Senin, 27 Desember 2010

Bu Bendahara Gagal

Gatot lagi deh. Jadi bendahara kantor kemarin nggak becus, lah dalah jadi bendahara RT juga kok bikin keuangan morat-marit ki piye thoooo!!!

*lagi sedih*
Jujur, berkali-kali aku mencoba....-stop, bukan lagu dangdut-
Dipercaya suami tuk atur cash flow RT aja kok susaaaah ya....... Perasaan sudah stop ikutan lelang, sudah stop belanja baju, tapi kayanya malah belanja buku huaaa. Bukan buku CPD yang kuceritain kemarin ya. kalau itu atas persetujuan suami. Ini bulan aku beli buku selain itu ada 5 macem kayanya. Nominalnya tidak bikin keuangan RT langsung colapse kok. Trus dimana salahnya ya...???

Belanja hariankah?? Apa terlalu boroskah?? Harus diteliti satu demi satu, dan aku ingin suami ikut serta dan setiap keputusan garis besarnya. Tidak enak rasanya kalau tiap akhir bulan selalu ditodong dengan berondongan pertanyaan semacam, " Kok sisa duit di ATM tinggal segini?" atau " Kemana saja uang selama sebulan?" dengan muka syok dan tak percaya....-sigh-

Mak-mak MP tercinta.......please deh, bagi ilmu manajemen keuangannya dooonk. Kalau teori nabung dulu trus sisa duit baru dipake biaya hidup sebulan mah aku dah ngeh, tapi kok ya gagal maning.....gagal maning.....kepribeeen..... Duh, si mbok ku pasti geleng-geleng kepala kalau tau anaknya nggak pinter pegang duit nih.

18 komentar:

  1. aku sih tiap hari, pengeluaran selalu dicatat. kalo suami tanya, aku liatin. hari ini keluar duit buat apa aja. dia jadi tau kalo aku keluarin duit paling banyak buat anak anaknya, ngerti deh. soalnya dulu pernah kesel ditanya kemana duitnya, asa dipaido gitu. sebel, jadi aku catat, sampe ngasih ke pengemis aja aku catet. heheheh

    BalasHapus
  2. ada sedikit tips yg aku praktekkan dan berhasil.. tp tetap hrs disiplin

    1. mba tulisin di kertas dl, masukan dana dari mana aja dan totalnya brapa
    2. tulis di kertas laen, pengeluaran penting dan wajib, trus pengeluaran ga wajib (alias jajan dan bisa ditiadakan kalo memang ga cukup duit)
    3. itung duit yg masuk, dan duit yg keluar
    4. klo ga seimbang alias duit yg keluar lbh gede, coba digeser2 jumlah pengeluaran. mgkn listrik bisa dihemat, air bisa dihemat, dan jajan yg tiap ari bisa diganti dgn bekel.. ga usah mpe ekstrim dl.. mgkn seminggu jajan di luar yg 6 x jadiin 4 x dulu..
    5. stlh geser2, tulis di kertas baru, pengeluaran yg hrs dipatuhi.. yg wajib ada adalah : pengeluaran wajib, pengeluaran tidak wajib/jajanan, tabungan. nominalnya dibuat yg sewajarnya aja, ga perlu dipaksa nanti malah batal niat ngatur keuangan hehe
    6. stlh itu duit da gajian, masukin dulu duit ke tabungan
    7. trus sisanya, pisah2 ke amplop terpisah. amplop pengeluaran dapur, amplop biaya listrik, air, amplop biaya anak2 (sekolah, uang jajan, dll), amplop biaya tak terduga
    8. klo ada sisa, masukin duit ke amplop jajan. klo mau jajan pake yg ini
    9. tiap x ada pengeluaran, pastiin duitnya keluar dr amplop yg bener
    10. dgn adanya amplop2 ini, kita mengetahui klo dana kita utk hal2 tertentu telah terpenuhi
    11. kalau bisa, catat pengeluaran di sebuah buku harian. apapun itu, catat. dr sana kita bisa mengetahui apa2 yg kita jajan dlm wkt per minggu, per bulan. dan buku itu bisa ditunjukkan utk suami klo dia tanya2.

    selama aku melakukan sistem ini, duitku surplus banget
    bisa jajan, bisa beli barang2 mahal tanpa jebol duit ato duit abis sblm akhir bulan, bisa ikut asuransi, bisa nabung.
    tapi intinya tetap satu, disiplin :)

    smoga tips nya bermanfaat utk mba

    BalasHapus
  3. Buka Microsoft Excell.
    Catet uang masuk dan uang keluar dan setiap kali periksa selisih uang masuk dan uang keluar.

    BalasHapus
  4. intinya sih pengendalian diri kayaknya mbak .. walo dah di pos pos in teuteup jebol juga kalo kita gak bisa nahan utk beli beli yang gak perlu perlu atau yang gak di budgetin .. hehhe

    BalasHapus
  5. 2 bulan ini aku nyoba nyatetin kek gitu mbak. Tapi suami males liat catatanku. Pas akhir bulan cuma nanya habis berapa. Pas habisnya banyak baru deh bereaksi, bilangnya percuma dicatetin yg penting itu harus dikontrol beli apa aja. Lha itu dia, belinya ya buat keluarga kok, emang habisnya banyak....hiks...

    Hehe, bener mbak, manyun deh aku kalo dah rumangsa dipaido gitu.

    BalasHapus
  6. Mmm... belum bisa berbagi, Mbak :D

    BalasHapus
  7. Makasiiiiiiiiiih :D

    Dulu pernah make cara kaya gini, tapi gak disiplin hehe...padahal mmg itu ya kuncinya. Sekarang mau nyoba cara ini lagi tapi terkendala tempat penyimpanan amplopnya. Gak aman kalo simpan di rumah, gak punya tempat khusus soalnya. Jadi ntar mau diamplopin dikit-dikit aja kali ya...per minggu gitu.....

    BalasHapus
  8. ide bagus pak....selama ini make manual aja...banyak klewat nyatetnya hehe

    BalasHapus
  9. betuuulllllll........... huhuhu *nangis gulung2*
    Beli barang yang dibutuhkan bukan barang yang diinginkan...kalo semua dipengeni ya jeboool :(

    BalasHapus
  10. disiplin.. disiplin .. emang susah ... *yg masih morat marit tiap akhir bulan :D*

    BalasHapus
  11. hehe...gpp....jadi bahan PR aja mbak anaz....

    BalasHapus
  12. huehehe...yoook maak...belajar maksain disiplin :D
    kl aku berhasil kan bisa simpen duit buat belanji di tempat situ hohoho

    BalasHapus
  13. sama mbak, sering baca teori tapi prakteknya gagal hehehe...

    btw...ada tips dari direktoribelanja mau coba ah...

    BalasHapus
  14. Bener, mba... Kuncinya cuma disiplin dan mau disiplin. Moga berhasil ya :D

    BalasHapus
  15. he-eh tipsnya mau kupraktekkan juga bulan Januari ntar. Tapi amplopannya per minggu karena sikon rumah yang tidak sip untuk simpan uang.

    Moga2 sukses ya....:)

    BalasHapus
  16. Amiin...semoga semua mak2 bisa disiplin ya, biar keuangan keluarga sehat sesehat-sehatnya, dalam artian tetep bisa belanja on line tanpa ganggu cash flow huahaahha

    BalasHapus
  17. smoga berhasil mba2.. soalnya kuncinya cuman 1.. disiplin ^^
    tp klo kita uda coba.. nanti liat saldonya naek, makin semangat kok ^^

    BalasHapus