Selasa, 11 Desember 2012

[PRT] Mbak N

Alhamdulillah, sudah dua bulan ini mbak N (kakak ipar mbak A) bekerja di rumahku (akhirnya). Setelah sempat sebulan lebih mbak A jadi single fighter, sendirian jagain trio krucil plus beberes rumah. Ribet lah pasti, kesian dong. Mana lagi musim hujan, rumah bocor, riweuh, belum lagi harus jemput Syifa sekolah. Jalan keluarnya sih, Syifa dijemput sama pak satpam yang letak posnya pas di sebelah rumah, aman deh.

Mencari PRT itu susah banget sekarang, curhatanku sebelumnya ada di sini. Sempat galau sih ya, cari nggak dapat-dapat, akhirnya kakak ipar mbak A mau bantuin, hanya membantu, berarti untuk sementara waktu saja. Yah, sambil komat-kamit berdoa semoga si mbak N betah dan mau lanjut bekerja untuk seterusnya. Setelah kurang lebih sebulan, ternyata si mbak N ini mempunyai permintan khusus, sebagai syarat untuk terus bekerja di rumah. Mengingat sebelumnya dia bekerja di rumah bu dokter, dapat fasilitas lebih nyaman, yaitu paviliun sendiri plus TV dan VCD player. Maka, setelah merasakan menginap di rumahku, sendirian, tidak ada tontonan, sepi, bosan deh yang dia rasakan. Ini yang kubicarakan di curhatanku sebelumnya.

Maklum, TV ya hanya satu-satunya di rumah. Tiap malam misuaku nongkrong di depan TV biasanya sampai dini hari, entah nonton film-film bajakan atau sekedar nobar bola bersama tukang-tukang yang bekerja di rumah sebelah (kadang sama aku juga sih, kalau lagi ga tepar). Jadi, syarat mbak N nih, secara tidak langsung dia minta diberikan TV juga untuk tontonannya kalau malam di kamarnya. Wah, baru kali ini setelah bertahun-tahun gonta-ganti mbak, dapat permintaan seperti itu. Aku menyanggupi awalnya, demi anak-anak dan mbak A. Oalah, kenyataannya tidak semulus yang diharapkan. Uang yang ada bulan berikutnya ternyata tidak bisa digunakan untuk membeli TV, ada hal yang lebih urgent tentunya.

Aku pasrah, yo wis lah kalau memang mbak N akhirnya ga jadi mau kerja di rumah, mungkin ya memang belum jodoh. Lagipula ternyata misua sudah minta tolong kepada salah satu tukang untuk mencarikan PRT dari daerah asalnya, dan kabarnya sudah ada yang bersedia berangkat ke Jakarta. Berat hati juga sih, secara kerja mbak N bagus dan cukup sabar menghadapi anak-anak, yang pasti dia bertanggung jawab. Sementara orang yang bakalan datang itu, belum tau seperti apa kan ya?

Jreng..jreng...hari terakhir mbak N pun tiba. Saatnya aku ngasih uang gaji yang sebulan dia kerja kemarin. Udah pasrah, say good bye nih ceritanya, pake minta maaf ke mbak N kalau-kalau aku ada salah, anak-anak bikin sebel, dll dkk, udah pasang tampang perpisahan. Heemm...loh kok, mbak N lain-lain mimik mukanya, seperti mau bicara sesuatu tapi ga jadi, yo ditahan, diempet. Tapi aku cuek aja, meski merasa sih. Dan benar adanya, siang-siang ketika aku di kantor, mbak N pun sms.

Panjang kali lebar deh smsnya (aku lupa tepatnya), intinya bahwa mbak N meskipun tidak jadi dibelikan TV, tetap mau bekerja di rumah, bantuin mbak A, jagain anak-anak juga. Katanya kasian adik iparnya itu kalau sendirian, keteteran, kerepotan, kecapaian. Alhamdulillah, lega banget dong aku, bagai menemukan mutiara yang hilang *bukanjudullagu. Langsung deh aku colek misua via gtalk, kasih kabar plus meminta agar dia membatalkan keberangkatan si mbak yang tetangga pak tukang sebelah. Ga mau ah coba-coba, buat anak kok coba-coba *bukaniklan. Lagipula Farah yang cukup keras sifatnya itu sudah luluh sama mbak N, udah deket, kasian kalau dia dan saudara-saudaranya harus adaptasi lagi dengan mbak baru yang belum jelas kan.

Meski kini, mulai mengerti gimana mbak N, kata mbak A juga ya, dia agak rewel dan banyak keluhannya :D Tapi ya biar deh, disayang-sayang saja, yang penting dia sekarang bisa betah di rumah, anak-anak terjamin juga, insyaAllah.

2 komentar:

  1. Halo mb, sallam kenal
    Ikutan baca ya mbak
    Lagi persiapan lg mau nyari 'mbak'
    Kalau lihat pengalaman kakaq juga suse
    Kdg g cocok,
    Smg tar aq dimudahkan ah cari 'mbak2' nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal jugaaa
      susah-susah gampang, kadang ya gampang-gampang susah xixixi
      iya mbak Diah, smg dimudahkan dapet PRT-nya ya.
      makasih dah mampiiiir :D

      Hapus