Selasa, 26 Mei 2015

Mukena Cantik

Mukena Cantik adalah salah satu album jualanku di FB. Kurang lebih sudah dua tahun aku berjualan mukena. Supplierku ada yang di Tangerang dan ada juga yang di Solo. Mukena yang kujual selama ini adalah mukena solo berbahan rayon yang adem dan lembut itu. Sama bahan lah dengan mukena bali, tapi corak motifnya saja yang berbeda. 

Mukena rayon memang nyaman sekali dipakai. Apalagi kalo pas sholat di kantor, habis sholat bisa tiduran sebentar hihi. Enak bahannya adeeem, asal ga keterusan bobonya, bisa gawat. Oya, mukena rayon juga ada tingkatan mutunya juga. Makin bagus bahan makin mahal harga. Kalau ada yang bilang beli mukena rayon dipakai sebentar aja udah bolong, berarti itu yang bahan kurang oke hihi. Bisa juga karena salah perawatan, sebisa mungkin jangan dicuci pake mesin cuci yak. Lebih baik cuci manual saja, biar mukena lebih awet.

Dua tahun kemarin mukena bali dan mukena solo memang masih booming. Tapi tahun ini sepertinya mukena katun jepang (mukaje) mengalahkan ketenaran mukena rayon. Tahun lalu mukena katun jepang memang sudah ramai juga sih tapi harganya masih mahal. Dulu aku ga kepikiran jualan mukaje. Prinsipku sih aku ga mau jualan barang yang aku sendiri merasa males beli. Bisa karena harganya yang mahal, bisa juga karena kurang manfaat, kurang menarik, atau alasan lainnya. Kalau aku tertarik, ingin punya, ingin beli, dan sanggup beli, maka biasanya aku pun dengan senang hati mau menjualnya hohoho.

Supplierku yang baik hati ternyata lebih banyak menawarkan mukaje tahun ini. Stok mukena rayonnya dikit doang. Aku pun tertarik mencoba membeli beberapa untuk kujual. Mulanya sih karena penasaran akan harga mukaje dari supplier yang murah meriah, tidak sampai Rp200rb lho. Padahal setahuku mukaje harga jualnya kan bisa sampai Rp500rb an. Maka aku mencoba beberapa potong mukaje, ingin tahu penampakan aslinya. Bener ga bahannya katun jepang, gimana jahitannya bagus, lumayan, ato jelek, besarnya seberapa, dll.
Begitu barang pesananku tiba, langsung deh dijereng (boso jowo haha) alias dibuka lebar mukenanya. Heemm lembut kok bahannya, ada cap Japan Design juga. Jahitan lumayan, rapi juga, bolehlah. Lalu ukuran atasan dan bawahan juga dicek. Ternyata memang sizenya standart, kalau yang make orangnya imut, kurus, ga tinggi, cukuplah. Tapi kalau pemakai gendut, gede, tinggi, wah bakalan ngatung kalau pake mukena ini.

Teman kantor yang duduk di sebelahku punya hobi jualan juga, plus suka bikin sendiri jualannya. Tahun lalu dia produksi aneka mukena rayon. Tahun ini dia joinan dengan temannya memproduksi satu brand fashion bermerk Alana. Begitu melihat mukaje yang kubeli, dia langsung pengen produksi mukaje juga haha. Tentu saja nantinya akan dibuat lebih lebar dan besar ukurannya. Tasnya pun akan dibuat lebih cantik dan menarik. Hal terpenting, harga jual tidak akan mahal. Ga jauh lah dari angka 200 ribu, yaitu dijual di harga Rp210rb saja. Cukup jauh dari harga pasaran mukaje size besar yang harganya mulai Rp250rb an.

Duh, aku excited banget. Semangat lah jadi reseller dia hihi. Kalau dia memang suka ribet produksi barang, kalau aku sih males. Maunya jadi reseller aja yang ga usah pusing ngitung biaya produksi dll dkk :D Akhirnya aku ikut menemaninya hunting bahan kain katun jepang di Tanah Abang. Kepo lah pengen tahu corak aneka kain cantik yang sedang booming ini. Wah, ternyata memang cakep-cakep lho. Banyak juga pembeli bahan yang kelihatannya mereka juga produsen mukaje. 

Hasil berburu bahan itu jadilah beberapa koleksi mukaje yang diberi merk 4laizan oleh temanku itu. Satu motif dibuat hanya beberapa potong mukaje saja, limited stock lah. Faktor keterbatasan modal hihi, tapi udah keren lah menurutku. Sayang penjahit yang dia punya ternyata belum berpengalaman menjahit mukena. Jadi ya ada beberapa kali permak di bagian wajah yang kekecilan. Lalu proses menjahitnya juga lama sampai bikin sebel bin ga sabar para pemesan mukaje. Di awal memang aku dan dia buka PO mukaje ini. Begitu terlihat bermasalah di waktu proses jahitan akhirnya sekarang ga berani buka PO lagi. Ini lho beberapa mukaje yang segera sold out ga pake lama begitu dilempar ke pasaran.

Lah siapa tuh model mukenanya? Ya diriku sendiri dan temanku hahaha. Sok-sok an jadi model deh ya, gratis lah pokoknya. Berasa kaya model beneran karena tiap ada mukaje yang selesai proses produksi berarti bakal dapat jadwal pemotretan lagi hihihi. Maklum, kita bisanya memotret produk ya di kantor. Ga kepegang lah kalu mau fotoin di rumah, ribet dan memakan waktu lama kalau harus menunggu weekend.

Cerita tentang mukena katun jepang masih ada lhooo, ntar yaak dilanjut di postingan selanjutnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar