Jumat, 26 November 2010

Salah Sekolah?

Menyesal...kenapa kemarin tidak survey dulu sebelum memasukkan Syifa ke PS (Persiapan Sekolah) di salah satu sekolah swasta dekat rumah. Dalam bayangan saya kemarin, persiapan untuk masuk SD ini akan menyenangkan bagi anak. Memperkenalkan huruf dan angka, belajar nulis dalam keceriaan, sambil bermain dan bernyanyi, seperti itu. Ternyata kenyataannya, anak benar-benar dituntut untuk bisa menulis, membaca, berhitung (menjumlah dan mengurangi). Syifa tentu kaget (mungkin begitu juga anak-anak yang lainnya ya), terus terang saya belum menekankan "harus bisa" padanya, saya hanya sebatas mengarahkan, tidak memaksakan (meski kadang kebablasan seperti yang sudah diposting sebelumnya).

Setiap hari Syifa membawa pulang PR, dan kelihatannya dia mulai merasa tidak nyaman. Beberapa hari ini dia mengeluh capek menulis di kelas. Saat disuruh bu guru untuk menyalin PR, Syifa cuek tidak mau menulis, dan akhirnya bu guru yang menuliskan di bukunya untuk agar kemudian Syifa salin lagi di rumah. Saya hanya berpesan pada Syifa, kalau dia capek ya nggak apa-apa, nanti saja menulis di rumah dengan Umi.

Dan seperti halnya anak SD, tanggal 29 nanti ada jadwal UTS bagi siswa-siswi PS. Alamak, anak usia 4-5 tahun pakai UTS segala??Hahaha, ketawa miris deh jadinya. Sempat saya bicara dengan bu gurunya agar Syifa tidak usahlah ikut UTS. Disamping saya rasa itu tidak perlu, juga karena Syifa belum siap. Semua siswa yang lain mulai masuk sekolah bulan Juli yang lalu, sedangkan Syifa baru satu bulan ini. Tentu saja banyak ketertinggalan Syifa dibandingkan dengan teman-temannya yang lain. Saya khawatir ini akan membuat Syifa merasa tidak pede. Semalam ketika pulang kantor, Syifa bercerita bahwa dia mendapat nilai 0 dalam berhitung. Yah, Syifa memang belum pandai berhitung apalagi kalau dalam jumlah yang banyak.

Menyesal...kenapa kemarin tidak dimasukkan saja ke TK di dekat rumah, yang meski juga ada belajar calistungnya, tapi anak bisa bermain dan bernyanyi, dan tentu saja tidak ada UTS-nya lah. Memang sih, masuk ke PS juga atas permintaan Syifa sendiri, karena semua anak-anak di sekitar rumah bersekolah di sana. Tapi ini menjadi satu penyesalan pada diri saya, kok ya kurang tanggap ya. Mudah-mudahan Syifa bisa enjoy menjalaninya, saya tidak akan memaksa, dan saya akan terus menyemangatinya.

Keluar dari PS dan pindah ke TK?? Saya berpikir juga kesana, tapi Syifa bilang mau sekolah di PS saja. Heemm....dilihat saja nanti bagaimana perkembangannyalah. Tapi untuk masuk SD, berapa umur yang ideal ya? 6 atau 7 tahun?


26 komentar:

  1. Kalau negri setau saya 7 taun mbak. Kalau swasta tgantung sekolahnya. Memang TK skrg harapan bisa calistung. Krn di SD harapannya sudah bisa semua.

    Lebih berat sekolah anak2 ini mbak drpd kita dulu, :)

    BalasHapus
  2. kalau dulu sih 7 thn, tp kalau sekarang kayanya 6 thn ya ?
    ya udah dilihat dulu bbrp bulan ke depan kali ya ... tp kasian juga kalau sampe stress...

    BalasHapus
  3. persiapan sekolah itu sama dengan tk?
    wah, kalau diberi pr terus, anak pasti bete.
    masa-masa pra sekolah kan masa-masanya bermain (sambil belajar). atau pelajaran yang disampaikan lewat permainan. :D

    BalasHapus
  4. 6 thn bun biasanya kalau masuk SD
    dan ada beberapa SD yg sudah menganggap anak2 yg masuk sekolah tersebut sudah bisa calistung. jadi mulai cari2 tahu SD yg disekitar rumah bunda konsepnya gimana.
    soalnya kalau anaknya belum bisa calistung akan lebih keteteran lagi di SD nya nanti
    jadi carilah SD yg sejalan dengan konsep belajar dalam pikiran bunda....sukses!!

    BalasHapus
  5. yup, sama kyk nadia dulu.
    blm genap 4th minta masuk TK.
    dah telat masuknya akhir oktober, kan TK mulai berjalan sejak juli.
    krn dia dah pingin bgt sekolah sejak umur 2th, akhirnya dipenuhi jg permintaannya.
    tiap hari nadia kuajak dialog. mo tetep sekolah ato belajar di rmh aja? sambil kuberi tau masing2 konsekuensinya.
    setelah menimbang, jwbnnya selalu pingin sekolah. dan itu terjd terus-menerus.
    sambil buka komunikasi dg sekolah ttg nadia dan cara efektif menanganinya, alhamdulillaahi nadia makin betah sekolah.
    serahkan saja keputuisan pd anak. kita cuma mendukung & membimbingnya :)

    BalasHapus
  6. kalau bunda mau bisa loh persiapan sekolah dilakukan dirumah lewat kegiatan sehari-hari saja ...misalnya sambil memasak ananda diminta membantu mengambilkan 5 buah siung bawang..menakar 3 gelas ukur beras....praktek memuat kue sembari anak membaca resep yang udah dan anak menakar bahan-bahan....

    BalasHapus
  7. udah ada UTS...? berat sekali kurikulumnya..
    tp selama syifa enjoy biarkan aja mba, asal bundanya jgn kejar target. anggap aja sekolahnya emang buat main2..

    usia ideal masuk sd kl ga salah umur 7 thn deh

    BalasHapus
  8. iya, jaman kita dulu nyante banget yak?? Itu aja dulu kayanya jg udah cukup ngoyo...

    BalasHapus
  9. takutnya dia stres, tp moga2 aja nggak.

    BalasHapus
  10. saya kira sama pak, ternyata nggak tuh, udah kaya SD malah, cuma bedanya waktunya aja 1,5 jam aja.

    BalasHapus
  11. iya, kasihan kl keteteran nantinya ya. Dari sblm pindah ke Jkt, pengen banget masukin anak ke sekolah alam. Sayang adanya di Depok n sekitarnya, suami gak mau kontrak rumah di sana, jauh ma kantor.

    BalasHapus
  12. selama Syifa suka insyaAllah jalan terus...makasih mbak :)

    BalasHapus
  13. pengennya gitu, tp saya kerja full time bun....

    BalasHapus
  14. itu dia..kok make UTS sgala sih, heran dweh. Aku nggak kejar target, tapi takutnya aku terpengaruh juga nantinya, gitu....

    BalasHapus
  15. itulah kesalahan silabus sekarang.saya punya nenek yang dulunya guru tk top di medan.begitu ada silabus tentang calistung,nenek saya langsung demo beserta teman temannya.langsung dia bilang,anak 4-5 tahun itu jangan dikasih pelajaran berat dan dia jadi belajar tanpa tahu konsep yang di pelajarinya.lebih baik aktifitas motorik kasar dan halus dulu......

    BalasHapus
  16. baru denger ada PS...ketinggalan jaman neh hiks...mirip2 les gitu yah?
    Anyway smg Syifa mendapat yg terbaik^^

    BalasHapus
  17. iya, anak2 yg jadi korban ya....kasihan...hiks....
    coba semua ibu2 se Indonesia demo ajah ya....*ngayal*

    BalasHapus
  18. PS ini kayanya cuma bikinan sekolah swasta dekat rumah saya kok mbak. Kalau dibilang mirip2 les. bener juga sih.
    Amiin....thx mbak do'anya.

    BalasHapus
  19. kan lmyn mbak....bisa panen duit mereka. Kukira kaya TK ternyata kaya sekolah beneran, daftar kmrn 800rb lebih.

    BalasHapus
  20. kayanya tergantung anak deh mau masuk sd umur 6 ato 7.. yang penting jangan jadi sekolah itu bikin stres anak.. semoga sukses dan betah sekolah ya syifa..

    BalasHapus
  21. mkn lebih matang dan siap kl 7 tahun yah mbak....takutnya kl 6 tahun anak blm siap, masih mau main aja.
    Moga betah sekolah...amin.

    BalasHapus
  22. Aku saya Wyna masuk TK umur 3,5th dan masuk SD umur 5,5th (itu juga karena keinginan Wyna)..dan emang di TK sdh diajar membaca, menulis & berhitung..bahkan nanti waktu di TK B anak sudah diajar penjumlhan & pengurangan.. di SD udah tinggal mateng aja.. beda dgn waktu kita kecil dulu mbak.. di TK cuma main & nyanyi, baru di SD belajar membaca, menulis berhitung... emang kasihan anak2 skrang

    BalasHapus
  23. Kalau anaknya enjoy, bahkan suka banget diajari calistung mkn sbg ortu kita tenang ya. Tapi kalau anak terlihat merasa terbebani dan tidak enjoy...saya juga jadi ga tenang. Sekarang sih saya liat dulu perkembangan Syifa, mau lanjut ikut PS atau tidak.

    Btw thx 4 sharing :)

    BalasHapus
  24. bunda di daerah mana sekarang..dulu anak saya di TK Annur ,pesanggrahan,dianya ga mmerasa terbebani...ga taunya pas masuk tk di bandung,anaknya stress

    BalasHapus
  25. Saya sekarang di Jaksel bun....
    Enak ya kalau misal banyak sekolah yang friendly gitu..*ngayal*

    BalasHapus