Jumat, 16 April 2010

Mainannya Anak-Anak

Dunia anak-anak tak lepas dari dunia bermain. Mulai dari permainan yang tidak memerlukan alat seperti lari-larian, petak umpet, dll, sampai dengan permainan yang menggunakan alat seperti masak-masakan, bongkar pasang dengan puzzle, mewarnai, dll. Sebagai orang tua tentu pengen banget bisa menyediakan fasilitas bermain yang lengkap untuk anak, apalagi aku dan suami sama-sama bekerja sehingga memungkinkan untuk itu.

Hobi (disebut hobi gara-gara aku seneng banget belanjanya hehe) hunting dan beli mainan itu dimulai sejak Syifa mulai aktif belajar ngesot (anakku semuanya gak bisa merangkak lho!) dan eksplorasi macem-macem benda di sekitarnya. Karena anak pertamaku cewek, yang pertama kali dibeli pastilah boneka. Tiap ada kesempatan ke luar Majene seperti ke Makassar atau pas mudik ke Malang dibela-belain bawa boneka jauh-jauh ke Majene, maklum deh di Majene tidak mendukung untuk soal belanja aka ngemall hehe.

Seiring dengan bertambahnya usia Syifa, makin hobi nih emaknya browsing inet buat nyari mainan edukasi, klik sana klik sini, transfer sana sini demi pengen kasi stimulasi ke Syifa dengan macem-macem mainan itu, tak lupa juga berbagai macam buku buat batita dari soft book sampai cerita balitanya Mizan yang sampai sekarang disuka banget ma Syifa. Lama-lama menumpuklah semua buku dan mainannya. Seneng juga sih, anak-anak tetangga jadi sering main ke rumah, nemeni Syifa yang bisa cuma berdua dengan mbaknya kalo aku dan suami ngantor. Serasa playgrup deh pokokna hehe.

Keterusan deh sampai sekarang, apalagi dah ada adeknya Syifa, si Farah yang jadi duet mautnya Syifa kalo main. Mainan yang makin numpuk di kamar tiap beberapa waktu sudah kusortir sih, yang dah rusak, patah sana-sini dah kubuang, daripada bikin penuh kamar kan. Tapi tetep aja kok ya semrawut amburadul numpuk di pojokan. Pengennya emaknya sih tuh mainan rapi jali tersusun gitu, jadi semua mainan bisa terpakai rata, tidak melulu main satu macem yang lainnya dicukein. Dasar anak-anak ya, habis main belum bisa ngerapiin yang sesuai maunya emaknya -maksa mode on-. Jadilah si mbak-mbaknya yang jadi tumbal untuk beberes mainan anak-anak. Tetep sih anak-anak diminta untuk membantu, tapi ya ala kadarnya lah, anak-anak gitu loh.

Kalo lagi blogwalking ke MPers yang dodolan alias jualan mainan..........huuuuuu mupeng, tapi nahan diri lah daripada makin numpuk aja tuh mainan. Pengen banget bisa main ma anak-anak, sambil mengarahkan mereka, bermain sambil belajar gitu. Biasanya kalo ada aku pas weekend, mereka maunya main masak-masakan aja. Padahal aku pengennya mereka mau main pake mainan edukasi yang ada buat stimulasi mereka gitu. tapi ya....gak bisa dipaksa tho.

*sambil manyun ngelirik kamar bermain yang kaya kapal pecah*

6 komentar:

  1. wah kalo mainannya syifarah sudah numpuk bisa bagi2 ke MPers nih...

    BalasHapus
  2. wah, kalau masalah berantakan, kayaknya, dimana-mana sama deh, di rumah juga gitu mbak... :)

    BalasHapus
  3. qeqeqe....gak numpuk banyak banget gitu juga seh, banyak yg hilang dibawa pulang teman2nya dan udah lawas.

    BalasHapus
  4. iya sih pak, tapi saya bawaannya sebel jadinya. Dalam pikiran saya, kan udah dibeliin ya hrs dijaga n dirawat, tp lha wong namanya anak-anak. Yah, mencoba mengerti dunia anak2 lah.

    BalasHapus
  5. Jangankan Mbak, lha saya yang belum punya anak aja suka gemes dan kepengin beli mainan edukasi begitu... dan akhirnya udah beli beberapa, apologinya investasi :D.

    BalasHapus
  6. waah....iya kan.....suka mupeng liat berbagai macam mainan ituh. Secara jaman kita dulu gak ada yg kaya gitu hhehe.....

    BalasHapus