Rabu, 02 April 2014

Rumah Gedong

Setiap hari, pagi dan sore, aku beserta si mas melewati rute yang sama untuk berangkat dan pulang kantor. Di beberapa titik, kami melewati deretan rumah-rumah gedong alias gede magrong-magrong, bahasa Jawanya untuk rumah mewah yang besar. Entah apa yang ada dalam benak si mas, tapi kami berdua sama-sama suka menengok ke kanan dan ke kiri, menikmati penampakan rumah-rumah itu. Ada yang bentuknya minimalis, ada yang bergaya Victoria, ada yang mbuh model apa kesannya kok aneh buatku. Ada juga yang tidak terlalu besar namun asri, desainnya juga enak dilihat.

Justru yang terlintas dalam benakku adalah pertanyaan ketika melihat rumah yang gedong itu, berapa ya jumlah penghuni di dalamnya? Jangan dihitung pembantu dan supir ya, tapi jumlah keluarga inti. Pemilik rumah gedong seperti itu biasanya jarang yang beranak banyak kan ya? Palingan 2 atau 3 orang saja. Dengan rumah sebesar itu, wah pasti rasanya sunyi ya, apalagi kalau anak sudah beranjak dewasa dan sibuk masing-masing. Coba kalau anaknya banyak misal 5 atau 7 orang, wah ga rugi kayanya punya rumah gedong hoho. 

Memang sih, merupakan salah satu kenikmatan bagi kita untuk mempunyai rumah yang lapang, meski tak harus gede magrong-magrong. Seperti sabda Rasulullah Saw, " Ada empat sumber kebahagiaan seseorang, yaitu istri salehah, rumah yang luas, tetangga yang baik, dan kendaraan yang nyaman. Juga ada empat sumber kesedihan seseorang, yaitu tetangga yang jahat, istri yang membangkang, rumah yang sempit, dan kendaraan yang buruk."

Impian banyak orang, paling tidak kalau punya anak 3 ya punya rumah dengan 3 atau 4 kamar kali ya. Jadi privasi orang tua terjaga, anak juga bisa lebih mandiri. Rumah yang lapang juga lebih menyehatkan karena aliran udara lebih lancar, peletakan barang juga lebih rapi. Pun ketika sanak saudara datang, bisa menampung mereka dengan lebih leluasa. Semoga kita semua bisa mendapatkan rumah yang lapang ya baik lapang secara fisik maupun rumah yang.bisa memberi kelapangan di dalam hati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar