Kamis, 11 Oktober 2012

[Syifa] Kena Cacar

Untuk pertama kalinya, Syifa sakit cacar air. Pantesan selama seminggu belakangan ini dia sering hangat badannya kalau malam, suka ngigau, dan mengeluh badannya pegel-pegel minta dipijitin. Kukira hanya batpil biasa lah, tidak disangka hari Selasa sore muncul bintik-bintik merah di sekujur tubuhnya. Kaget lah ya, tapi berusaha ga parno. Langsung gugling as usual, dan ngasi beberapa instruksi ke si mbak di rumah. Bintik-bintik merahnya berisi cairan dan gatel, diolesin minyak but-but aka minyak herba jawi andalan di rumah. Syifa diminta agar tidak menggaruk-garuknya. Mbak Anik bilang Syifa ga boleh mandi, oh no, padalah harus tetap mandi dong ya, agar kuman-kuman tidak makin keenakan ngendon di kulit Syifa. Harusnya mandi dengan air yang ditambahi larutan PK ya, tapi aku belum beli. Obatnya saat ini hanya madu, propolis 5 tetes 2x sehari, banyak minum dan makan buah. Aku memilih untuk tidak ke dokter.

Sembari memijit, kami mengobrol, ternyata salah satu temannya di sekolah baru saja terkena cacar air juga. Setelah semingguan tidak masuk sekolah, beberapa hari yang lalu dia masuk sekolah kembali dan sering bermain bersama Syifa. Pantes, tertular kayanya ya. Pas daya tahan tubuh Syifa mungkin sedang drop, si virus ini menyerang, yo wis kejadian.

Khawatir nih kalau Farah dan Azzam tertular si cacar, tapi kok susah untuk meminta mereka bertiga agar tidak saling berdekatan. Syifa sejak Selasa tidak masuk sekolah, dan bosan kalau selalu berbaring di tempat tidur. Apalagi, kondisi badannya sudah jauh lebih enakan, hanya si bintil-bintil cacarnya saja yang belum semuanya pecah. Semoga saja adik-adiknya tidak ikut tertular, Amin.

4 komentar:

  1. lebaran kemarin naya kena cacar air..
    propolis nya selain diminum juga diolesin ke bintil nya..
    alhamdulillah cepet kering..

    BalasHapus
  2. oh iya ya, si naya hbs kena jg. Aisi, siap laksanakan, propolis dioles ke bintilnya! thx say.

    BalasHapus
  3. Syifa udah sembuh blm mbak?
    tetep harus mandi loh.. oia, dulu mamah malah sengaja aku, mas wahyu, mas lukman kena cacar semua, biar sekalian hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah say, dan adik2nya ga tertular :D
      Eh, aku kepikiran gitu loh kemarin. Makanya dia kubiarin aja kruntelan bertiga, tapi ternyata Farah n Azzam ga tertular hihi.

      Hapus