Selasa, 21 Desember 2010

Buku-Buku MeMa (Mewah dan Mahal)

Teringat suatu waktu beberapa tahun yang lalu ketika masih bertugas di Luwuk, Sulawesi Tengah sekitar tahun 2003. Kalau tidak salah, majalah yang sempat kubaca saat itu adalah majalah Hidayatullah. Ada salah satu bagian keluarga / parenting yang artikelnya ditulis oleh M. Faudzil Adhim. Beliau menuliskan tentang menumbuhkan minat baca kepada anak-anak, dalam hal ini yang dicontohkan adalah yang terjadi di dalam keluarganya sendiri.

Ada kejadian dimana anaknya tidak mau minum obat ketika sakit, tetapi setelah dibacakan buku cerita balita yang berjudul "Aku Tidak Takut Minum Obat" (ternyata terbitan Mizan), alhamdulillah anaknya mau juga minum obat. Saat itu aku masih LDL dan belum punya anak, tapi rasanya pengen banget duduk manis sambil membacakan cerita untuk anak-anakku nanti. Kisah yang lain adalah ketika anak-anak pak Faudzil menabung karena ingin membeli televisi, tetapi keinginan itu dikalahkan dengan keinginan membeli Ensiklopedi Bocah Muslim / EBM (lagi-lagi terbitan Mizan) yang harganya setara televisi baru. Dari situ aku mengetahui bahwa ada tho buku yang wow harganya dengan angka 0 berjejer-jejer sampai jutaan rupiah.Dalam pikiranku muncul banyak pertanyaan, buku macam apa ya yang mahal banget begitu? Pasti super duper bagus isinya, kertasnya kualitas nomer wahid, dan gambar-gambarnya cantik.

Setelah Syifa lahir, mulailah aku mengenalkannya pada buku. Tapi karena buku yang masuk di akal apalagi dari segi harga adalah buku-buku imut tipis murah meriah, maka buku-buku itulah yang lalu kubelikan untuk Syifa yang alhamdulillah antusias dalam merespon buku-buku yang kubacakan. Sampai akhirnya di kantor bisa konek inet, barulah aku browsing EBM, asli pengen tahu penampakan buku mahal ituh. Dan tercengang deh, ternyata tidak hanya EBM ya, ada ILMA, Halo Balita, dan lain-lain yang terbit kemudian. Harganya....teteeep jutaan. Jadi berkhayal bisa beli dan koleksi buku-buku wow itu, punya perpustakaan mini, dan anak-anak bisa menikmatinya. Hampir tiap kali saat aku konek inet, website bukuspesial.com jadi penghias layar kompiku. Bikin ngiler deh melihatnya.

Sewaktu datang ke book fair Juli lalu di Jakarta, makin terkaget-kaget deh. Buku-buku mahal ternyata tidak cuma punya Mizan saja, banyak juga dari penerbit lainnya. Sempat mampir di stannya Grolier dan Pustaka Lebah. Ada juga satu penerbit yang aku tidak familiar dengan namanya, buku yang diterbitkan juga tebal, warna-warni, dan mahal. Tetapi tetep sih, buatku yang sangat kuidamkan adalah EBM. Saat mbak Ratih sering bikin QN promosikan EBM dkk, aku mupeng berat. Alhamdulillah akhirnya ada arisannya jadi bisa ikutan deh.

Kemarin itu ketika mampir ke meja seorang teman kantor, tidak sengaja aku menanyakan buku apa yang ada di mejanya itu, kok kelihatannya menarik sekali. Ternyata buku tersebut adalah buku Cakrawala Pengetahuan Dasar (CPD) terbitan Tiga Raksa. Temanku ini mencoba menawarkannya kepada beberapa teman. Aku yang tidak sengaja ada di situ jadi ditawari juga. Karena begitu lama mengidamkan EBM dan banyak masukan info tentang buku-buku semacam itu, tentu saja hati ini jadi tergoda hehe. Apalagi temanku ini bercerita bahwa CPD sudah tidak ada lagi dalam versi bahasa Indonesia. Tiga Raksa saat ini menjual buku tersebut versi bahasa Inggris, full import, dan tentu saja harganya lebih mahal, sekitar 5 jutaan. Harga yang ditawarkan temanku hanya 2 juta, dan besoknya turun lagi menjadi 1,6 juta bisa dicicil 6x. Duuuh mupeeeng!!!

Mencoba lobi-lobi ke suami, ternyata suami tidak tertarik. Secara dia memang tidak terlalu doyan buku, jadi tidak masuk di akalnya harga buku sebesar itu. Aku jadi bimbang. Akhirnya kusharing saja di Forum Shalahuddin, dan responnya?? Ya Allah, ternyata banyak teman-temanku yang sudah membeli CPD sejak lama, bahkan sejak sebelum menikah lho. Alasannya untuk persiapan kalau nanti punya anak, daripada harganya juga makin naik dan mahal tentunya. Ckckck, hebat euy mereka berfikir sejauh itu. Bahkan ada beberapa teman yang benar-benar koleksi lengkap, bermacam-macam seri dan juga dari bermacam-macam penerbit. Jadi saat kutanya, mereka bisa memberi masukan yang sangat berarti. Justru karena thread itu, makin banyak orang yang sebelumnya tidak tahu (seperti aku) menjadi tahu, buku mana dan penerbit mana yang lebih bagus bukunya atau lebih mahal/murah harganya dibandingkan dengan mutunya.

Hasilnya...banyak yang berminat pada buku yang ditawarkan padaku itu. Aku tentu saja menjadi semakin semangat untuk membelinya. Apalagi banyak yang bilang kalau itu murah banget dibandingkan dengan harga pasaran, bisa dicicil lagi! Well, bismillah akhirnya aku ambil juga satu paket buku CPD tersebut. Awalnya belum bilang sama suami. PDKT dulu laah...cerita pelan-pelan, tentang threadku di forum, tentang banyaknya peminat CPD. Reaksi awal suami sih malah mau jual lagi tuh buku biar untung, aarrggh gemesss. Aku kan maunya beli buat anak-anak, apalagi mumpung Farah baru saja tertarik dibacakan buku. Dulu dia cuek banget kalau aku lagi bacakan cerita, sekarang nagih terus.

Seneng juga, akhirnya suami (mau nggak mau) setuju juga hehe. Mungkin juga karena melihat Syifa antusias banget mau baca bukunya atau mungkin gak tahan melihat muka memelasku ya?? Hihihi. Dan inilah penampakan CPD-nya.


*gambar dari sini

35 komentar:

  1. Punten, mba aktif di forum solahudin juga? Salam kenal..

    BalasHapus
  2. Euwwww bagus cpd nya. Oya skrg uda tak ada bhasa indonesianya ya? Hikz kalo ada lg dr temenny mb itu, tawarin aku ya mb?

    BalasHapus
  3. bagus banget neng, CPD.. aku beli dari cindai masih 6 bulan...alhamdulillah waktu itu belum banyak kebutuhan ya, anak masih satu dan bayi pula.. kalau sekarang mah gak tau, anak dah 2 dan pada sekolah... alhamdulillah kepake itu bu. selamat ya dapat yang murah, bermanfaat pula insha Allah

    BalasHapus
  4. keren euy koleksi bukunya syifa dan farah...
    di foto donk mba tika perpustakaan mininya.... ^___*

    BalasHapus
  5. lho...mbak nurin member forum shalahuddin jugakah?? Waaa....nicknya siapa?? kok baru ngeh ya.... invite MP yuuk.... :D

    BalasHapus
  6. Iya, yg versi Inggris mahalll.....
    ada nih mau dijual tapi WWP...

    BalasHapus
  7. Aku taunya juga baru sekarang ini, ada buku bagus kaya gitu. Dulu sama sekali nggak tau, selain punyanya Mizan itu mbak. Iya insyaAllah bermanfaat.

    BalasHapus
  8. hehe...masih banyakan bukuku daripada bukunya anak-anak mbak.
    Udah gitu banyak juga buku yang dipinjam orang nggak kembali, jadi belum banyak...

    BalasHapus
  9. keren mba... ngidam CPD jg, tp masih dijanjiin ama BA nya...
    kemarin di telponin jg untuk beli WWP nya, WWP Aisy yg nggak ada walternya, dan blom lengkap, karna dl belinya patungan. entar dl ah... cicilan ET masih blom lunas, hihihihi...^^

    BalasHapus
  10. keren2 banget bukunya...
    moga farah & syifa main haus ilmu & rajin baca ya...

    BalasHapus
  11. aku lihat di bukudedo ada WWP second, cuma kusms gak dibalas2.
    ntar ditunggu testi ET ya..........

    BalasHapus
  12. Emaknya aja sampe blink2 matanya kalau bacain.
    Amiin..moga2 bisa nambah kecintaan anak thd buku.

    BalasHapus
  13. kalo aku dari belum punya anak emang udah ngincer, soalnya ponakanku kan banyak.. pada punya itu dan emang keliatan kepake, makanya waktu punya baby dan ada yang nawarin seneng banget, kredit juga... kalo cash mabok juga yaaa...hehehehe

    BalasHapus
  14. blom dibuka mba... masih bikin janji ama orang TR nya, kapan bisanya.
    baru buka bonusnya aja, A Child First Dictionary nya aja, keren deh...^^

    BalasHapus
  15. blom dibuka mba, masih nunggu orang dr TR nya dateng ke rumah dl.
    baru buka bonusnya aja A Child First Dictionary, kereen dah...^^

    BalasHapus
  16. menarik bgt mba..iya,aku jg bc buku pak fauzil ttg ebm, makanya ikutan arisan hihi..

    BalasHapus
  17. aku suka buku anak jd sblm merit dah ngumpulin buku anak dr bukfer, yg obral en diskonan jd pas pnya anak, buku na banyak hihi..

    BalasHapus
  18. aku dulu kok ya gak kepikiran beli buku buat calon anak ya...hehe...tp gpp lom telat..buat calon anak berikutnya aja...:D

    BalasHapus
  19. enak tuh mbak, banyak ponakan bisa banyak pengalaman jadinya. Bener, bakalan mabok kl cash bayarnya....

    BalasHapus
  20. kamus bergambar gitu kah???
    weeeiiiyyy...ngebayangin ae aku....

    BalasHapus
  21. mauuu dong mb, klo da cpd lg yg seharga itu n bs dicicil..oia dedo pernah liat juga n mupeng juga tp ga da keterangan harganya brp. ada yg bs kasih info???

    BalasHapus
  22. sms aja langsung mbak, dibales kok sama dedo nya
    CPD di dedo ada yg 90rban, ada yg 100rb per buku. Tergantung kondisinya. Met hunting ya........

    BalasHapus
  23. Halo semua :) kalo ada yang minat CPD seken aku ada (yang full bhs indo) 1.350.000 nett. WWP yang lepasan aku juga ada, kondisi 90% muluss. Buku2 Tiga Raksa dan Time Life lainnya kalo ada yang cari seken tapi msh okey, contact yah: 0838 5401 3421 dg Erlyn. Cek multiply-ku : lizerlyn.multiply.com thank you :)

    BalasHapus
  24. nice info..... ntar kusampein ke temen2 yg cari....

    BalasHapus
  25. Buat ibu ibu yang ingin memiliki buku siroh kisah hidup nabi Muhammad lengkap bisa hub saya, buku nya bisa di beli dgn cara cash, cicilan atau arisan, sila sms 081389607721 Nuryanti

    BalasHapus
  26. Jika ada yang minat beli buku CPD second, bisa hubungi saya di WA 082154325548. Tksh

    BalasHapus
  27. ada yang minat dengan buku2 tigaraksa hubungi WA 081326107783/ liat ig ku @faiqoha

    BalasHapus