Senin, 20 September 2010

Namanya Sinta.

Pertama kali ikut aku di tahun 2005, saat Syifa anak pertamaku lahir. Usianya kala itu baru 13 tahun, baru saja lulus SD tapi sudah tidak lanjut sekolah lagi, tidak ada biaya alasannya. Meski baru lulus SD, dia termasuk anak yang cukup ngerti (atau nerimo ya?) dengan keadaaan, tidak terlalu kekanakan, malah termasuk berani. Lha di usia segitu sudah mau kerja sama orang, ikut diculik ke luar Jawa lagi.

Teringat kala itu ibunya membawanya ke rumah orang tuaku, ikut bantu-bantu beberes rumah dan nyuci baju. Si ibu menawarkan agar Sinta ikut aku, bantuin aku jaga Syifa apalagi aku harus kerja lagi setelah cuti bersalin habis. Antara ya dan tidak, antara butuh tapi bimbang juga. Dia masih kecil pikirku, terbayang aku saat seusianya yang masih anak-anak banget, gak bisa apa-apa, belum mandiri. Tapi kata Mamaku, anak seusia Sinta masih gampang dididik dan diarahkan, syukur-syukur kalo betah dan dia bisa terus ikut aku sampai saat dia nikah nanti. Akhirnya setelah banyak pertimbangan, aku dan suami setuju. Dia ikut aku ke Majene, Sulawesi Barat.

Hanya setahun, lebaran tahun berikutnya aku bawa ia pulang lagi ke Malang, tapi tidak kubawa lagi balik ke Majene. Padahal di sana dia sudah sempat ikut Kejar Paket B beberapa bulan, aku juga sudah menganggap dia sebagai adik, sudah sayang. Tapi sayang seribu sayang, ada kelakuannya yang mengecewakan, dia suka (kelihatannya lumayan ahli) berbohong dan beberapa kali kedapatan ambil uangku.  Sediih dan ada rasa kehilangan ketika di Majene tidak ada Sinta. Tapi mau gimana lagi, aku merasa tidak sanggup stres mikirin dia.

Takdir di tahun 2007 mempertemukan lagi aku dan Sinta. Saat Farah anak keduaku lahir, dia kembali ikut aku ke Majene. Memang selama dia tidak kerja denganku, kami masih bertukar kabar via sms. Kelihatannya dia masih ingin ikut denganku, jadi saat itu aku ajak lagi dia dengan pertimbangan dia sudah lebih dewasa (meskipun usia 15 tentunya masih termasuk anak-anak ya....) dan harapan bahwa dia bisa lebih bertanggung jawab.

Satu setengah tahun berlalu, tentu tidak mudah, ada banyak peristiwa-peristiwa yang bikin sport jantung meski banyak juga yang baik. Saat pulang ke Malang dia kuajak juga dengan pikiran dia bakal ikut lagi ke Majene, ternyata bapaknya melarang. Saat itu ortuku, mertuaku jadi prihatin memikirkan gimana nanti aku dan anak-anak di Majene, tidak ada yang bantu. Padahal di dalam hati aku mengamini keputusan bapaknya Sinta, sebelum berangkat mudik aku sudah bertekad dalam hati, bahwa tanpa Sinta insyaAllah akan ada Sinta yang lain yang bahkan lebih baik dari Sinta yang ini.

Ya, satu setengah tahun bersama, dalam usia pubernya, ternyata cukup merepotkanku. Tipe anak puber yang susah dikasi tau, susah diatur, membangkang, bikin aku cukup stres. Hal lainnya adalah sikapnya yang selalu mengganggu Syifa, kalo nggak sampai nangis gak puas dia. Rasanya aku punya anak ketiga hahaha, tambah puyeng deh. Alhamdulillah ada mbak Marni yang usianya di atasku, kuanggap kakak dan selalu menengahi ulahnya Sinta. meski akhirnya Sinta dan mbak Marni jadi sering bertengkar juga. Pokoknya saat Sinta gak jadi balik kerja, aku legaaaa.....plus H2C cari penggantinya yang nyatanya alhamdulillah dimudahkan Allah, dapet pengganti yang baiiiiiik banget namanya Ana.

Hihihi alhamdulillah si Ana mau nikah tanggal 3 Okt nanti, seneng dong, tapi pusing dikit. Siapa yang nanti bakal jagain anak-anak ya.......... Pilihan jatuh lagi ke Sinta wakakaka, duh kaya sinetron aja pake season 1 sampai season tak terhingga!! Jadi ceritanya kali ini Sinta ikut lagi sama aku. Setelah ngasi bapaknya (nyogokdotkom) rokok satu slot, uang gaji Sinta dibayarkan di muka selama 1 bulan, dan uang bonus. Bapaknya sok jual mahal, gak mau nemuin aku n suami yang ke rumahnya, cuma nyampein pesan lewat ibunya. Setelah uang dikasih, aku pulang ke rumah. Eh, Sinta datang sambil bilang kalo bapaknya bakal  kasi ijin ikut aku kalau gajinya yang sebulan lagi dibayarkan di muka. Ampuuuuuuuuuuun......

Ya..ya...ya...kenapa aku milih Sinta lagi?? Pertimbangannya, dia sudah kenal dengan anak-anak, dibalik semua ulahnya dia adalah anak yang baik, saat ini umurnya sudah 18 tahunan, insyaAllah lebih tanggung jawab kerja dan kalau mau cari PRT lain yang baru, duuh..butuh penyesuaian lagi kan, belum tentu juga mau diajak ke Majene. Sedangkan Sinta mau aja diajak nostalgia balik ke Sulawesi, dianya suka diajak jalan sih. So.....saat ini Sinta di Jakarta sama aku, alhamdulillah kerjanya oke, membantulah. Meski....tetep aja susah diajak sholat, gak mau katanya, dan tetep dia dengan gaya ceplas-ceplosnya yang kata orang Jawa nglamak atau gak sopan, tapi enjoy aja lah. Aku juga gak sempurna, aku juga banyak salah, banyak cerewet.

Terpenting sama-sama niat baik, mau kerja sama, ada toleransi, ada aturan. Soal sholat di usianya yang udah baligh tentu dah wajib, maka aku tidak akan bosan ngingetin dia, insyaAllah. Alhamdulillah dia baik sama anak-anak, itu yang penting, mereka langsung akrab. Legaaaa saat perjalanan balik ke Majene nanti aku ada teman jadinya. Ready to go back to the jungle hahahay...........

20 komentar:

  1. jd inget iklan produk pemutih kulit jaman dulu.
    "kulit santi tak seputih sinta."

    BalasHapus
  2. huahaha....tuh iklan kebalik, Sinta yang ini item manis anaknya...:D

    BalasHapus
  3. Wah... Sinta bisa jadi ladang amal nih, mba... Semangat yaaaa.. :))

    BalasHapus
  4. waah....iya juga ya...luruskan niat.....ciiiaaattt.........

    BalasHapus
  5. wahhh Sinta memang jodoh ya sama mbak e hehe

    BalasHapus
  6. Update lg ya gmn perkembangan sinta hehehe....seru jg ngalahin cinta fitri

    BalasHapus
  7. ni bolak balik sama dia lagi jgn2 emang jodohnya hehehehe... moga2 bisa bertambah baik ya

    BalasHapus
  8. kalo dipikir2 iya juga ya....*sambil nyanyi putus nyambung...putus nyambung*

    BalasHapus
  9. xixixi...akunya gak doyan sinetron loh mbak....capek dikibulin mulu, mbulet ceritanya. mending nonton film korea dah..ups..malah curhat...hehe
    iya deh, ntar dibikin reportase khusus wekekeke

    BalasHapus
  10. Amiiin...........iya, berharap bisa langgeng sampe kakek nenek eeeh.....sampe dia mo merit nanti gitu.....

    BalasHapus
  11. Semangat, mba... Semangaaatttt...

    Beneran tuh, emang jodoh rejekinya Sinta ada di mba Tika... *aku panggil mba Tika aja ya... Atau ada panggilan lain kah?

    BalasHapus
  12. InsyaAllah.....
    hehe saya juga suka main panggil mbak sama orang, jd gpp, asal jangan mbah...belum tuwiiirrr......... :D

    BalasHapus
  13. hehe kdgkala nyesek di hati..tp yg namanya ART, klo sdh kenal lama cukup sulit jg kitanya pindah ke lain hati hehe soalnya manusia g ada yg sempurna yah.. TFS

    BalasHapus
  14. sama2 toleransi n ngalah ya bun....kitanya yg butuh sih, eh sbnrx sama2 butuh juga hehe.

    BalasHapus
  15. betul..betul..betul.. hehe klo ada lg mau dong..wkwkwk..

    BalasHapus
  16. wahaaaa.....lagi butuh juga ya.......moga2 cepet dapet deh.....
    *ikut bantu doa komat-kamit*

    BalasHapus
  17. Beneran jadi nostalgia diri sendiri. Umur 13tahun, merantau kerja sbgai prt. Tapi, sejak kecil alhamdulilah saya dianugerahi jiwa yang lurus aja hahaha.. Lebay deh gue :D

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah........ :) dan insyaAllah tetep istiqomah yah mbak.... salut...!!!

    BalasHapus
  19. Amin, amin Allahumma amin.. Semoga aja bisa istiqomah. Jangan salut, Mbak. Biasa aja

    BalasHapus
  20. qeqeqe...iya...ini biasa aja kooook :)

    BalasHapus