Jumat, 19 November 2010

[PRT] Klepto atau Kepepet??

Seperti yang pernah kuceritakan di sini, ada beberapa kali kejadian si mbak ngambil uang (yang sepengetahuanku lho ya). Kali pertama umurnya masih 13 tahun dan sudah pinter banget bohongnya. Sekarang usianya sudah ABG, 18 tahun lho. Kalau sudah kebiasaan dari kecil dan tidak ada yang mengarahkan atau menasehati terutama orang tuanya tidak peduli, pasti dia akan kebal. Apakah ga ada rasa takut, ga ada rasa bersalah, ga ada rasa malu?? Entahlah.

Awal kerja lagi kemarin pas sesudah lebaran dan gajinya sudah 2 bulan dibayar di muka sesuai syaratnya. Pesan dari orang tuaku sih aku harus hati-hati nantinya kalau naruh uang di rumah karena pasti uangnya dia sudah habis, kalau ga pegang uang bagaimana dia mau beli pulsa, jajan, dsb? Meski aku dan suami sudah memberi dia uang jajan lagi (tidak tiap hari lah), di luar gaji yang sudah dikasih, tetep saja kami kuatir. Udah parno, udah ga percaya sama dia. Kebohongannya selama kami bersama dulu di Majene sudah terlalu banyak dan sering.

Sebulan pertama dia di Jakarta, hampir tiap hari jajan terus. Tiap weekend main PS atau ke warnet. Saya dan suami saling lihat saja, sambil membatin kok uangnya banyak ya padahal gaji 2 bulan di muka sudah dia bagi dengan orang tuanya, sisanya dibelikan hape baru. Didorong rasa curiga, saya melihat isi dompetnya, dan menghitung jumlah uangnya ada berapa. Beberapa hari berlalu, dia masih sering jajan, royal pokoknya. Secara berkala saya cek isi dompetnya, mungkin perbuatan ini tidak baik, tapi kami merasa ini perlu.

Ternyata kecurigaan kami benar. Jumlah uang di dompetnya sering bertambah. Ada uang pecahan baru, padahal seharusnya uangnya sudah habis. Oya, dia tidak punya tempat penyimpanan uang yang lain. Rumah kami mungil, lemari baju untuknya jadi satu dengan baju anak-anak. Jadi tidak mungkin baginya untuk menyimpan uang selain di dompetnya.

Sedih rasanya, kok hobi ngambil uangnya masih jalan saja sih. Apalagi saya dan suami suka menaruh dompet di atas kulkas, di saku celana, pokoknya di tempat yang mudah diakses siapa saja. Lha mau disimpan di mana? Di dalam lemari juga tidak bisa, ribet juga lah. Kelemahanku yang lain, jarang menghitung sisa uang di dompet. Jadi kalau berkurang juga tidak terasa. Pasti dia keenakan ya....

Puncaknya beberapa hari yang lalu, beberapa hari dia tidak pernah jajan, uang pulsa dan kebutuhan pribadinya minta ke aku. Terakhir dicek uangnya cuma 7rb, lalu kukasi uang jajan 10rb berarti total 17 rb ya. Nah, lalu di suatu pagi kucek lagi dompetnya dan.....ada uang baru 50ribu dilipat-lipat kecil!!! Aarrggh, sebel banget deh. Kebetulan memang kemarin habis ambil uang di ATM, dan kali ini kuhitung jumlahnya, memang gak klop. Ya sudah, kuambil aja tuh uang 50 ribu. Kalau memang uang dia pasti dia akan bingung dan menanyakannya, ya kan?? Eh, pas dia cek dompetnya, mukanya kaget, tapi dia diam saja, kliatan mikir gitu. Sudah begitu saja, tidak pernah sekalipun dia menanyakan uangnya yang hilang, berarti bener duitku itu kan.....

Kejutan lagi, besoknya dia sms suami dan bilang kalau dia minta pulang ntar sebelum tahun baru. Ditanya suami, alasannya karena mau pulang aja, pengen kerja di Malang aja. Entahlah, apa mungkin karena merasa ketahuan ngambil uang ya?? Kami sengaja tidak menanyakan perihal uang hilang karena males, ntar juga dia bohong lagi. Ga enak juga kalo suasana hatinya jadi buruk, padahal anak-anak masih dijaga olehnya. Alasan lain menurutku dan suami, dia merasa tidak bebas di rumah. Sebelum ke Jakarta dia kerja di Malang, tiap weekend pasti jalan-jalan bersama pacar dan teman-temannya ke daerah wisata kota Batu, pokoknya senang-senang khas ABG lah. Lha kalau ikut aku kan paling cuma bisa keluar ke warnet aja. Bosan kali dianya.

Ya sudahlah, kalau dia minta pulang ya pulangkan saja. Sekarang sambil nanya-nanya ke siapa saja, hunting PRT lagi gitu. Aku sih sudah bilang sama dia, akan kupulangkan ke Malang kalau sudah dapat penggantinya. Tapi lihat saja nanti, kalau sudah benar-benar tidak betah ya akan segera kupulangkan. Huff...ada-ada saja deh.

28 komentar:

  1. Kalau itu sih bukan klepto kali ya, wong sadar dan didesak keperluan (keperluan gaul?)....

    BalasHapus
  2. Iya susah ya jaman sekarang cari prt yg jujur dan nggak macem2.
    terakhir mbak ku juga gitu. padahal mukanya poloooos bgt, kayanya baik bgt. tp dia suka cerita2 yg nggak bener lah ke tetangga2 aku.
    trus sebelumnya dia kerja nggak jauh dr rumahku, dia kabur dr rumah majikannya yg lama karna nyuri uang jutaan (yg dia simpen didalem tempat tidur yg dirobe, ckckck)
    Pas dia kerja dirumahku, aku pernah kehilangan hp. trus sebulan sebelum dia keluar, mamaku tokonya kerampokan, abis kira2 20 juta. Mamaku sih curiga sama si mba, soalnya si mba suka msukin cowo kerumah gt pas lg ga ada orang.
    Ga lama abis kejadian itu si mba transaksi ke orang nyerahin duit kira2 8juta bilangnya sih utk bangun rumah (lah kita mikir kan duit dr mana??)
    Sebulan yg lalu dia ijin pulang karna dipaksa2 suaminya pulang kampung. eh seminggu kemudian dia kerja dideket rumahku. duassaaaar !!

    Huuuaaaaa panjang ya cerita nya :):)

    BalasHapus
  3. waduh :( ternyata masih suka ambil2 yak.. ampun...
    ya sudah... mumpung dia juga udah minta pulang, jd gak ada kejadian pemecatan, biar deh pulang aja

    BalasHapus
  4. hehehe..iyaaaa udah gitu kesempatannya ada...maka terjadilah...

    BalasHapus
  5. duuh nasip kt sama mba..sy 2 mggu lalu baru kehilangan kamera di curi prt br krj 4 hari dirumah..
    ga kerja lg alasan dpt panggilan krj dipabrik di bandung..
    bodoh bgt nie sy pas dia plg ga periksa tas nya.. lenyaplah kamera yg mayan hrg nya hiksss :(((
    sy coba tlp dia,nanyain kamera,eeh malah berani sumpah demi Allah dan Rosul katanya dia ga ambil..jaman sekarang koq bnyk yg berani bersumpah yaa..apa ga takut kena karmanya..ckckck

    BalasHapus
  6. Ampuuuun.....tetangganya kok masih mau sih nerima kerja orang yg udah jelas harus di black list gituuuu hiiiiiiiiiiiiiih sebeel deh jadinya. Jadi pelajaran buat kita, kl memang dia sudah ada rekor gak baik mending jangan dipekerjakanlah. Gak kapok-kapok orang kaya gitu jadinya, dikasi peluang melulu. Halah jadi ngomel2 di sini haha.

    BalasHapus
  7. betuull.....males kl sampai dipecat, dia kan tetanggaku di kampung, bisa2 ntar cerita yang aneh2 gitu. Kesian ortu ntar yang kena.

    BalasHapus
  8. kadang kita kebanyakan kasih hati, dianya yang malah minta jantung. Kalo kita orang keras n tegaan sih bisa saja laporin ke polisi ya gak?? Tapi pasti kita gak pengen panjang urusan dan kasihan ma dia kan.....

    Huuaa....sabarrr...sabarr....*ngelus dada yg makin rata :( *

    BalasHapus
  9. prt yang suka nyolong, suka bohong, mending dipulangkan aja, mbak.
    yang nggak tahan itu, kalau kebohongan demi kebohongan dia lontarkan, sampai kita tidak tahu lagi, apa dia berkata benar atau (lagi) bohong.

    BalasHapus
  10. Memang cocok2an sih klo pake pembantu... Masih buka lowongan? *siap2 daftar* :P

    BalasHapus
  11. Kalo ada org crt prt yg gini, kadang miris sendiri. Memang ada, bahkan terkadang banyak. Jadi inget pas aku baru umur 13, itulah kali pertama aku jadi prt sampai sekarang. Halah

    BalasHapus
  12. betuuullllllll............takutnya itu dalam kesehariannya bersama anak-anak, ngapain aja, makannya gimana, jd susah mantaunya. Jangan2 anak gak makan dia bilangnya anak makan banyak hiks :)

    BalasHapus
  13. iya....kaya bunglon bisa mimikri, hehe.

    BalasHapus
  14. daftar apa muse?? anakku masih 5 tahun umurnya, masa mau daftar jadi mantu?? haha

    BalasHapus
  15. Wah...dari usia 13 juga ya.... Perjuangannya pasti besar ya, sdh kerja di usia belia.

    BalasHapus
  16. mmhh ga cari prt yang tua mbak, dan sayang anak? kalu abg rada-rada gimana gitu.. rada gaul.. dan emang suka nyolong, dengan tampang polos pula..
    prt di rumah tanteku juga gitu.. sukanya sms dan telpon mulu.. kalu malam minggu minta ijin keluar pulang pagi, kerjaan sih beres.. tapi ternyata duit di rumah ga pernah utuh.. pernah sengaja kita jebak dan ketahuan trus minta pulang.. selalu begitu..
    jadinya cari art yang bener2 mau kerja deh..

    BalasHapus
  17. hahaha mau mbak muse jadi mantu? udah mantap gitu..

    BalasHapus
  18. huhuhu.....mauuuuuu....pengennya gitu...tapi susah nyarinya. Semoga ntar dapat yg jujur dan sayang anak-anak, tua muda gak masalah, yg penting jujuuuuuuur!! *mewek sesenggukan di pojok kantor*

    BalasHapus
  19. xixixi....kasian muse tuh, dah kerja dah tua (maapken muse menyinggungmu, sengajaaaa) belum laku jugak, atao mau dijodohin aja muse?? siniii tak bantuiiin....

    BalasHapus
  20. ga ada rencana jadi ibu rt sejati saja mbak?

    btw, itu judulnya klepto ato kepepet.. menurutku sih klepto.. penyakit itu.. masa kepepet bisa ke warnet?

    BalasHapus
  21. iya, kebohongan (apalagi dalam rumah), bisa bikin kacau segalanya. :D

    BalasHapus
  22. rencana....ada lah, pengen kerja di rumah, nggak ngantor gitu. Tapi entah kapan.....
    kepepet gaul ya hehe?

    BalasHapus
  23. hanya jadi batu sandungan ya pak.....nambah2in masalah aja hiks..

    BalasHapus
  24. sebaiknya dipulangkan aja mbak, nanti kalau kebutuhannya makin membesar, ia akan melakukannya lagi...

    BalasHapus
  25. iya pak...ini lagi ikhtiar cari penggantinya, sementara itu dompet2 saya sembunyikan dulu. Do'ain cpt dpt ya pak...

    BalasHapus
  26. ckckckckck.... ga nyaman bgt mba punya art ga jujur kaya gitu.
    udh deh pulangin aja dr pada mba tika sendiri yg makan ati

    BalasHapus
  27. -sigh-pdhl tuh anak baik sama anak2, gak galak gitu. Sbnrnya banyak potensi kebaikannya, tp terlanjur dah gede gini, tambah susah lah kl dibimbing. Do'ain aku cepet dpt pengganti ya mbaak..

    BalasHapus