Senin, 29 November 2010

[PRT] Baru Lagi

Sejak Sinta ingin pulang ke Malang dan aku plus suami juga ingin ganti PRT, mulailah hunting sana-sini. Tiba-tiba ingat kalau di PAUD-nya Farah ada beberapa PRT yang antar anak-anak, mereka berasal dari Sukabumi, Karawang, dan daerah sekitarnya. Jadi aku minta Sinta untuk cari info kalo ada orang yang mau kerja, dan alhamdulillah ada satu dari Sukabumi. Dengan bekal no hp, hati sudah lumayan tenang, sudah dapat calon, tinggal dihubungi saja.

Ternyata no hp itu punya kakaknya Siti, si mbak yg mengantar Raken, teman PAUD-nya Farah. Info dari mbak Iyan, kakaknya Siti, bahwa yang mau kerja masih ABG usia 18 tahun namanya Lina. Si Lina ini tidak punya hp jadi kalau mau tanya-tanya harus lewat mbak Iyan. Hem...baguslah tidak punya hp, awal yang bagus, jadi nantinya kalau kerja tidak akan asyik sendiri smsan atau telpon-telponan dong ya. Katanya si Lina ini sudah beberapa kali kerja, sempat juga di Jakarta Pusat, kerjanya beres-beres rumah dan jagain anak. Oke deh kalau begitu, deal aja, langsung janjian kapan mau diantar ke Jakarta.

Sesuai kesepakatan, mbak Iyan mau antar Lina dengan diganti ongkos busnya Rp. 200.000,-. Kemarin sore datanglah Siti, mbak Iyan, Lina dan dua orang laki-laki yang ternyata masih sepupunya Siti dan Lina. Oooo ternyata satu keluarga besar banyak yang kerja di daerah Mampang, ada yang jadi PRT ada yang kerja di konveksi. Kata mbak Iyan insyaAllah Lina betah, karena kakak-kakaknya di Mampang semua.

Awal lihat Lina, suami langsung bisik-bisik kalau kelihatannya nih anak kok kurang sreg di hati (suamiku biasanya memang suka nilai orang kaya gitu). Ngobrol-ngobrol dikit, sempat cerita kalau Lina kerja terakhir kemarin selama 5 bulan dan minta pulang karena jarang dikasih makan (??!!), dan akhirnya mbak Iyan pamit pulang. Si Lina....duduk diam saja di tempatnya, mungkin masih malu-malu ya, tapi aneh juga. Katanya sudah sering kerja pegang anak, ini kok sama anak-anak cuek saja, tidak SKSD. Malah Syifa yang mendekat trus tanya-tanya siapa namanya, rumahnya di mana, dll. Lina hanya menjawab sedikit-sedikit dengan suara pelan, kurang antusias menghadapi Syifa.

Dari pengalaman sering berinteraksi dengan banyak PRT, kalau memang sudah biasa pegang anak-anak harusnya ramah, terlihat antusias, atau SKSD gitu ya sama anak, ini diam saja. Apa karena malu? Tapi tidak berlanjut sampai hari berikutnya dong ya. Seperti hari ini, saat kutelpon Sinta dan mbak Anik minta pendapatnya, mereka bilang kalau Lina dingin terhadap anak-anak, waduh. Selain itu dia kurang tanggap, misal nih suami mau ngepel lantai semalam, eh dianya tetep aja duduk si lantai tidak segera pindah. Dan sejak kemarin hingga sekarang dia belum mau makan, ditawari terus tapi selalu menolak, lhah piye tho iki?? Ntar kalau sakit gimana?? Hiks...moga-moga karena dia masih newbie yah, masih malu kali, masih canggung, masih adaptasi...semoga...

Suamiku maunya ganti aja deh, ganti aja deh. Ampun pak, susah ini nyarinya. Ya sudah, kasih kesempatan dulu sama Lina. Ntar malam pulang kantor juga saya mau turun tangan, mentraining langsung deh. Kalau sama anak-anak harus ramai, "cerewet", banyak cerita, banyak ajak main, ngemong lah gitu, jangan cuma diam aja lihatin anak-anak doang.
Tentang sisi positifnya selain dia tidak punya hp, Lina alhamdulillah rajin sholat. Baguslah, tidak usah ngejar-ngejar seperti kalau menghadapi Sinta.   

Alhamdulillah ada mbak Anik, dia sayang banget sama anak-anak, kerjaan rumah juga beres. Jadi sambil melihat perkembangan Lina, semua tanggung jawab diserahkan ke mbak Anik. Untung juga Sinta belum kupulangkan, sekarang tugasnya mendampingi Lina. Semoga ada perubahan, waktu yang dikasih suamiku cuma seminggu saja. Kalau masih belum beres ya harus dipulangkan. Bismillah.....

18 komentar:

  1. Amin...smg mbak barunya berubah menjadi baik & sayang anak2 ya bund...
    biar ibunya tenang ninggalin anak2...

    BalasHapus
  2. Amiin...iya mbak...moga2 bisa diarahkan.

    BalasHapus
  3. biasanya sih, kalau kesan awalnya begitu...kelanjutannya begitu juga mbak...but moga saya salah...

    BalasHapus
  4. nah ini irt turun langsung membimbing prtnya.. semoga lancar ya mbak..

    BalasHapus
  5. Mg2 cmn malu aja yo mb tika..emang tugas utamanya momong syifa n farah ya?

    BalasHapus
  6. barusan telpon rumah...dan....dapat laporan kalau Lina seharian cuma diam saja. Kalaupun dimintai tolong Sinta ataupun mbak Anik cuma bilang ya tapi tidak dikerja....duh alamat niih...

    BalasHapus
  7. kalau modelnya kaya gini bisa bahaya mbak kl saya gak turun tangan langsung...lha kasihan anak2 dong.

    BalasHapus
  8. karena ada mbak Anik yg PP tugasnya bagi2, tidak full momong anak2. Saya lebih percaya sama mbak Anik kalau urusan anak2.

    BalasHapus
  9. Daftar ah, sebagai pengganti lina :)

    BalasHapus
  10. xixixi...yuuuuk mbak........mariiii...pulang ke Indonesia ajaaah...... :D

    BalasHapus
  11. Lah, emang dah di indo kok, lagi nyari kerjaan :)

    BalasHapus
  12. lhoh masa sih....kok aku nggak ngeh ya kalo baca postingan mbak...klewat kl gitu....
    walah ntar gak kuat di gaji aku haha

    BalasHapus
  13. Hahaha.. Mbak di Malang ya? Haduh, takutnya malah saya yang ngacir ke bromo kalo ada di malang. Motoin gunung, Mbak Hahaha...

    BalasHapus
  14. saya skrg di Jakarta kok.....jangan motoin Bromo, mau mbleduk tuh gunungnya....bahayaaa.

    BalasHapus
  15. Lah justru di situ keunikannya, Mbak. Owh sekarang di Jakarta tho, Mbak? Yo wis, semoga Lina adalah yang terbaik. Kalo masih cari, hubungi aku aja *semoga belum terbang lagi* kerja kadang bukan masalah gaji aja, Mbak. Tapi kenyamanan dan kesesuaian juga *hadeuh, st deh aku*

    BalasHapus
  16. Suami juga udah setuju, Lina mau dipulangkan saja. Barusan dapat laporan dari Sinta dan mbak Anik, kayanya susah deh kalo mau ngajarin dari awal satu-satu.

    Beneran nih mbak...yo wis aku maju deh....tak PM yaaaaa.....

    BalasHapus
  17. Sudah diputuskan ya Mbak, kalau gitu moga segera dapat gantinya yang lebih baik....

    BalasHapus
  18. @mbak Lei : Sebenarnya mau dikasi kesempatan, tapi dapat laporan kok anaknya nggak cepat tanggap, jd bakalan susah diajari. Drpd jd beban lebih baik dipulangkan saja. Amin, mg2 cpt dapat ganti.

    BalasHapus