Minggu, 26 September 2010

Susah Makan, Gak Mau Makan, atau Gak Biasa Makan?

Mau cerita (lagi-lagi) tentang PRTku. Selama punya anak, sudah beberapa kali gonta-ganti PRT. Kurleb ada sekitar 11 orang yang pernah kerja di rumah. Rekor terlama dipegang Sinta yang meski sering putus nyambung tapi kalo ditotal sudah dapet 2,5 tahunan lah. Disusul mbak Marni yang 2 tahun kerja, itupun mungkin bisa lebih kalo saja dia nggak MBA *hiks....jadi inget pas aku mewek2 shock dulu*. Rekor kerja terpendek ada 2 orang, namanya Ifa dan siapaa gitu aku sudah lupa, cuma seminggu pas. Gara-gara kurang bisa membujuk anak-anak tuk makan, kurang semangat merayunya gitu hehe.

Dari semua PRT itu, ada satu kesamaan yang ada pada 6 orang di antara mereka, yaitu kalau udah waktunya makan nih, disuruh makan tuh susaaaaaaaaaaaah banget. Kalau yang 5 lainnya lumayan gampanglah, waktu makan langsung ambil piring dan makan. Oya, aku nggak pernah membeda-bedakan menu makanan untuk PRT. Mereka makan dengan menu yang sama dengan apa yang aku makan.

Sinta. mbak Marni, Ucang, Ifa, Tina, dan Ana, mereka berenam ini yang jadwal makannya terserah perut. Kalau sehari belum terasa lapar, yaaaa gak makan deh seharian. Ampuuuun, gimana aku nggak khawatir coba. Mereka kan kerja, butuh tenaga, bakalan merasa capek, jelas-jelas butuh energi!! Kalau nggak makan, bisa sakit kan.......... Tapi tetep aja mereka nggak langsung makan kalo sudah tiba waktunya makan. Aku jelas geregetan, mungkin karena beda backgroundnya yah, aku kan kalau makan harus tepat waktu, 3x sehari pagi siang malam. Sedangkan mereka dari sononya bisa sehari cuma makan 1x atau paling banyak 2x sehari.

Analisa pertama kupikir mereka susah makan, entah karena belum napsu, belum lapar, atau....menu yang mereka kurang suka?? Padahal menu makanan di rumah biasa aja, asal ada sayur dan lauk ikan atau ayam. Kupikir bukan ini alasannya. kalau nggak mau makan...ah nggak juga, karena dalam sehari toh mereka pasti makan kok *ya iyalaah masa ya iya duuoong*. Jadi, kemungkinan besar alasannya adalah mereka nggak biasa makan. Mungkin karena secara ekonomi mereka kurang mampu, jadi sudah biasa dalam sehari makan cuma 1x sehari, kalau lagi berlebih bisa makan 2x sehari. Bahkan Sinta pernah cerita pernah nggak makan dalam sehari, jadi dia dan keluarganya seharian kerjanya cuma tidur untuk menghilangkan rasa lapar. Ya Allah....aku yang telat makan saja bisa gemetar nahan lapar, mereka malah gak biasa makan teratur. Aku patut sangat-sangat bersyukur atas rejekiku.

Tidak mungkin tidak, pasti kebiasaaan mereka jarang makan akan berimbas pada kesehatan mereka. Sebenarnya itu juga yang kukhawatirkan, kalau mereka sakit siapa yang bantu aku jagain anak-anak ketika aku ngantor? Riwayat kesehatan mereka yang kutau, Sinta kalau sakit bisa 2 hari tepar, itupun tetep nggak mau makan. Kaya kejadian kemarin ini, aku dan suami sampai maksa dia makan walau cuma sedikit. Alhamdulillah hari ini dia sudah baikan, sudah bergurau dengan anak-anak dan sudah beraktifitas seperti biasa. Mbak Marni, dia kuat fisiknya meski jarang makan tapi selama 2 tahun kerja kok rasanya nggak pernah ijin sakit ya, subhanallah. Kalo Tina dan Ana, badan mereka tuh berisi, hampir gemuk untuk ukuran mereka. Mungkin karena tulangnya gede ya kalau orang bilang. Kadang bergurau dengan mereka, nggak makan aja gemuk apalagi kalau makan, bisa obesitas kali hehe. Tapi ya gitu, Tina lumayan sering sakit begitu juga Ana, sampai muntahnya berdarah. Ya iyalah, gak biasa makan, tuh lambung jadi luka kaliii. Sedih aku dengernya, migrainnya juga sering kambuh sampai nangis-nangis dia. Rata-rata penyakit yang mereka punya ya maag itu deh.

Alhamdulillah dengan begini ada sisi baiknya, aku harus lebih mensyukuri apa aja yang tersedia di meja, apa aja yang bisa kumakan hari ini. Harus lebih bersyukur dengan uang hasil kerja yang kuterima, nggak capek-capek pake beberes rumah, berkutat di rumah seharian, ngerjain kerjaan domestik yang tiada henti kaya mereka. Ah, meski aku juga ingin jadi FTM tapi tetep nggak pengen sendiri di rumah haha dasar malas. Aku mah jadi FTM biar bisa main ma anak-anak dan bisa on line hahay, kalo kerjaan rumah mending PRT aja kaliii. Kecuali masak dan urus suami tetep aku yang handle hoho.

18 komentar:

  1. Sama ama ART yg dulu..dr kampung cuma biasa mkn 1x sehari..ealaaah..kok ya gak lapeeer..
    Alhamd bibik yg skrg maem teratur :)

    BalasHapus
  2. Kitanya juga ikut kepikiran yo. Untung aku bukan orang pelit, kl pelit mah seneng aja PRT gak mau makan haha.

    BalasHapus
  3. Kalau perawat papa sebelum yang sekarang alasannya diet....

    BalasHapus
  4. nah yg aku, ga mau apapun kecuali sambel, teri jambrong, tahu, tempe. padahal dah disedian menu barengan ama kita2. bakso pun ga mau.

    BalasHapus
  5. prtku jg gitu.. selidik punya selidik, tnyata dia 'ga enak' kl mkn di dpn kita2 si empunya rumah.. jd dia makan kl kita pd tidur, ato bnr2 ga da yg dikerjain lg..

    BalasHapus
  6. hebat ya pada kuat ga makan, apalagi kan kerjaan art ga ada habisnya.
    aku juga kl telat makan bisa lemes gemeteran padahal kerjaan cuma ngurus anak disambi online :D

    BalasHapus
  7. kl diet kan ada maksud dan tata caranya ya mbak, jd mkn kita gak terlalu kuatir jadinya.

    BalasHapus
  8. wkwkwk...waah apa nggak bosen tuh tiap hari maem itu mulu ya?

    BalasHapus
  9. haha iya ya, yg cuma duduk di kantor sembari OL bisa krucuk2 geliyengan, nih pada kuat perutnya....tp efek samping belakangan tuh yg bikin kuatir.

    BalasHapus
  10. ada juga PRTku yg gitu, kukasi tau terus2an kl gak perlu malu. Akhirnya dia makan juga tp sembunyi di dapur.

    BalasHapus
  11. hmm bukan karena sungkan ? apa ruangan mereka untuk makan terpisah atau nggak ?

    soale mbakku tuh gitu, krn aku gak ada ruangan yg terpisah untuk mereka *dapur terbuka*, jd suka susaaahh banget disuruh makan. Tapi kalau kami gak ada, baru deh mereka makan teratur.

    BalasHapus
  12. ada juga yg sungkan, tp banyak yang emang bener2 gak mau makan katanya blm lapar. Pada akhirnya mereka makan tapi rata-rata sehari 1x aja.

    BalasHapus
  13. ya ditanya aja apa alasannya jg sungkan .. hihi.. tapi lucu.. malah sempat ada mbak yg gak sungkan sama sekali ... selalu makan duluan dia daripada kami .. rasanya malah jadi aneh juga

    BalasHapus
  14. ya...kkl yang kek gitu mah nyebelin mbak apalagi kl sampe dihabisin hahaha. katanya emang gak biasa makan itu tadi mbak, jadi gitu.

    BalasHapus
  15. waaahhh....emang serba serbi makannya prt kadang bikin miriiiss krn mereka ga terbiasa makan teratur kek kita...makanya maap ya prt...kalo majikan sering cerewet nyuruh makaan...qiqiqiqi...

    BalasHapus
  16. hihihi....iya sampe monyong2 nih bibir nyuruh mereka makan, palagi kl mereka lagi sakit.....duuuuh kaya alarm nih mulut nyuruh makan, disetting 10 menitan haha

    BalasHapus
  17. Nah, yang ini nggak pakai tata cara deh, jadinya ya sempet masuk RS 2x.... haduuh, nanti dikira kami yang nggak perhatian...

    BalasHapus
  18. kl sampai prt msk RS, apalg sebabx mslh makan, huhu qta dah yg jd trsangka. Mana ngeluarin biaya brobat jg hiks.

    BalasHapus