Kamis, 07 Mei 2015

Review: The Twits


Judul: The Twits
Penulis: Roald Dahl
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman: 103 halaman
ISBN: 979 22 02757

sumber


Buku ini habis dibaca Syifa dalam beberapa jam saja, akhirnya emaknya juga pengen menamatkan The Twits, buku pinjaman dari perpus sekolah Syifa. Ternyata ya sama, nggak pake lama kok membacanya hehe. Ceritanya menarik dan bukunya tidak tebal, bacaan ringan untuk anak-anak memang. Tapi aku juga menikmatinya lho, seru!

Kali ini Roald mengisahkan tentang sepasang suami istri yang nyentrik. Sang suami, Mr. Twit berjenggot panjang, berkumis, plus bercambang yang membuat wajahnya hampir semua tertutupi rambut kecuali bibir, kening, dan mata. Sayang, dia jorok, tak pernah sekalipun mencuci mukanya sehingga banyak sekali sisa makanan bahkan sampai berhari-hari lamanya menempel di janggut maupun di kumisnya, hiiyy.

Sedangkan istrinya, Mrs. Twit merupakan seorang wanita buruk rupa. Anehnya, dia sebenarnya tidak terlahir jelek lho. Wajahnya manis ketika masih muda, tapi kejelekannya berkembang dari tahun ke tahun. Ada kalimat yang aku suka nih, pas untuk dijadikan sebagai pengingat bagi kita agar tidak usahlah berpikiran negatif, apalagi setiap saat.

"Jika seseorang memiliki pikiran-pikiran jelek, maka itu akan terlihat di wajahnya. Dan ketika orang itu memiliki pikiran-pikiran jelek setiap hari, setiap minggu, setiap tahun, maka mukanya menjadi semakin jelek dan terus makin jelek." Halaman 17-18.

Dan sebaliknya, bila kita selalu berpikir positif, meski wajah kita tak cantik, pikiran positif itu akan membuat kita terlihat cantik.

"Seseorang yang memiliki pikiran bagus tidak akan menjadi jelek. Kau bisa saja memiliki hidung besar, mulut mencong, dagu berlipat, dan gigi tonggos, tapi jika kau punya pikiran-pikiran yang bagus pikiran-pikiran itu akan bersinar di wajahmu seperti sinar matahari dan kau akan selalu terlihat cantik." Halaman 18.

Pasangan aneh ini saling menjahili, mereka sama-sama mempunyai pikiran jahat untuk dilakukan. Banyak sekali ulah mereka yang memuakkan. Misalnya, saat Mr.Twit menaruh kodok di tempat tidur istrinya atau saat Mrs.Twit menghidangkan spaggeti bercacing pada suaminya. Tak hanya itu, mereka pun jahat terhadap hewan peliharaan mereka maupun hewan lainnya. Tapi, seperti semua hal yang sudah pasti di dunia ini, keburukan maupun kejahatan tidak akan selamanya bertahan. Pada akhirnya pasangan suami istri ini pun mendapatkan ganjaran yang setimpal.

4 komentar:

  1. Wah, Bunda mah rajin beli buku karena tertarik pada judul, sampe rumah baru baca beberapa lembar, tinggalin, trus lupa kalo ada buku yang belum selesai dibaca, hehe...Pengen belajar mereview sih, tapi buku yang dibaca gak pernah selesai, jadi yaa...shushaah deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi jadi banyak PR buku yang belum dibaca ya Bunda. Sama doong, sekarang emang ga kaya dulu yang waktu baca bisa sesuka hati. Baru aja asik baca, eeh direcokin bocah ato misua yang ngelarang, disuruh main aja sama anak katanya haha.

      Hapus
  2. Aku jd kangen pinjam buku perpus hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi jaman sekolah emang paling top tuh kalo ke perpus, senaaang deh.

      Hapus