiiiiiiin...........gak punya sodara cowok yg bisa dikenalin ya pak hehe

    BalasHapus
  14. sama2 berdo'a ya.....ntar kusampein salam kenalnya.....

    BalasHapus
  15. Amiiin..
    wah, lagi nyarikan juga ya...moga2 sukses ya...kl sukses bisa buka biro jodo wkwk

    BalasHapus
  16. wah gitu ya pak....pdhl hadits ini ampuh ya, buat org yg mau usaha, biar gak ngejar PNS melulu.

    BalasHapus
  17. iya, Amiiin, semoga. Biar mama bisa lega, seneng, gak sepaneng, gak stres

    BalasHapus
  18. moga adiknya segera nemu jodoh ya mba...gak enak emang kalo didesak2x gitu....n...tetep suka sama narsisnya mba hehehe...

    BalasHapus
  19. Amiiiiiiiin.....kl cuma ditanya gpp, kl udah didesak make emosi kasihaaan...hiks.....
    *toss* suka narsis juga kan ya haha.

    BalasHapus