Sabtu, 29 Maret 2014

Jin vs Manusia

Dua hari yang lalu Syifa bercerita bahwa dia melihat sosok berambut panjang, berpakaian putih, dengan mata putih tanpa pupil. Aku ngekek kirain dia guyon, eh dia sewot, katanya serius kok lihatnya pas pagi saat dia mengeluarkan sepeda dari rumah.

Sehari kemudian, ada kejadian aneh lagi. Cucunya yang punya kontrakan, seorang bapak 3 anak, kesurupan. Jam 3 dini hari melolong teriak-teriak. Tetangga semua terbangun dan banyak yang keluar menonton. Aku dan anak-anak juga terbangun, lha wong gulung-gulung dan teriak-teriak persis di sebelah rumahku. Cerita semalam, si bapak itu sampai dibawa ke RS dan malah ngamuk ngoceh ga karuan di sana. Duh, kasihan seharian si jin betah banget di tubuhnya.

Sebagai muslim, wajib bagi kita tuk percaya pada hal gaib. Ulama pun telah sepakat bahwa jin bisa merasuki tubuh manusia.

"Tidak ada satupun ulama islam yang mengingkari jin bisa masuk ke badan orang yang kesurupan dan lainnya. Orang yang mengingkari hal ini dan mengklaim bahwa syariat mendustakan anggapan jin bisa masuk ke badan manusia, berarti dia telah berdusta atas nama syariah. Karena tidak ada satupun dalil syariat yang membantah hal itu.” (Majmu’ al-Fatawa, 24:277).

Sementara sebab kerasukannya dijelaskan sebagai berikut:
"Jin yang merasuki manusia bisa saja terjadi karena dorongan syahwat atau hawa nafsu atau karena jatuh cinta. Sebagaimana yang terjadi antara manusia dengan manusia. Bisa juga terjadi karena kebencian atau kedzaliman (yang dilakukan manusia), misalnya ada orang yang mengganggu jin atau jin mengira ada seseorang yang sengaja mengganggu mereka, baik dengan mengencingi jin atau membuang air panas ke arah jin atau membunuh sebagian jin, meskipun si manusia sendiri tidak mengetahuinya. Namun jin juga bodoh dan dzalim, sehingga dia membalas kesalahan manusia dengan kedzaliman melebihi yang dia terima. Terkadang juga motivasinya hanya sebatas main-main atau mengganggu manusia, sebagaimana yang dilakukan orang jelek di kalangan manusia.” (Majmu’ al-Fatawa, 19:39).

Jadi, langkah paling tepat ya biasakan mengaji di rumah, jangan suka melamun dan kosong pikiran, bentengi diri kita dan keluarga. Semoga kita semua dilindungi dari kejahatan jin dan manusia, aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar