Senin, 15 November 2010

Teori vs Praktek

Tentang parenting.

Teorinya anak-anak seumuran Syifa yang baru 5 tahun 3 bulan itu hanya diperkenalkan saja dengan calistung, tidak boleh dipaksa.
Prakteknya kalau mau masuk SD harus sudah bisa calistung, kalau mau mengandalkan perkenalan saja ya mana cukup modalnya, tiap hari menyuruh Syifa belajar calistung termasuk maksa gak ya??

Teorinya sebagai ortu harus bersabar, banyak senyum, banyak memotivasi anak dengan perlahan-lahan.
Prakteknya bagaimanapun entah kenapa semua itu hanya bertahan pada 5-10 menit pertama saja,selanjutnya bisa dongkol, sebel, gemes, mata mulai melotot, suara mulai meninggi.

Teorinya anak seusia SYifa kemampuan menulisnya belum sempurna, dan akan bagus di usia 7 tahunan. Jadi wajar kalau menulisnya masih acak adul, nulis huruf a kaya kecebong pake ekor panjang (sebenarnya kalau dilihat lucu banget, bikin geli). Sudah bagus banget kan dia sudah tau bentuk-bentuk huruf dan minat belajar semua itu.
Prakteknya aku kok secara nggak sadar nuntut dia lebih. Padahal aku sadar sesadar-sadarnya aku nggak boleh memaksa, mengkritik terlalu banyak yang mana akan mematikan kreatifitasnya, atau malah memadamkan kemauan belajarnya. Harusnya aku cukup memaklumi, mensupport, dan mengelus punggungnya seraya menyemangatinya!!!

Aaarrgghhh.....gemes banget sama diri sendiri!! Maafkan ummimu ya nak...ummi juga sedang belajar, belajar sabar, belajar memahami orang lain, manusia kecil seperti dirimu, belajar menjadi orang tua teladan tanpa tuntutan dan bisa mencintai tanpa syarat.

27 komentar:

  1. benerrrr teori kadang cm jd panduan yg harus disesuaikan sm prakteknya, hihihihih

    BalasHapus
  2. Mbaaak samaaaa, hiks, aku malah kmrn2 pengen nge-blog soal ini

    BalasHapus
  3. Lanjut komen ya mbak..anakku umur 5 taun 2 bulan, anaknya blm bisa nerima kekalahan, jd klo ada tmen2nya di skolah yg duluan ngerjain sesuatu dia mewek weeeew (lhah jd curhat)alu aku diskusi2 ama suami dan adikku (yg praktisi pendidikan)

    BalasHapus
  4. Iya_sama_anak_ku_juga_5th_6bln_suka_begitu
    Ternyata_jadi_orang_tua_harus_belajar_sabar
    Juga_ya...he2...

    BalasHapus
  5. kalau dari diknas -katanya- tidak boleh, tapi kok?

    BalasHapus
  6. mba tika beli buku sekolahnya manusia deh.. bagussss...

    BalasHapus
  7. pgn lbh banyak posting ttg anak2, untk lbh bs mbuatku brkaca.

    BalasHapus
  8. @mbak fera : hasil diskusinya apa mbak? Share dong di blog...biar tmbh kaya pengalaman ni.

    BalasHapus
  9. iya banget, krn sbg ortu tryt benar2 diuji kesabarannya tiap hari -sigh-

    BalasHapus
  10. Indonesia kan negeri -katanya- pak...haha

    BalasHapus
  11. Wah, jd penasaran nih. Lsg masuk wish list deh. Thx infonyaaa.

    BalasHapus
  12. Naah, yang belum dapat kesempatan praktik jadi tambah bingung ini :D.

    BalasHapus
  13. tul bund...kita mmg harus punya stok sabar yg banyak..
    seandainya ada yang jual ya bund, hehehe

    BalasHapus
  14. mbaaakk.........share ya
    utk hal ini aku sudah paten ga bs di ganggu gugat
    selama masa-masa balita,di bawah 5 thn gitu,ga ada acara belajar calistung
    tapi bagaimana mempersiapkan dia calistung
    kebetulan sekolahnya menunjang hal seperti itu
    di sekolah yg ada cuma belajar meronce,menjepit,meremas koran dsbnya
    ini utk melatih motorik kasar halusnya kakak
    terus utk huruf dan angka...dgn bermain,asik banget
    contohnya ya mbak....mancing ikan2an,trs waktu mancing ikan,tuh ikan ada warnanya,ada huruf atau angkanya....
    trs belajar huruf dari bunyi juga
    pokoknya asiik banget
    saya yg utama dia seneng membaca,bukan bs membaca
    so..dengan permainan2 yang asik itu di usia 4 thn tanpa sadar kakak bisa mengenal huruf
    usia 5thn lancar membaca...kalau menulis sampai sekarang blm saya latih,semaunya aja
    krn dia baru 6th,motoriknya msh hrs berkembang.....

    utk ade saya jg menerapkan hal yg sama,di usia 28 bln ini,kesenangannya akan bacaan mulai timbul,setiap hari dia membawa buku2 bacaan balita........"aca aca bun"
    so saya harus ekstra rajin membacakan cerita buat 2 buah hati
    sekarang ade sudah mulai membaca gambar,jd bacaan2 yang saya bacakan sudah mulai mengena dan dia mulai membaca gambar2nya sesuai jalan cerita yg pernah saya bacakan

    maaf kalau ga berkenan

    BalasHapus
  15. iya mbak, ntar tak blogging deh biar luengkap ceritanya :D

    BalasHapus
  16. sama, saya juga tau teorinya tapi prakteknya susaaaaaaah....

    BalasHapus
  17. jangan bingung sekarang mbak...belum waktunya hehe.

    BalasHapus
  18. betuuuuuull..........apalagi yg kita hadapi nggak cuma anak-anak. Pantas surga ada di telapak kaki ibu :)

    BalasHapus
  19. berkenan kook...makasih banget malah atas sharingnya. Aku salut sama mbak bisa nerapin seperti itu, itu juga keinginanku, sayang aku selama ini kurang semangat dan konsisten hiks...
    Thx sharingnya ya........

    BalasHapus
  20. qeqeqe....idem juga ya, tapi mendingan mbak sepertinya hahaha.

    BalasHapus
  21. terinspirasi, aku nulis juga soal ini barusan T_T

    BalasHapus
  22. hehe udah main kesana, idem juga, yg mbak sebutkan aku juga banyakan lupanya daripada inget hiks...

    BalasHapus