Senin, 04 Mei 2015

SADIS!

Pernah dapat customer yang nawarnya afghan sampai membuatmu pengen mewek gemes? Atau bahkan pengen nguntal tuh orang saking sebel? Semoga kalaupun pernah, ga sering ya, cukuplah satu dua orang aja yang kaya gitu di antara ratusan customermu selama ini. *opening mau curcol*

Si mba pembeli ini anaknya teman di kantor. Beberapa kali dia dan ibunya belanja-belanji di aku. Tipenya sama, nawar sampe elek, dan pada akhirnya minta bayar nyicil. Naik level, si mba jadi resellerku. Nah, tadi dia mau ambil 2pcs baju menyusui. Satunya stok lama, kukasi diskon maksimal (balik modal doang), satunya stok baru diskon 10% kaya reseller yang  lain. Eh, dia nawar lagi, lagi dan lagi. Padahal aku udah bilang ga bisa.

Namanya orang jualan kan nyari untung ya, biar kata sedikit tapi kalo cuma 5rb dari 2pcs baju yo nyesek juga. Aku sampe beberin berapa untung yang kudapat, dia tetep nawar. Sebelnya ituuu dia nyebut-nyebut aku kok segitunya, wong suami istri sama-sama wong Dejepe. Malah sempet ngatain aku suka belanja onlen kaya Gayus. Siapa ga murka cobaaaa?!

Jualan itu ada etikanya, begitu juga nawar, kudu pake etika. Jangan lihat background penjual yang PNS trus dikira jualan cuma main-main. Hidup itu sawang sinawang, rumput tetangga emang kliatan lebih hijau kok. Jangan sampai lupa untuk bersyukur dan malah membanding-bandingkan. Seolah-olah aku yang pegawai uangnya jauh lebih banyak dari dia, jadinya tega banget kalau nawar barang :(

Aku heran banget sama orang yang nawar kebangetan gitu, padahal dia juga jualan. Kok ya ga berempati, coba deh diposisikan dirinya sebagai penjual. Capeknya hunting barang, apalagi kalau langsung ke TKP. Pulang bawa tentengan segede gaban, kaya kuli. Nyari untung juga ga banyak, minimal 10rb aja udah seneng. Pengalaman berharga dah.

*curcolanwongdodolan

4 komentar:

  1. Kalo nggak nawar barang biasanya sih minta gratisan.

    kayak, kalau beli 3 gratis 1
    dan itu minta kadang maksa.

    saya pernah ngalamin tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah sadis juga ituuu hahaha. Ampyun deh, gratisan yg diminta padahal bisa aja senilai laba berapa biji barang ya.

      Hapus
  2. Untung 5 ribu mah lumayan banyak, saya ambil untung seribu doang ehh nawarnya minta diskon 10 ribu....
    Bener-bener sakitnya tuh disini..
    ahahahaaa...
    makasih curcol nya, sukses terus mbak bisnisnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wooooh jualan apa untung seribu doang mas/mbak? Hayooo jangan mau jualan kaya kerja bakti, capek doang haha.
      Aamiin, makasii ya dah mampir :)

      Hapus