Kamis, 16 Desember 2010

(Episode RS) Dokter vs Pasien

Jaman sekarang, susah menemukan dokter yang idealis, informatif, baik hati, dan tidak sombong. :( Bagi pasien atau ortu pasien yang sudah mantap hati dan terutama mantap ilmu, pasti tidak akan menerima mentah-mentah anjuran dokter, apalagi ada juga yang menyesatkan -hiiy syereem-. Amat sangat diperlukan second opinion dan sedikit banyak kurang lebih tukar tambah -halaah- ilmu tentang kesehatan.

Untuk ortu parno macam saya, ilmu saja kurang, harus ditambah rasa pede dan kemantapan hati. Benar-benar saya harus banyak belajar, be positive gitu.

Kasus Syifa, entah lebay atau tidak dokter amat sangat menyarankan opname. Dalam kacamata saya, Syifa kena radang tenggorokan dan leukosit tinggi karena memang lagi demam. Terus terang, merah-merah gatal di badannya saya belum tahu apa itu. Bidurankah? Saya belum punya pengalaman tentang hal ini, jadi saya parno hehe. Apalagi ketika dokter bilang dengan mimik kaget bahwa leukositnya tinggi banget, 22.000 lho. Jadi akhirnya ga kepikiran mencari second opinion, apalagi dengan keadaan Farah juga lagi opname. Siapa yang akan mengantar Syifa ke dokter lain? Abinya? Wah, anak-anak akan rewel apalagi bila diperiksa dokter
tanpa ditemani uminya. Selain itu, kalaupun saya ngotot Syifa rawat di rumah, saya tidak bisa menjaga dan menemaninya. Menyerahkan sepenuhnya ke para mbaknya, duh ga tega. Akhirnya saya setuju untuk opname Syifa.

Semalam Syifa diberi antibiotik yang harganya mahal, obat paten katanya. Ya sudahlah. Alhamdulillah, merah-merah di badannya sudah hilang dan sudah tidak panas lagi. Tadi pagi juga dapat 2 macam suntikan di infusnya plus antibiotik mahal lagi-nyesek-. Duh jadi kotak amal ni badan anakku. Jadi pengen ketemu dokternya, pengen nanya-nanya. Pengen cepat pulang dengan anak-anak.

18 komentar:

  1. semoga episode RS ini segera berakhir ya mba :)

    BalasHapus
  2. Smoga cepat sembuh anaknya ya mba.., memang tinggi itu 22rb,curiganya lebih ke bakteri, sedih mmg kalo liat anak sakit apalagi hrs tindakan macem2x..yg sabar ya mba..

    BalasHapus
  3. @mbak nia-anak : Amin.. Mg2 cpt the end biar ga kaya sinetron

    @mb nia-ibu :Amiin

    BalasHapus
  4. @mb nieke : iya, bakteri. Hati ngilu bgt ya liat anak2 ditusuk2 hiks

    BalasHapus
  5. smoga cepat sembuh ya syifa....Aminnnnnnn

    BalasHapus
  6. jika berkenan belajar jd smart parent yuuk, coba gabung ke milis sehat ato beli buku q&a smart parents for healthy children nya dr purnamawati, maap jika kurang berkenan. semoga badai cepat berlalu ya

    BalasHapus
  7. just curious pentingnya obat paten itu...pengalaman anak saya Salim, setelah beberapa hari ngamar, saya minta pulang paksa, karena selain obatnya 'ndak jelas' juga tidak relevan *nanya ama mbak Ianpokian juga sih*

    BalasHapus
  8. Di saat terjepit begitu memang agak-agak panik ya Mbak.... Ilmu-ilmu yang udah dipelajari jadi pada sembunyi. Cutinya udah habis karena kemarin pindahan itu ya?

    BalasHapus
  9. tdk bermaksud utk mengecilkan pendapat dokter di RS tsb...(unfortunetelly im a doctor too)
    Kl sdh msk RS memang pasti dikasi obat yg (ktnya) paten (cenderung keras!), krn alangkah malu, bingung dan takut jd mencemarkan institusinya sendiri apabila pasien berlama2 di RS karena diberikan obat yg ringan & hanya disuruh tidur & makan (dgn harga yg tdk relevan). Padahal inti dari sakit, pengobatannya hanya istirahat total, memulihkan pertahanan tubuh dengan makanan yg cukup gizi dan obat seperlunya (disesuaikan dgn penyakitnya)

    tp kenyataannya memang spt itu kondis RS-RS di sluruh Indo ini.....agak menyedihkan, tp ndilalah begitu bny org yg RS minded, dan Panic attack minded, sehingga sdikit2 ke RS, sdikit2 ke dokter, sdikit2 antibiotik......

    Maaf bunda syifarah, aq jg tdk bermaksud mengecilkan kepanikan mu, siapa yg tdk panik kl anaknya sakit.......tp alangkah baiknya bila dipertimbangkan lg bila si kecil sakit (apalg di keluarga tdk ada riwayat penyakit berat)...insyaallah anak2 mempunyai pertahanan tubuh yg baik bila bunda memberikan asupan yg baik pula......salaam

    BalasHapus
  10. pasien berhak untuk meminta obat alternatif; obat generik, misalnya.

    BalasHapus
  11. @pak tian : kmrn suami main tanda tangan persetujuan obat. Pdhl sy msh nanya2. Skrg nyesel.

    BalasHapus
  12. @cheithea : ijin ntar ku pm ya...need advice gratisly :p
    Sedikit2 ke dokter? Sblmnya tidak lho, tapi sejak Syifa kena DBD dan Farah kok ya kena Typus, akhirnya jd parno, meski -maaf- lari ke dokter tp ga trlalu percaya dokter hehe. Akhirnya malah hati ga tenang. Pgn nyari second opinion, tp dr dokter yg ''bener''.

    BalasHapus
  13. @mb lei : aq dah ga masuk kantor sejak senin, nunggu farah di rs mbak. Makax kl syifa rawat di rmh, yg jaga ya mbak2nya, kasihan jg. Makax aq mutusin kmrn biar rawat inap sama farah.

    BalasHapus
  14. @pak syam : Smg ini pengalaman trakhir pak. Pahit memang, tp sbg pelajaran. InsyaAllah bsk sy mau minta pulang saja. Meski berarti bakal mhadapi bu dokternya.

    BalasHapus
  15. @alfian : thx ajakannya. Mau banget!! InsyaAllah segera gabung.

    BalasHapus
  16. @mb shanti : aq ijin dari senin kok mbak, rencana sampai senin depan.

    @yurie : Amin

    BalasHapus