Selasa, 09 November 2010

[PRT] Curhat Lagi

Sejak jaman dahulu kala, antara Sinta dan mas Hepy memang tidak cocok. Sinta yang dari sononya serampangan, kurang rapi dan kurang teliti versus mas Hepy yang suka banget rumah bersih, super rapi dan teliti apalagi dengan barang-barang printilan (baca:kecil-kecil) di dalam rumah. Tentu saja aku ikut terkena imbasnya, suami sebel, ngomel sampai marah-marah melulu apalagi di jam-jam capek deh a.k.a pulang kantor. Sinta apalagi, jadi keder berhadapan dengan suami sampai suka ngomel-ngomel sendiri.

Minusnya lagi, Sinta anaknya kurang tahu tata krama, apalagi berhadapan dengan orang yang lebih tua. Sejak dari rumahnya memang didikannya begitu. Sekarang dengan umurnya yang sudah ABG, kelakuannya makin menjadi, terutama menurut mas Hepy. Kalau menurutku sih, anak keras begitu ya jangan dikerasi, dinasehati atau diiingatkan saja pelan-pelan. Terbayang nggak suasana rumah yang hot banget setiap harinya?  

Aku dan Sinta ternyata setipe, kalau menurut kami rumah sudah beres, sudah dibersihkan, sudah puas, eh pas suami lihat, dia marah-marah karena menurutnya rumah kok berantakan, belum bersih, belum beres. Stress gak sih? Kalau sudah begitu aku dan Sinta gerak cepat deh, tengok kanan kiri, mana ya yang katanya mas Hepy belum bersih??

Kadang hal kecil pun jadi masalah, seperti letak barang printilan tadi, harusnya ditaruh di mana, kalau sudah pakai harus ditaruh di tempatnya, seperti itu. Kadang memang aku dan Sinta nggak sengaja naruh di lain tempat (dah bawaannya gitu, serampangan dari lahir), kadang anak-anak yang memindahkan ke lain tempat. Tau dong gimana anak-anak, apalagi di umur mereka yang masih balita. Rumah mau dibersihkan seperti apa, dalam waktu sekejap bisa berantakan lagi, dan.....suamiku bisa ngomel-ngomel lagi.

Kemarin sewaktu ngajak Sinta kerja lagi, aku memang sudah males. Males merasakan suasana tegang setiap hari gara-gara kebersihan rumah. Tapi karena amat sangat butuh, kami waktu itu mikirnya bakal lumayan lama di Majene dan tentu saja aku dan anak-anak butuh teman, jadilah Sinta kami ajak lagi. Ketika SK pindah sudah keluar, suami merasa tidak usah bertahan menghadapi Sinta, jadi dia minta agar sepulang dari Malang kemarin, Sinta tidak usah diajak balik ke Jakarta!!

Kaget dong, ga setuju deh sama keinginan suami. Pertama, jelas kami masih butuh Sinta untuk jaga anak-anak apalagi kalau aku sudah ngantor nanti. Kedua, mau cari PRT baru dalam waktu singkat?? Ngayal kaliiiii. Ketiga, layaknya uang koin, Sinta juga punya kelebihan, dalam menghadapi anak-anak dia cukup sabar, baik, dan sayang mereka. Belum tentu nanti dapat PRT yang baik kan, takut banget kalau dapat yang sadis n kejam -halah- atau yang nggak sabar menghadapi anak. Duuh miris deh nih hati.

Banyak banget alasan mas Hepy agar Sinta nggak usah diajak balik lagi, dari masalah kebersihan (yang menurutku bukan masalah super penting, yang penting anak-anak tho!!), masalah sikap, masalah kleptonya yang sepertinya masih jalan (terpaksa aku tutup mata, hati-hati aja taruh uang), dan masalah Sinta yang hanya lulusan SD, yang menurut si mas nggak bisa lah dia ngajari anak dengan baik bak babysitter berpengalaman.

Huuuf, akhirnya minta tolong Mamaku lagi untuk dicarikan PRT. Reaksinya?? Mamaku udah capek selama ini sibuk mencarikan PRT, ada yang asal, mau kerja minta dibayar 1 jeti per bulan lah (gedubrak...kaya dari yayasan saja), ada yang mau kerja tapi milih-milih tugasnya nanti, dll. Pokoknya Mamaku sudah capek, akhirnya aku minta tolong ke ibu mertua yang selama ini belum pernah pusing nyarikan PRT.

Komentar adikku, jangankan mau mencari PRT yang pinter, rajin, rapi, mau cari yang nggak pinter dan serampangan aja susah banget kok. Belum lagi tidak ada kepastian dia bakal baik atau tidak terhadap anak-anak. Nilai plus Sinta di mataku, dia baik sama anak-anak, hal selain itu bisa dikompromikan, bisa disiasati. Aku harus turun tangan mengawasi dia langsung, menasehatinya lembut dan pelan-pelan untuk kebaikan semuanya. Ini janji yang kuajukan pada suami agar dia mau menerima Sinta lagi di rumah. Dengan berbekal minta bantuan kepada ibu mertua juga sih, agar beliau mau memberi saran pada si mas yang keras orangnya.

Alhamdulillah, si mas mau menerima saran dan bujukanku. Sinta kubawa balik ke Jakarta. Selama ini aku juga yang salah, mentang-mentang sudah ada PRT malah keenakan. Tidak mengawasi dan membimbingnya, kulepas begitu saja. Sekarang aku sudah balik ngantor, tugas-tugas harian Sinta selalu kupantau, kuevaluasi setiap hari. Itu pun masih kecolongan, ada saja yang masih membuat si mas ngomel-ngomel saat pulang kantor, bad mood kali ya....sabaaar....!

12 komentar:

  1. bukan orang rapi. setipe ama sinta saya. :D

    BalasHapus
  2. aku suka sama paragraf terakhir ini...
    mau nulis banyak kok yaa tulisan ku ga kliatan di komen yaaa...??

    BalasHapus
  3. mas Hepy sama kayak suami saya.. kl lagi cape/pusing kerjaan, semua bisa diomelin bahkan hal2 yang nga penting..jadi istri ya.. diem aja pas suami ngomel2.. toh nanti baikan sendiri :) sabar aja mbak, kita senasib ^^

    BalasHapus
  4. he eh.. ini format warna textnya putih jd susah yah ;)

    BalasHapus
  5. kalau gitu setipe juga dengan saya haha

    BalasHapus
  6. wah2....mau nulis banyak ya...apaan mbak...jadi penasaran hihi
    iya nih gak kliatan textnya, sik tak ganti themes deh(pdhl aku suka ijonya)

    BalasHapus
  7. yuhuuuuu ada teman senasib ternyata.....sabar subur ya mak... :)

    BalasHapus
  8. pgn ngubah biar textnya kliatan gimana caranya ya....hiks...

    BalasHapus
  9. he-eh ya gitu deh. tapi apalah artinya hidup tanpa dilema hahaaayyy

    BalasHapus
  10. sabar mbak, nyari PRT itu mmg jodoh2an..
    untuk kerapihan rumah, selama anak2 masih kecil susah.....
    klo aku yang penting bersih

    BalasHapus
  11. iya nih harus sabar....
    buat saya juga gitu mbak yg penting bersih, tapi lain saya lain juga suami hehe

    BalasHapus