Sabtu, 13 November 2010

Haid Terlama

Bertahun-tahun, siklus haidku normal. Lama waktu haid 5 hari, maksimal 6 hari. Siklusnya antara 21 sampai 27 hari. Begitu terus hingga bulan ini ternyata jadi berbeda.

Sejak keguguran setahun yang lalu dan telah dinyatakan bahwa rahimku bersih meski tanpa kuret, baru tiga kali aku cek ke dsog. Kali pertama periksa aku mendengar kabar buruk, kata dokter di rahimku ada kista. Kaget lah, takut juga. Tapi saat itu dokter berpesan untuk cek ulang bulan depannya, agar lebih pasti katanya. Namun aku punya keinginan lain, cari second opinion tentunya. Dan untuk itu aku harus pergi ke kota Makassar mencari dokter lainnya, dan harus menempuh 8 jam perjalanan dari Majene. Alhamdulillah, kata dokter di sana, rahimku sehat dan siap untuk hamil lagi. Lega mendengarnya :D. Kali ketiga, bulan Januari 2010 ketika mudik ke Malang, aku menyempatkan diri periksa lagi. Alhamdulillah, hasilnya bagus, normal, sehat.

Keinginan hamil lagi? Tentu ada tapi ragu juga, entahlah. Sampai sekarang Allah belum mengkaruniai kesempatan itu ternyata, aku sih enjoy saja.

Akhir bulan lalu aku merasa h2c, sudah seminggu terlambatnya. Deg-degan dan penasaran, akhirnya beli test pack. Tapi ternyata hasilnya negatif tuh, dan besoknya akhirnya haid juga. Kecewa? Ah, tidak juga. Tanggal 1 Nop aku mulai haid, tanggal 5 kukira hari terakhir dan tanggal 6 biasanya sudah bersih. Eh, ternyata tanggal 8 keluar lagi lho, heran juga. Ga banyak sih tapi kok ga selesai-selesai ya? Bingung dan kuatir, sampai sekarang tanggal 13 masih belum berhenti juga. Aku nggak sholat sih, nunggu batas normal waktu haid yang 14 hari. Kalau sampai lewat tanggal 14 masih keluar darah juga, baru deh aku sholat, karena mungkin darahnya sudah darah penyakit alias istihadhah. Moga-moga saja tidak ada apa-apa. InsyaAllah ntar senin sepulang kantor mau periksa ke dsog, sekalian pap smear aja deh. Takut juga, parno neh.

10 komentar:

  1. smoga ga ada apa2 ya mba..
    Aku dulu sblm hamil, malah pernah sampai 21hr hehehehe...
    Sampe bener2 bersih sih sih aja deh..

    BalasHapus
  2. waduh...lama juga ya...iya, kelihatannya lebih baik kontrol ke dsog saja supaya lebih jelas kenapa. cepar sehat lagi yaaa...

    BalasHapus
  3. papsmear juga harus ditentukan waktunya mbak ... semoga hasilnya tak ada masalah apa2 ya..

    BalasHapus
  4. ah semoga ga ada apa2 ya mama tika.... segera ke dokter kandungan saja....agar makin jelas dan tidak resah menduga-duga

    BalasHapus
  5. Aku lho ga pernah... :P
    Semoga semuanya baik2 saja yah mbak.. :)

    BalasHapus
  6. tenang aja mb, khan blm sampai 15 hari...

    ohy, mf sebelumnya.yg ans tau itu tmsk darah istihadzah klo dah lbh dr 15 hr bukan 14 hr...

    BalasHapus
  7. mak lulu : wow lama bgt ya, hbs pembalut brp bungkus tuh?

    @mbak nia : iya ni, dah parno aja mikirx

    BalasHapus
  8. @uni dian : he-eh, sptx hrs konsul dsog ya, kpn hrs pap smear.

    @mb niqen : amiin, mg gpp ya.

    @muse : wah, kl sampe pernah bs bahaya muse haha. Amiin

    BalasHapus
  9. @ans : thx dah mampir di rmhku, kuinvite ya, tmbh saudari :). Iya, 15 hari ya, thx dah dikoreksi.

    BalasHapus