Jumat, 15 Juli 2011

Rajin Jualan

Mengingat-ingat barang apa saja yang kukaryakan alias kujual setahunan ini.

Mulainya habis lebaran 2010, tertarik dengan Daster Bordir Malang yang cantik-cantik itu, mana harganya mahal lagi. Ada yang menjualnya sampai dengan Rp. 100.000,- an. Dan ternyata di satu tempat yang berhasil kudatangi pas mudik ke Malang, malah ada yang harganya lebih dari itu lho. Ternyata perbedaannya terletak pada jenis bahan kainnya yang memakai katun Jepang, lebih bagus sih pantas lebih mahal. Sempat keliling-keliling mencari tempat kulakan yang paling menguntungkan, akhirnya malah dapat lewat nanya mbah google.

Rencana semula adalah jualan on line, dan maunya sih yang jualan adikku, bukan aku. Aku yang modalin dia yang jualan gitu, tapi ternyata kurang berjalan dengan baik. Dia kurang antusiaslah, jadi sebelum aku ngantor, aku yang rajin nawarin di FB, lumayan ada yang beli. Sempat beberapa kali kulakan lagi terutama saat aku sudah aktif ngantor, aku dagangin ngider dari teman ke teman. Tapi akhirnya mandeg karena akunya males jalan lagi, males nawarin lagi. Sayang sih sebenarnya karena ada banyak teman maya yang minta katalog dasternya tapi tidak bisa kupenuhi, merasa gak ada waktu buat bikin foto-foto barang sih. Akhirnya ya kucuekin saja semua permintaan itu. Sisa daster numpuk di bawah meja kerjaku.

Kok ya gatel lagi, pengen jualan lah. Ditawari seorang teman tuk jadi agennya. Deal deh, nyampelah itu jilbab Salimah dan krupuk Kennie dengan berbagai macam rasa. Heemm...ternyata teman-temanku di kantor banyak yang lebih suka memakai jilbab pendek sedangkan Salimah ini tipe jilbab besar, setara ukuran L. Intinya kurang laku lah, kalau krupuk Kennie alhamdulillah laris. Eh, akunya trus hamil, mual-mual, males banget ngider. Nambah lagi tuh tumpukan di bawah mejaku, daster, jilbab, dan krupuk.

Terpikir untuk jual murah bin obral saja atau lelang, lagi-lagi terbentur di ogah jeprat jepret bikin fotonya. Yo wis, akhirnya daster kutitip di mbak umma, krupuk kujual murah dan habis, jilbab nih masih ada 15 pcs. Untuk jilbab rencana mau kujual murah, paling tidak balik modal lah, tapi belum tahu mau diapain, lelang atau gimana gitu.

Dengar-dengar mau ada gaji 13, pengen lagi mau jualan, mana mau bulan Ramadhan, momen pas tuh. Yo wis, aku ambil blus dan gamis Vannara juga setelan Manet cuma 3 biji karena mahal hehe. Kebetulan aku iseng-iseng join jadi member sebuah penerbit, sekalian deh jualan buku parenting Melly Kiong dan MyFA. Iseng-iseng nawari dengan update status FB kok banyak yang mesen hehe, karena murah kali ya, kudiskon 20%. Teman-teman kantor juga banyak yang beli. Kok ya pas, ada temanku yang memang biasa jualan, ternyata tidak bisa ngider karena masalah kesehatannya. Akhirnya aku bantu jualkan barangnya, ada gamis katun cantik-cantik, baju muslim anak Poeti dan D-Safa, jilbab Delima, macem-macemlah pokoknya. Lumayan, gak modal duit tapi dapet duit alhamdulillah.

Nggak sengaja lagi, dari obrolan teman-teman di Forum Shalahuddin yang sedang membahas VCD anak islami Tupi Ping-Ping, Mimi, Harun Yahya, Paket VCD Ramadhan untuk anak dll. Setelah kuhubungi ternyata si mbak yang dulu jualan itu sedang fokus ke hal lain, dan malah menyarankanku untuk menggantikannya berjualan VCD/DVD tersebut. Waah, diberi jalan ya, alhamdulillah. Dengan diskon 10% alhamdulillah sudah banyak juga paket VCD anak islami yang laku terjual, pembelinya selain dari lingkungan kantor juga sampai kirim ke luar kota, tentu saja berkat FB dan intranet juga. Makanya pengen banget mengkaryakan modem nganggur di rumah biar bisa upload foto-foto dagangan, biar lebih rame jualannya, semoga bisa cepat terealisasilah. Apalagi barang dagangan yang lama kan mau dijual murah, sepertinya akan lebih tokcer kalau via dunia maya juga nih.

Oya, selain itu aku juga jualan pulsa hihihi. Bapak yang dulu jualan pulsa di kantor sudah pensiun, jadi aku berinisiatif untuk menggantikan posisinya. Lumayanlah, hitung-hitung juga membantu teman agar gak susah-susah kalau mau isi pulsanya, tinggal ketik-ketik di Gtalk aja udah bisa nelpon sms lagi deeeh, bayarpun bisa ntar ntar hoho. Dikumpul dulu boleh, ntar agak banyakan baru dibayar hehe.

Tidak lupa, sekalian promosi, daster Malangku tinggal 5 pcs kayanya, ada di http://garasiumma.multiply.com/photos/album/76/abisin_stock dilelang rugi deh, biar cepet jadi duit, start bid Rp. 40.000,- saja. Murah banget lhooo ituu...

8 komentar:

  1. wah, jualannya banyak juga. semoga laris manis. :)

    BalasHapus
  2. kata teman-teman....apa aja dijual haha....asal gak jual diriii hoho...
    Amiin....moga2 jualannya pak Tian laris manis juga, kita barteran aja gmn pak, mupeng serundeng nih wkwk

    BalasHapus
  3. amin. kita ketemuan --insyaallah-- di kopdar 23 juli. :D
    enak juga sih jualan "palugada" (apa lu perlu, gua ada). :))

    BalasHapus
  4. insyaAllah...mau ngerayu suami dulu biar dpt ijin tgl 23
    haha, iya sih pak, ada temen yg komen gitu.....jualan palugada

    BalasHapus
  5. semoga laris ya mbak...pas masih di Indonesia dulu pengen punya jilbab salimah, tapi nggak ada agen terdekat :). kalo beli skrg ngeri di ongkos kirimnya he he...

    BalasHapus
  6. wah, banyak sekali jualannya. saya juga jualan pulsa hehehe

    BalasHapus
  7. hoho....kapan mudik mbak?
    ntar tinggal pilih deeeh :D

    BalasHapus
  8. ideeem...... ngumpulin receh ya mbak :p

    BalasHapus