Sabtu, 18 September 2010

On Line Seller

Jualan, dagang, bisnis kecil-kecilan sebenarnya sudah kukenal sejak masih usia SD. Macam-macam yang dijual, dari cincin kancing sampai Sophie Martin dan Capriasi waktu jaman kuliah. Ketika sudah kerja dan ada modal, akhirnya mencoba jualan jilbab dan baju muslimah. Sebenarnya berawal dari hobi setiap wanita yaitu belanja, kata Uje kan wanita diberi nafsu, nafsunya untuk belanja hihihi. Daripada nggak mungkin belanja terus bakal dipelototin suami, mending belanja banyaaaak, macem-macem, harga grosir...trus dijual lagi deeeh. Jadi nafsu belanja dan megang-megang baju dan jilbab cantik sudah terpuaskan hoho.

Selama di Majene aku dah jualan sejak sekitar tahun 2004, barang pertama titipannya ibu mertua yaitu tas pesta yang cantik unik dari manik-manik, buatan tangan Mama sendiri. Lanjut ke baju musliah sampai sekarang, tapi semuanya berjalan secara off line. Barang ngider di antara teman maupun kenalan di Majene, dari mulut ke mulut sampai nitip barang ke toko teman. Sayang aku kurang serius dalam bisnis, entah karena aku yang kurang niat atau karena memang gak dimenej secara profesional ya (atau karena dua-duanya), hasil bisnisku gak keliatan seperti kata suamiku. Uang hasil bisnis gak tau tuh kemana, kepake sendiri kali ya, boros gitu, berasa pegang duit banyak jadinya malah embeeeerrrrrrrrr.......

Beberapa tahun nyemplung di dunia maya terutama ngeblog, jadi kenal dengan belanja on line. Seru ya...tinggal klik-klik, cuci mata sampai jereng, akhirnya mupeng. Transfer sana-sini, sumringah kala paket yang dinanti nyampe tapi manyun kala ngintip saldo tabungan huahaha. Naaa sekarang ini aku jadi kok kepikiran pengen seriusin bisnisku di Majene yang masih berjalan, tapi terseok-seok, tersendat-sendat. Paling gak sudah ada jaringan, ntar kalo dah pindah Jakarta bisa jadi supplier teman-teman Majene.

Kepikiran juga nyoba jualan secara on line, tapi yang menej adikku di Malang. Kebetulan sejak lulus kuliah beberapa tahun lalu, nyoba ngelamar kerja sana-sini, tes PNS di mana-mana kok belum rejeki diterima. Sekarang dia kasi les anak SLTP, tapi gak banyak sih. Waktu luangnya masih bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Jadi aku kasi usul untuk jualan on line aja. Barang yang dijual yang khas Malang lah, biar deket dengan supplier. InsyaAllah mau nyoba jualan daster bordir Malang dan berbagai macam keripik buah juga keripik tempe khas Malang.

Pengen banget minta nasehat serta saran dan masukan dari emak-emak MP yang getol jualan on line, secara ilmuku masih nol, cetek bangets. Mau nanya tapi bingung nanyanya ke siapa ya....kan banyak kontak MP ku yang jualan. Mohon yang mau kasi ilmunya dikit-dikit, banyak juga alhamdulillah bisa PM aku atau komen aja di bawah. Sebelumnya jazakillah, makasih banyak, suwun.....

11 komentar:

  1. aku juga br mulai jualan onlen kok mbak..yuk sama2 belajar..

    BalasHapus
  2. dah jalan berapa lama bun?
    sharing ya.....

    BalasHapus
  3. waah.....makasi mbak sharingnya....... :D

    BalasHapus
  4. waaah...mbah ya...awet muda pasti, mbah2 tapi aktif onlen hihi. Mama saya main hape aja gak bisa2 hehe. Cucunya berapa mbah?

    BalasHapus
  5. He..he..
    Cucu asli belum punya.
    Cucu online ada 6 :D

    *ini cuma gelar yang dianugerahkan oleh temen2 MPers.

    BalasHapus
  6. oalaaah...kirain mbah2 tenan xixixi
    saya jadi cucu ketemu gedenya juga deh mbah.....

    BalasHapus
  7. resiko memperkenalkan diri sgb mbah sih...haha
    tambah tua tambah bijaksini kan....kali aja dapet diskonan buku nih cucunya....

    BalasHapus